Indonetwork.co.id (Jakarta) – Dalam memperkenalkan kopi di mancanegara, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan Roadshow KOPI pada tanggal 14-24 April 2018 di sejumlah tempat di Amerika dan Kanada.

Selama 11 hari di berbagai lokasi yang dikunjungi, para delegasi Indonesia mereka menyajikan berbagai jenis kopi untuk dicicipi oleh para potential partner yang ditemui. Salah satunya adalah Roberto, Division Head of Roastery dari Cumaica Cafe di San Francisco.

Baca juga: KOPI Indonesia Disambut Baik di Pasar Amerika Dan Kanada

Dalam kesempatan itu Roberto mengatakan bahwa, dalam persepsinya kopi Indonesia cenderung “membosankan” karena kekhasan rasanya tidak berubah sejak dulu, “ini adalah suatu rasa yang baru dan tidak terduga,” ucapnya.

Saat dipersilahkan meminum kopi Papua Monemani, Roberto memaparkan kekagumannya. Menurutnya, cita rasa kopi tersebut memiliki rasa yang berbeda dan unik.

Baca juga: Dukung Pemerintah, GEM Hadirkan Pameran Sektor Energi Terbesar

Sementara itu di lokasi acara Specialty Coffee Expo, Nick seorang trainer dari Specialty Coffee Association (SCA) yang berbasis di Seattle, mengutarakan bahwa kopi Sumatera sudah lama dikenal di Amerika Serikat. “Beberapa gerai Starbucks yang pertama kali buka di Seattle sudah menjual kopi Sumatera,” imbuhnya.

Memiliki Cita Rasa Unik
Nick menambahkan, salah satu keunggulan kopi Sumatera terletak pada rasanya (flavour). “Orang-orang bisa menemukan rasa coklat dibalik rasa kopi yang mereka teguk,” katanya.

Baca juga: Wujudkan Konsep Smart City GEM Gelar Pameran Berskala Internasional

Di hall terpisah, Chris salah seorang mentor dari lembaga pendidikan di bidang kopi, Royal Crown menyampaikan, kopi Sumatera memiliki keunikan dalam hal rasa.

“Saya tidak bisa membedakan rasa antara kopi Brazil dengan beberapa kopi dari negara lain. Tapi saya dapat membedakan mana kopi Sumatera jika disandingkan dengan kopi Brazil maupun kopi dari negara lain,” tuturnya.

Daroe Handojo selaku perwakilan AKSI yang turut menjadi bagian dari delegasi, mengungkapkan, selama Roadshow terdapat beberapa peluang kesepakatan tambahan yang berpotensi deal dan hal ini bisa dijajaki dari Jakarta bersama-sama dengan Bekraf.

Dedy Mulyadi