Indonetwork, Peralatan Rumah TanggaMerenovasi rumah amat diperlukan jika Anda ingin menambahkan ruangan atau juga ingin memperbaiki sesuatu yang rusak di dalam rumah. Tidak hanya itu, merenovasi rumah juga penting sekali dilakukan untuk sebuah kenyamanan dan keamanan bagi rumah atau tempat tinggal yang ditempati. Ingin renovasi rumah atau satu ruangan di rumah? Simak tips renovasi rumah dari Indonetwork berikut ini!

Merawat dan merenovasi rumah wajib dilakukan karena rumah memiliki umur pemakaian yang panjang. Biasanya, renovasi rumah membutuhkan biaya yang terbilang besar, sehingga menjadi hal yang cukup memberatkan anggaran. 

Nah, inilah beberapa cara renovasi rumah dengan biaya yang murah meriah dan juga membuat rumah menjadi semakin nyaman.

Tidak Semua Harus Direnovasi

renovasi rumah

Jika mengikuti saran dari tukang atau vendor rumah secara mentah-mentah, Anda bisa saja menghabiskan biaya yang sangat banyak dan itu belum mencakup keseluruhan area rumah.

Maka dari itu, Anda perlu sekali membuat sebuah skala prioritas. Ada baiknya, Anda juga menanamkan di pikiran kalau tidak harus semua bagian rumah harus direnovasi dalam satu waktu. Anda bisa mencicil untuk renovasi sedikit demi sedikit.

Contoh, awalnya Anda berencana untuk merenovasi kamar tidur. Maka, lakukanlah sesuai tujuan rencana awal. Biasanya, akan muncul godaan seperti ingin menambah meja kecil, gantungan tambahan, dan tentu saja perintilan-perintilan kamar lain yang terlihat menarik. Maka dari itu, lebih baik untuk hanya berfokus pada rencana awal saja. 

Hitung Dengan Cermat Untuk Jasa Tukang

Menggunakan jasa tukang memang akan sangat membantu sekali dalam renovasi rumah. Agar lebih murah, Anda harus memperhatikan jumlah tukang yang Anda butuhkan untuk melakukan renovasi rumah.

Jika Anda memiliki rumah 2 lantai, Anda membutuhkan sekitar 3 atau sampai 4 orang. Kalau rumah yang direnovasi hanya sebuah bangunan 1 lantai, tentu tukang yang dibutuhkan akan lebih sedikit jumlahnya, sehingga biaya renovasi pun akan lebih murah.

BACA JUGA: 6 Tips Mudah Bangun Rumah Dari Nol Dan Hemat Biaya 

Hindari Sistem Upah Borong Dengan Memilih Upah Harian

Harus Anda ketahui kalau ada dua jenis sistem upah yang berlaku yaitu upah harian dan upah borongan.

Untuk upah harian, para pekerja akan dibayar berdasarkan waktunya, yang dihitung berdasarkan satuan hari. Contoh: Pekerja akan dibayar Rp150.000 setiap harinya. Maka dari itu, upah yang didapatkan dihitung berdasarkan jumlah hari ia bekerja. Jadi: Rp150.000 x 30 hari = Rp4.500.000. Upah harian ini bisa dibayarkan per minggu/per bulan, tetapi harus sesuai kesepakatan Anda dengan mandor.

Jika menggunakan sistem upah borong, Anda perlu membayar dengar dengan jumlah biaya upah yang sudah disepakati bersama di awal pengerjaan. Misalnya, Anda ingin merenovasi rooftop, jasa pemborong tersebut akan langsung menawarkan Rp1.000.000 per m2. Kesepakatan akan mencakup berapa lamanya proses proyek berlangsung, dan kamu akan sulit memprediksinya.

Hitung Biaya Material yang Dibutuhkan

renovasi rumah

Ini merupakan salah satu langkah terpenting, Anda harus membuat perencanaan untuk pembelian material bangunan yang akan digunakan nanti. Ketelitian dan kecermatan juga penting sekali dibutuhkan. Perlu diingat bahwa biaya material merupakan aspek yang paling mahal dibandingkan biaya lainnya saat merenovasi rumah.

Jangan Mengganti Semua Barang

Hal selanjutnya yang wajib untuk diketahui, merenovasi rumah bukan berarti Anda harus mengganti semua hal menjadi baru. Pilihlah barang-barang yang menurut Anda masih layak untuk digunakan, seperti meja, kursi, atau barang lainnya yang masih bisa untuk disimpan.

Jika memang ingin mengganti barang, ada baiknya agar barang yang lama Anda jual kembali atau diberikan kepada orang lain, agar rumah Anda tidak semakin sempit dengan barang-barang yang ada.

Bawalah Elemen Alam Ke Dalam Rumah

Menghabiskan banyak waktu di dalam rumah dapat menciptakan suasana stres dan penat. Salah satu cara mengatasinya adalah memasukan elemen alam ke dalam rumah. Tujuannya adalah untuk menghubungkan ruang dalam rumah dengan elemen alam luar. Salah satu cara paling sederhana adalah dengan memasukan tanaman hias ke dalam rumah. 

Tambahkan Aksen Pencahayaan

Pencahayaan di dalam rumah perlu Anda atur dengan baik. Dengan memiliki pencahayaan alami yang baik di siang hari dapat membuat tagihan listrik Anda tidak berat. 

Pencahayaan dengan menggunakan lampu memang penting pada beberapa titik, seperti menempatkan lampu hias di meja dapur, dan lampu gantung di ruang keluarga untuk pencahayaan dan estetika.

Cara lainnya adalah dengan menempatkan lampu di lantai dan meja, karena hal ini akan membuat ruangan atau rumah menjadi lebih terasa teduh.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Rekomendasi Layanan Jasa Pindahan

Free A Man in Black Long Sleeve Shirt Holding White Paper on Concrete Wall Stock Photo

Itulah informasi seputar tips renovasi rumah. Jika Anda sedang melakukan renovasi rumah dan membutuhkan jasa layanan pindahan rumah, CV. Citra Mandiri Moving adalah jawabannya. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan layanan di kota Surabaya yang berdiri sejak tahun 2004, yang fokus melayani dalam bidang Jasa Pindahan (Moving Service), Jasa Pengepakan (Packing Service), Jasa Pengiriman Barang, Ekspedisi, dan Kargo. 

Selain memiliki armada pengantaran barang antar kota, antar pulau, bahkan antar propinsi, Citra Mandiri juga menggaransikan keamanan barang yang diterima sampai dengan selamat di tempat tujuan. Pastinya Citra Mandiri Moving selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang paling terbaik.

Penulis: Najmia Chaerunnisa

Editor: Nafila Chaerunnisa


%d bloggers like this: