Indonetwork, PanduanMungkin ada kalanya Anda akan menjalani proses pindah rumah. Entah itu karena pekerjaan, keluarga, atau renovasi rumah. Tentunya, proses ini butuh persiapan yang matang agar tidak ada yang tertinggal atau dilupakan. Maka dari itu, proses pindah rumah dapat memakan waktu yang cukup lama.

Terlebih lagi jika Anda akan pindah ke luar kota. Tentunya, Anda membutuhkan kendaraan yang dapat membawa barang-barang Anda secara efisien. Tidak hanya memindahkan barang saja, pindahan rumah berarti Anda juga perlu mengurus beberapa dokumen-dokumen penting.

Agar Anda bisa menyiapkan proses pindahan rumah dengan matang, berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

Siapkan Dokumen Penting

Saat akan pindah rumah atau domisili, tentunya Anda juga perlu mendaftarkan identitas diri Anda di lingkungan baru tersebut. Maka, ada baiknya untuk selalu membawa dan menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti KTP, KK, dan surat-surat lainnya yang berhubungan dengan rumah tersebut (surat pajak, surat asuransi rumah, dan sebagainya), baik secara hardcopy maupun softcopy.

Ada baiknya untuk mempersiapkan semua hal ini sebelum Anda menempati rumah baru tersebut. Jadi, saat rumah sudah selesai dibangun atau direnovasi, Anda bisa langsung menempati rumah tersebut.

BACA JUGA: 10 JENIS LANTAI YANG COCOK UNTUK RUMAH

Siapkan Hari Libur dan Dari Jauh Hari

Proses ini pastinya akan memakan waktu yang panjang. Ada baiknya untuk menyiapkan segala hal pada hari libur dan dicicil dari jauh-jauh hari. Anda dapat mengambil waktu cuti dari kantor untuk mendapatkan hari tambahan untuk beres-beres dan membersihkan rumah.

Anda juga dapat membuat rencana untuk membereskan barang-barang yang akan dibawa. Misalnya, minggu ini Anda ingin membereskan baju-baju terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam kardus. Minggu depan, Anda akan membersihkan area dapur, misalnya piring-piring, sendok, dan semacamnya.

Maka dari itu, dalam menyiapkan pindahan rumah perlu waktu yang lama. Anda dapat mencicilnya. Buatlah daftar ruangan di rumah Anda. Barang apa saja yang harus dibungkus, serta alat-alat serta kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk mengepak barang. Dengan begini, Anda tidak akan terasa diburu waktu dan tidak akan ada barang penting yang tertinggal.

Singkirkan Barang yang Tidak Digunakan

brown cardboard boxes on brown wooden table

Beres-beres saat akan pindahan rumah juga dapat menjadi kesempatan untuk Anda menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan. Hal ini populer dengan istilah decluttering. Hal ini akan membuat rumah baru Anda lebih lega karena hanya diisi dengan barang-barang penting yang memang akan Anda gunakan.

Buat Daftar Barang

Berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda dapat membuat daftar barang-barang yang perlu Anda bawa ke tempat baru. Jika ada barang yang memang sudah tidak digunakan, Anda dapat memberikan barang tersebut ke tetangga.

Kelompokkan juga barang-barang yang akan segera diperlukan di rumah baru dan mana yang tidak. Perlu diingat juga untuk tidak memasukkan barang berharga atau surat penting di sembarang tempat. Selalu simpan barang berharga secara terpisah.

Daftar prioritas barang juga akan memudahkan Anda untuk pindah dan mendata barang apa saja yang bisa jadi tertinggal dirumah lama.

BACA JUGA: 5 JENIS BAHAN ALAT MAKAN YANG AMAN DIGUNAKAN

Menggunakan Jasa Pindahan Rumah

Jika Anda sedang mencari jasa pindahan rumah, Anda dapat menggunakan jasa dari CV. Citra Mandiri. Perusahaan ini dapat membantu Anda dalam proses pindahan rumah atau kantor di daerah Surabaya dan seluruh Indonesia.

Citra Mandiri akan membantu Anda mulai dari penyortiran, pembongkaran, pengepakan, penamaan atau penomoran karton box, pemuatan, pengiriman (trucking), pengeluaran dari truk, membuka kemasan, memasang dan menyusun atau menata barang sesuai dengan tempat yang Anda inginkan di tempat baru. 

Sehingga, Anda bisa menyiapkan segala halnya dengan matang dengan bantuan profesional. Segera hubungi CV. Citra Mandiri dan melakukan konsultasi terkait pindahan rumah Anda.


%d bloggers like this: