Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Sedang memertimbangkan untuk membuat ruangan rumah menjadi lebih nyaman? Menambahkan karpet bulu bisa jadi pilihan terbaik.

Karpet kini menjadi salah satu perlengkapan rumah yang tak boleh ketinggalan. Selain manfaat fungsionalnya sebagai alas lantai, karpet juga bisa menjadi elemen dekoratif untuk ruangan. Berbagai macam motif karpet, mulai dari motif abstrak, flora dan fauna, hingga motif karpet custom bisa menambah nilai estetika interior ruangan.

Di pasaran, kita bisa menemukan macam-macam karpet berdasarkan bahannya, seperti karpet nylon, karpet vinyl, karpet polypropylene, karpet bulu, karpet busa, hingga karpet sutra. Di antara berbagai jenis karpet tersebut, karpet bulu masih menjadi primadona yang sangat laku.

alasan karpet bulu banyak dipilih

Karpet bulu merupakan alas lantai yang terbuat dari serat bulu atau rambut untuk membuat permukaan lantai menjadi tidak licin. Alasan mengapa orang-orang memilih karpet bulu adalah karena teksturnya yang lembut dan tebal, sehingga nyaman diinjak maupun dijadikan sebagai alas untuk tiduran.

Material bulu juga disukai karena mampu memberi kehangatan sekaligus nuansa mewah pada ruangan. Selain itu, harga karpet bulu lantai pun cenderung terjangkau mulai dari Rp150.000 untuk ukuran 200 x 160 cm. Namun, harga karpet bulu juga bergantung dari jenis bahan bulunya pula.

Baca Juga: Rahasia Karpet Bulu Lembut Kembali

Tips Memilih Jenis Karpet Bulu untuk Tiap Ruangan

Karena ada banyak jenis karpet bulu lantai, mengetahui tips memilihnya yang tepat akan sangat membantu. Apalagi jika Anda baru pertama kali membeli karpet bulu. Berikut ulasan selengkapnya.

Kenali Bahan Karpet Bulu

tips memilih karpet bulu
Sumber: Google

Material pembuat karpet bulu ada bermacam-macam. Beberapa yang populer dipilih yaitu rasfur, wol, dan polipropilena. Apa perbedaannya?

Karpet Rasfur

Rasfur sering digunakan sebagai material pembuatan boneka. Karena itu, tekstur bulunya yang panjang lembut dan nyaman di kulit. Selain itu harganya pun terbilang terjangkau. Karpet rasfur cocok diletakan di kamar tidur atau ruang keluarga.

Karpet Wol

Sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas wol yang premium. Karpet bulu wol memiliki dimensi yang lebih tebal dan hangat, sehingga cocok diletakan di ruang ber-AC. Karena wol termasuk bahan premium, maka Anda perlu merogoh kocek lebih dalam jika ingin membeli karpet ini.

Karpet Polipropilena

Berbeda dari kedua bahan tadi, tekstur karpet ini lebih kaku dengan ukuran bulu yang cenderung pendek. Meski begitu, desain dan tampilannya mampu menambah sentuhan elegan pada ruangan. Karpet polipropilena juga tidak mudah berbau, jadi cocok digelar di ruang tamu atau ruang kerja.

Pertimbangkan Ketebalan dan Ukuran Karpet Bulu

tips memilih jenis karpet bulu
Sumber: freepik.com/mrsiraphol

Poin ini juga penting saat mempertimbangkan pemilihan jenis karpet bulu lantai. Tidak ada patokan ukuran karpet bulu yang ideal karena setiap rumah memiliki luas yang berbeda. Namun, ada cara mudah menentukan ukuran karpet bulu untuk ruangan Anda yaitu dengan menggunakan patokan keramik pada lantai. 

Sedangkan untuk cara meletakan karpet bulu di masing-masing ruangan rumah, yaitu:

  • Ruang tamu: letakkan di bawah meja tamu untuk mempercantik tampilan ruangan.
  • Ruang keluarga: letakkan di tengah ruangan atau di sisi depan sofa dengan memberi sedikit space.
  • Kamar tidur: letakkan di sisi samping kiri atau kanan ranjang.
  • Ruang makan: bisa letakkan di bawah meja makan.

Sesuaikan Motif dengan Interior Ruangan

karpet turki motif
Sumber: joomcdn.net

Ada berbagai macam motif karpet bulu yang bisa Anda pilih. Bahkan Anda juga bisa memesan karpet custom sesuai keinginan Anda jika penjual menyediakan pilihan custom. Berikut beberapa karakteristik corak karpet yang bisa disesuaikan dengan ruangan Anda.

Karpet Bulu Polos

Memberi kesan clean, homey, dan tenang pada ruangan. Karpet bulu polos pun jadi salah satu motif favorit pilihan keluarga. Anda bisa meletakkannya di kamar tidur atau ruang keluarga.

Karpet Bulu Karakter

Karpet bulu dengan karakter-karakter lucu juga populer untuk dipasang di kamar anak. Ini bisa memberi nuansa yang lebih fun dan cocok dengan karakter anak yang aktif.

Ada berbagai karpet bulu karakter, mulai dari tokoh Disney dan Marvel, Tom and Jerry, Doraemon, Spongebob, Hello Kitty. Anda juga bisa custom karakter kesukaan si kecil.

Karpet Bulu Motif Tertentu

Di antara karpet motif atau pattern tertentu, motif bunga-bunga adalah yang paling sering dijumpai di rumah model klasik. Bunga dicirikan sebagai lambang keindahan dan kesederhanaan. Selain itu, ada pula karpet Turki yang juga banyak diminati, karena bisa membuat suasana ruangan jadi lebih modern.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Karpet Bulu Tanpa Vacum Cleaner

Demikian tips memilih jenis karpet bulu untuk menambah estetika dan kenyamanan ruangan Anda. Jika Anda sedang mencari supplier atau produsen karpet bulu yang berkualitas, Anda bisa belanja di Indonetwork. Sebagai pioner marketplace B2B di Indonesia, Indonetwork menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, fashion, layanan konsultasi, hingga mesin alat berat.

Tentunya Anda bisa menemukan berbagai macam karpet bulu dengan harga ramah kantong dan kualitas unggul di Indonetwork. Yuk, belanja sekarang dan buat penawaran terbaik dengan seller.

Enable Notifications OK No thanks