Indonetwork, Tips & TrikTips merawat pipa besi agar tidak mudah berkarat cukup mudah dilakukan. Pipa besi yang sudah berkarat tentunya dapat memperpendek umur pemakaian.

Sebagai salah satu bahan bangunan yang sering dijumpai, pipa terbuat dari berbagai macam bahan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya saja bahan besi, tembaga, kuningan, plastic, pvc, aluminium, stainless. Pipa yang paling banyak dipakai hingga saat ini adalah jenis pipa besi karena pipa besi jauh lebih kokoh dibanding pipa yang terbuat dari bahan lainnya.

Namun, pipa besi memiliki kekurangan, seperti mudah berkarat. Jika pipa sudah berkarat tentu saja Anda perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya. Hal ini bisa membuat Anda rugi. Maka dari itu, berikut ini kami akan membahas tips merawat pipa besi agar tidak mudah berkarat pastikan Anda membacanya hingga selesai. 

Tips Merawat Pipa Besi Tidak Mudah Berkarat

pipa besi berkarat
Sumber: Freepik

Cara merawat pipa besi sendiri terbilang cukup sulit. Namun jika Anda melakukannya dengan teliti dan benar, maka Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan pula. Berikut ini beberapa tips merawat pipa besi dengan mudah..

1. Melapisi Pipa Besi

Tips pertama adalah dengan cara melapisi pipa besi menggunakan bahan logam atau non-logam. Hal ini dikarenakan besi yang telah dilapisi akan cenderung lebih tidak mudah berkarat dibandingkan besi yang tidak dilapisi atau terpapar langsung dengan udara dan air. 

Anda bisa menggunakan bahan seperti emas, nikel, platina, tembaga, dan timah untuk melapisi besi. Proses ini bertujuan untuk menghambat proses pengkaratan pada besi.

2. Memperhatikan Suhu Penyimpanan

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan suhu penyimpanan. Besi yang diletakkan di luar ruangan dan langsung terpapar sinar matahari dapat mempercepat terjadinya karat pada besi. 

Maka dari itu, hal ini cukup penting untuk diperhatikan. Ada baiknya jika Anda menyimpan besi pada suhu ruangan yang bisa diatur, seperti ruangan yang memiliki AC karena idealnya besi disimpan pada suhu rendah.

Baca Juga: Daftar Alat Instrumentasi Industri yang Perlu Anda Ketahui

3. Pilih Kualitas Pipa

Janganlah Anda tergiur dengan harga yang murah karena seperti kata pepatah, “ada harga ada kualitas”. Maka dari itu, memilih pipa dengan label SNI dengan memperhatikan harga di pasaran juga perlu Anda lakukan.

4. Hindari Larutan Asam

Larutan asam seperti pembersih lantai merupakan salah satu penyebab terjadinya pipa mudah berkarat. Oleh karena itu, pastikan Anda menjauhkan larutan asam pada pipa besi. 

5. Hindari Menggunakan Air Semen

Perlu Anda ketahui air semen adalah musuh bagi pipa besi. Walau pipa besi sudah diberi pelapis anti karat, namun ketika air semen mengenai pipa besi maka lapisan anti karat akan rusak. Jika sudah rusak maka hanya tinggal menunggu pipa keropos. Kejadian seperti ini banyak tidak disadari orang sebagai orang. 

6. Mencampur dengan Unsur Lain

Hal yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mencampur pipa besi dengan unsur lain. Hal ini bertujuan untuk memperlambatan proses korosi. Stainless steel adalah salah satu contoh besi campuran yang paling mudah ditemukan. Pada dasarnya, stainless steel dibuat dari bahan campuran 12 persen kromium serta karbon dalam jumlah sedikit. 

7. Melakukan Elektroplating

Electroplating untuk pipa besi
Sumber: Youtube

Elektroplating diyakini bisa melindungi besi dari korosi. Elektroplating adalah proses pengerjaan melapisi besi dengan logam lain, juga dengan metode elektrolisis. 

Metode ini biasa diaplikasikan pada kaleng makanan. Besi pada kaleng makanan tersebut dilapisi dengan timah sehingga memiliki umur simpan dan penggunaan yang panjang.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Perbedaan Pipa Seamless dan Welded

Rekomendasi Jual Pipa Berkualitas

PIPA_BESI

Demikian informasi mengenai tips agar pipa besi tidak mudah berkarat. Semoga dapat membantu Anda. Kika Anda sedang mencari jenis-jenis pipa berkualitas termasuk pipa besi, Anda bisa mendapatkannya di CV. Tunggal Perkasa.

Tunggal Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang supplier dan stockist keperluan industri, produk yang ditawarkan diantaranya: berbagai jenis produk pipa, fitting las, aneka valve industri, aneka besi baja, plat. Dengan harga bersahabat dengan kualitas terjamin. 

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks