Indonetwork, Peralatan Industri – Memiliki gudang dalam suatu bisnis tentunya memiliki banyak keuntungan. Gudang dapat membantu Anda untuk menyimpan barang-barang sebelum diproses atau didistribusikan. Dalam mengoperasikan gudang, ada beberapa alat bantu yang penting untuk menunjang produktivitas. Salah satunya yaitu hand pallet stacker.

Jika Anda sedang mencari informasi terkait hand pallet stacker untuk bisnis Anda, berikut informasinya!

Fungsi Hand Pallet Stacker

orange and black auto rickshaw hand pallet stacker inventory

Gudang penyimpanan umumnya memiliki tempat yang luas dan tinggi. Selain itu, untuk memanfaatkan ruangan yang ada dengan maksimal, maka biasanya barang akan disusun ke atas rak penyimpanan. Untuk memudahkan pemindahan barang ini dibutuhkan alat yang bisa membawa, memindahkan, dan mengangkat benda-benda di dalam gudang. Salah satu alatnya yaitu hand pallet stacker

Fungsi utama dari hand pallet stacker ini yaitu untuk membantu dan membuat proses pemindahan barang di dalam gudang menjadi mudah, praktis, dan efisien. Selain memindahkan barang berat di dalam gudang, alat ini juga memiliki ukuran yang cukup kompak, sehingga bisa digunakan pula untuk memindahkan barang ke mobil pengangkut.

Jenis Hand Pallet Stacker

Alat hand pallet stacker ini memiliki semacam tangan di bagian depannya yang berguna untuk mengangkat dan memindahkan barang-barang berat. Alat ini juga dapat diatur ketinggiannya untuk membantu memindahkan barang ke tempat yang tinggi.

Beberapa jenis hand pallet stacker yang sering ditemui, yaitu:

  • Hand Stacker Manual

Alat ini dapat dioperasikan dengan menggunakan tangan atau kaki yang dipompa secara manual. Jenis hand stacker manual ini dapat mengangkut benda hingga 2 ton, ukuran tangan pun dapat disesuaikan dengan lebar barang tersebut.

  • Hand Stacker Semi Electric

Alat ini mirip seperti hand stacker manual, tetapi ada tambahan baterai untuk menaik turunkan bagian tangan atau garpu. Alat ini bisa digunakan untuk mempercepat waktu pemindahan barang karena bantuan dari baterai.

  • Hand Stacker Elektrik

yellow and black fork lift hand pallet stacker electric

Alat ini menggunakan sistem listrik untuk keseluruhan operasionalnya. Sehingga bisa memudahkan penggunaan alat secara otomatis, efisien, dan terkontrol. Hand stacker ini dapat mengangkat barang hingga 1,5 ton dan tinggi 5 meter. Keunggulan lain yang dimiliki alat ini adalah, saat bekerja, alat ini tidak menimbulkan suara bising. Hand stacker elektrik juga bisa bekerja lebih cepat dan efektif serta dapat digunakan dimana saja. Alat ini banyak digunakan di industri seperti pabrik, gudang, pertokoan, dan tempat lainnya. 

Anda dapat menyesuaikan jenis hand stacker yang ingin Anda gunakan dengan kapasitas gudang, berat barang, jenis barang, dan sebagainya.

BACA JUGA: JENIS, SPESIFIKASI, DAN KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CONVEYOR CHAIN

Tips Memilih Hand Pallet Stacker yang Tepat

Ketika Anda ingin menyewa atau membeli hand stacker untuk usaha Anda, jangan sampai salah memilih alat karena dapat merugikan Anda secara finansial maupun menghambat waktu pekerjaan.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat akan memilih alat hand pallet stacker untuk usaha Anda:

  • Tentukan Berat Kapasitas Barang yang Akan Diangkut

Mengetahui berat kapasitas barang yang akan sering diangkut di dalam gudang bisnis Anda perlu diketahui dengan pasti agar hand stacker dapat digunakan untuk mengangkat barang dengan aman. Biasanya, berat barang yang dapat diangkut oleh hand stacker yaitu seberat 1 – 5 ton. Semakin tinggi barang tersebut diletakkan, berat barang tersebut seharusnya semakin kecil agar proses pemindahan dapat dilakukan secara aman. Maka, Anda perlu memiliki hand stacker yang sesuai 

  • Mengetahui Tempat Ketinggian Barang

Selain mengetahui berat barang yang akan diangkat,  penting juga untuk mengetahui tinggi tempat rak penyimpanan yang Anda gunakan. Pastikan juga untuk memberi jarak aman dari tinggi langit-langit gudang tersebut agar memudahkan proses pemindahan.

Untuk mengangkut barang ke dalam kendaraan, penting juga untuk mengetahui ketinggian pintu dan jarak ke atap kendaraan. Ingat, semakin tinggi letak barang tersebut, bobot dari barang tersebut seharusnya semakin kecil.

  • Mengetahui Dengan Pasti Tentang Usaha Anda

Anda perlu mengetahui dengan pasti tentang usaha Anda. Apa barang yang akan digunakan? Apakah bahan pangan mentah, gulungan kertas besar, memindahkan mesin, atau pangan kemasan siap saji? Tentunya barang yang berbeda membutuhkan metode pengangkutan yang berbeda pula.

Selain itu, tempat Anda memindahkan barang juga sangat mempengaruhi. Apakah Anda ingin melakukan pemindahan di gudang dengan lantai aspal? Apakah di lapangan dengan alas rumput, kerikil, tanah, atau sebagainya? Hal ini dapat mempengaruhi kualitas barang yang dipindahkan.

  • Memilih Jenis Hand Stacker yang Sesuai

Free Red and Blue Metal Shelf Stock Photo hand stacker inventory

Seperti yang sudah disebutkan, ada 3 jenis hand stacker yang umumnya ada di pasaran. Anda dapat memilih dari ketiga jenis tersebut berdasarkan besar kecilnya usaha Anda dan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas tadi.

Selain memilih hand stacker berdasarkan cara kerjanya, roda hand stacker pun memiliki jenis yang berbeda. Terdapat pilihan roda PU/Polyurethane (Merah) dan Nylon (Putih). Roda PU cocok digunakan untuk pengerjaan dalam ruangan agar tidak merusak lantai. Sedangkan roda Nylon cocok digunakan untuk pengerjaan luar ruangan seperti pada aspal, rumput, dan sebagainya.

  • Mengetahui Cara Merawat Alat

Perawatan alat hand pallet stacker biasanya meliputi penggantian oli & filter, pemeriksaan cairan, pelumasan, dan pemeliharaan berbagai lainnya tergantung pada jenis unit. Pemeliharan ini biasanya rutin dilakukan setiap 30 hari sekali.

BACA JUGA: JENIS-JENIS HAND STACKER DAN FUNGSINYA

Rekomendasi Tempat Sewa Hand Pallet Stacker

Dengan fungsinya yang cukup penting untuk kelancaran operasional gudang, maka Anda perlu menimbang untuk memiliki alat ini untuk bisnis Anda. Sarana Teknik Indonesia merupakan perusahaan yang menjadi distributor yang menyediakan alat-alat  transmisi tenaga mekanik & produk motor listrik. 

Berbagai macam kebutuhan alat industri bisa Anda temukan di sini, termasuk alat Hand Pallet Stacker merk OPK dan Bishamon. Segera kunjungi laman Sarana Teknik untuk mendapatkan kebutuhan Anda!


%d bloggers like this: