Indonetwork, ElektronikTips memilih laptop untuk bisnis online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketika Anda ingin membeli sebuah laptop baru. Akan tetapi, Anda perlu memberikan perhatian lebih dalam beberapa aspek. Seperti kinerja laptop, ruang penyimpanan, hingga fitur keamanan.

Mengingat laptop bisnis adalah salah satu media yang menyimpan file maupun dokumen-dokumen penting milik Anda, sehingga fitur keamanan harus benar-benar bisa melindungi laptop Anda.

Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online

tips memilih laptop untuk bisnis online
Sumber: Pinterest

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop untuk bisnis online, cobalah untuk membaca beberapa referensi yang membahas mengenai tips dan trik memilih laptop untuk bisnis online.

Dalam artikel ini, Anda juga bisa mendapatkan tips memilih laptop untuk bisnis online. Oleh karena itu, simak uraian di bawah ini hingga tuntas untuk mendapatkan petunjuk.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Beban Kerja Anda

Setiap pemilik bisnis memiliki kebutuhan dan beban kerja yang berbeda-beda. Tentunya, hal ini akan membedakan fitur dan persyaratan spesifikasi yang dibutuhkan.

Sebelum Anda menerka-nerka ingin membeli laptop merek apa, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat pekerjaan-pekerjaan yang biasa Anda selesaikan pada perangkat laptop.

Apa yang Anda butuhkan biasanya bergantung pada beban kerja yang akan Anda tangani. Apabila tugas-tugas yang Anda tangani seperti email, Microsoft Word, Spreadsheet, presentasi, atau browser, maka perangkat yang Anda butuhkan adalah laptop bertenaga menengah.

Akan tetapi, jika pekerjaan Anda berkaitan dengan tugas komputasi yang lebih berat seperti pengeditan video, rendering gambar, pengkodean, hingga produksi musik, Anda membutuhkan laptop dengan daya dan sistem yang cukup.

2. Jangan Tergiur dengan Harga yang Sangat Rendah

Dalam memilih laptop yang akan digunakan untuk bekerja, tentunya Anda tidak ingin salah dalam membeli laptop. Terlebih hal ini melibatkan uang yang tidak sedikit. Bahkan bagi beberapa orang, uang untuk membeli laptop dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, jangan langsung tergiur dengan laptop yang menawarkan harga sangat rendah. Terlebih jika harga yang ditawarkan tidak masuk akal.

Hal ini hanya akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan di masa mendatang ketika laptop mengalami kerusakan.

Jangan ragu untuk membeli laptop yang menawarkan kualitas baik, tetapi dibanderol dengan harga tinggi. Umumnya, laptop seperti itu cenderung bertahan baik, lama, dan sedikit mengalami masalah. Seperti halnya merek Apple.

Baca Juga: Laptop untuk Kerja Kantoran, Harga Mulai Rp 5 Jutaan

3. Jangan Berpatok Pada Banyak Spesifikasi

Dalam memilih laptop untuk bisnis online, memang harus memperhatikan spesifikasi yang ditawarkan. Akan tetapi, Anda tidak akan menemukan laptop dengan spesifikasi yang sempurna 100% pada setiap komponennya. Mengingat setiap laptop pasti memiliki kekurangan yang berbeda-beda.

Anda bisa memperhatikan CPU, resolusi layar, dan penyimpanan hard drive yang ditawarkan, karena hal tersebut merupakan hal dasar yang bisa mempengaruhi kinerja laptop. Apabila Anda bekerja dengan grafik beresolusi tinggi, mungkin Anda membutuhkan resolusi layar yang tinggi agar bisa mendukung pekerjaan Anda.

4. Pastikan RAM Memadai

RAM mempengaruhi kinerja setiap perangkat berdasarkan seberapa banyak memori dan penyimpanan yang dapat ditampungnya.

Selain itu, RAM adalah salah satu spesifikasi utama yang harus diperhatikan. Setidaknya, Anda memilih laptop dengan RAM minimal sebesar 16 GB agar bisa memberikan lebih banyak kinerja ketika menjalankan banyak aplikasi.

5. Minta Bantuan professional

Jika Anda terlalu bingung dalam pemilihan laptop untuk bisnis online, Anda bisa meminta bantuan professional yang bisa merekomendasikan dan memberikan Anda wawasan mengenai laptop yang baik tanpa berpihak pada salah satu merek pun. Dengan begitu, Anda yakin bahwa produk yang Anda pilih benar-benar tepat.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Yoga Series Slim 7i Carbon

Karakteristik Laptop untuk Bisnis Online

tips memilih laptop untuk bisnis online
Sumber: Pinterest

Sepintas, setiap laptop dengan merek apapun memiliki karakteristik yang sama. Terdapat layar, keyboard, dan beberapa port yang bisa digunakan. Akan tetapi, jika diamati lebih detail, ada beberapa karakteristik yang membedakan pada setiap jenis laptop.

1. Kualitas Fisik Bagus

Biasanya, laptop bisnis banyak dibawa kemanapun penggunanya pergi. Mengingat mereka bisa saja melakukan presentasi di luar kantor dan berbagai hal lainnya.

Oleh karena itu, laptop bisnis banyak dibuat dari bahan yang kokoh. Bahkan ada yang dilengkapi dengan casing plastik kuat, serat karbon, magnesium, hingga alumunium agar tidak penyok ketika terbentur sesuatu.

2. Desain Formal

Kebanyakan laptop bisnis memiliki tampilan formal, karena produsen lebih memprioritaskan fungsionalitas daripada tampilan. Beberapa bahkan memiliki desain yang konservatif, tanpa logo, atau karakter khas.

3. Menggunakan Keyboard Khusus

Selain itu, laptop bisnis memiliki keyboard khusus, terutama laptop yang diperuntukkan bagi pekerjaan juru ketik.
Beberapa laptop bisnis memiliki keyboard yang berdiri sendiri. Akan tetapi tidak sedikit juga keyboard yang didesain dengan ukuran kecil dan tombol-tombol yang cenderung menyatu.

4. Layar Tidak Mengkilap

Laptop bisnis seringkali menggunakan panel matte bahkan menggunakan lapisan anti-glare agar tidak memantulkan cahaya. Hal ini dikarenakan tampilan layar lebih dioptimalkan untuk bekerja daripada menonton film.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Kabel HDMI

Bagi Anda yang sedang membutuhkan laptop untuk bisnis, Anda bisa mendapatkannya di CV. Raka Kencana. CV. Raka Kencana adalah perusahaan yang bergerak di bidang komputer. Mereka mengembangkan usaha pengadaan berbagai jenis produk merek gadget, laptop, komputer, televisi, hingga aksesorisnya.

Untuk mendapatkan produk-produk dari CV. Raka Kencana, Anda bisa langsung mengunjungi kontak melalui website yang tersedia. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website CV. Raka Kencana dan dapatkan penawarannya hari ini!

Temukan juga berbagai kebutuhan bisnis toko online Anda hanya di Indonetwork. Sebagai B2B e-commerce, kami memiliki beragam macam produk dari para penjual terpercaya.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks