Indonetwork, Peralatan IndustriUkuran plastik mulsa pertanian tersedia dalam berbagai varian. Mulai dari panjang, lebar, ketebalan, hingga panjang per rol.

Varian-varian ukuran yang disediakan oleh berbagai toko pertanian pun berbeda-beda. Selain itu, mereka juga menyediakan plastik mulsa dalam berbagai warna yang berbeda.

Penggunaan plastik mulsa pada umumnya tergantung beberapa faktor. Seperti luas lahan yang akan menjadi area tanam, tanaman yang akan dikembangbiakkan, dan berbagai hal lainnya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan plastik mulsa pada lahan pertanian Anda, akan tetapi bingung dalam menentukan ukuran plastik mulsa yang akan digunakan, simak ulasan berikut.

Ukuran Plastik Mulsa Pertanian

plastik mulsa pertanian

Sebelum Anda mengembangbiakkan tanaman, setidaknya sedikit banyak Anda perlu mengetahui tentang tanaman tersebut. Seperti bagaimana cara pemeliharaannya, seberapa besar tanaman tersebut akan tumbuh, seberapa tinggi tanaman tersebut akan berkembang, proses pemeliharaan seperti apa yang harus dilakukan agar tanaman dapat memberikan hasil panen yang bagus, dan lain sebagainya.

Terdapat berbagai macam ukuran hingga berat mulsa pertanian yang ditawarkan oleh setiap toko pertanian. Pemilihan ukuran ini pun bisa Anda sesuaikan dengan tanaman yang akan dikembangbiakkan atau lahan bedengan yang akan menjadi area tanam Anda.

Baca juga: Pengaruh Mulsa Plastik Terhadap Tanaman Bawang Merah

PT. Pundi Nasutra Selaras sebagai salah satu perusahaan yang menjual berbagai macam packaging juga menyediakan plastik mulsa untuk pertanian berwarna hitam perak. Plastik mulsa tersebut memiliki lebar buka 80 cm, lebar lipat 40 cm, panjang 250 m, tebal 35 micron, dan berat bruto 9 kg yang terbuat dari bahan berkualitas super.

PT. Pundi Nasutra Selaras menggunakan bahan plastik mulsa PE (Poly Etylene) yang biasa digunakan petani untuk menutup tanaman agar gulma tidak tumbuh liar di sekitar tanaman.

Gulma merupakan tumbuhan yang termasuk bangsa rumput. Ini adalah pengganggu bagi kehidupan tanaman utama. Oleh karena itu, penggunaan mulsa sangat membantu petani dalam mengembangbiakkan tanamannya.
Plastik mulsa banyak digunakan oleh petani dalam membudidayakan tanaman seperti cabai, tomat, kol, kubis, melon, dan berbagai tanaman sayur atau buah lainnya.

Baca juga: Apa itu Mulsa Plastik? Simak Pengertian Mulsa Plastik di Sini

Cara Memilih Plastik Mulsa yang Tepat

Ukuran Plastik Mulsa Pertanian
Sumber: Pinterest

Lagi-lagi, pemilihan mulsa plastik harus disesuaikan dengan tanaman yang akan dibudidayakan. Selain itu, keadaan cuaca pada daerah Anda pun harus diperhatikan, karena faktor cuaca dapat mempengaruhi berhasil tidaknya Anda mengembangbiakkan tanaman tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih plastik mulsa yang tepat.

1. Plastik Mulsa tekstur Timbul Dapat Mengurangi Ekspansi dan Kontraksi

Dalam satu hari, suhu udara di lingkungan pertanian dapat berubah-ubah atau bahkan tak menentu. Selama musim ini, para petani lebih menyukai dan banyak menggunakan plastik mulsa bertekstur. Hal ini dikarenakan plastik mulsa bertekstur dapat mengurangi pemuaian dan pengerutan ketika suhu berubah-ubah.

Selain itu, warna plastik mulsa dan pantulan cahaya juga dapat mempengaruhi suhu pada tanah dan menyebabkan serangan gulma.

Plastik mulsa yang banyak diandalkan oleh petani adalah plastik mulsa berwarna hitam, terutama pada daerah yang beriklim sedang. Plastik mulsa hitam dinilai lebih banyak memberikan keuntungan baik ketika proses tanam berlangsung maupun terhadap hasil panen.

2. Kombinasikan Plastik Mulsa Bening dengan Pengelolaan Gulma yang Memadai

Plastik mulsa bening dapat mengirimkan 85% hingga 95% radiasi matahari dan menyebarkan panas ke seluruh suhu tanah. Biasanya, penggunaan plastik mulsa bening selalu berkaitan dengan permasalahan gulma.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan plastik mulsa bening pada lahan pertanian, sebaiknya kombinasikan juga dengan program pengelolaan gulma yang memadai. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan gulma di bawah plastik tidak mengganggu pertumbuhan tanaman yang sedang Anda kembangbiakkan.

Berbeda dengan plastik mulsa bening, jika Anda menggunakan plastik mulsa hitam, radiasi matahari akan diserap terlebih dahulu oleh plastik. Kemudian panasnya disebarkan ke seluruh tanah.

Akan tetapi, peningkatan suhu panas pada tanah akan menjadi lebih rendah dibandingkan jika Anda menggunakan plastik mulsa bening. Hal ini dikarenakan tidak ada cahaya yang dikirimkan serta pengendalian gulma pada plastik mulsa hitam juga lebih baik.

Sementara jika Anda menggunakan plastik mulsa hitam perak dapat membantu dalam mempertahankan suhu yang lebih dingin. Oleh karena itu, mulsa hitam perak banyak digunakan pada lingkungan yang beriklim tropis. Plastik mulsa hitam perak dapat membantu menurunkan suhu tanah dengan memantulkan sebagian besar radiasi matahari.

Baca juga: Cara Memasang Mulsa Plastik Pada Bedengan

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Ukuran Plastik Mulsa Pertanian
Sumber: Pinterest

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastik hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork. Dapatkan banyak penawarannya dan jangan sampai ketinggalan.

Editor: Nafila Chaerunnisa


Author

%d bloggers like this: