Indonetwork.co.id (Jakarta) – Berusaha menjadi direktori bisnis online dan UKM terbesar di Indonesia, Indonetwork merintis kerja sama dengan Google Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Google Indonesia yang diwakili Karim Sulityo menggelar training Google product dihadapan karyawan Indonetwork di Jakarta.

Selama dua jam, Karim menjelaskan detail unggulan mesin pencarian Google untuk meningkatkan penjualan secara digital. Dirinya juga memaparkan kunci sukses mengembangkan bisnis online.

“Hal pertama agar produk Anda bisa mudah dicari oleh calon pembeli, salah satunya adalah penggunaan adwords yang ditawarkan Google. Meski berbayar, sistem ini mampu membawa calon konsumen untuk mencari lebih detail usaha Anda,” terang Karim.

Baca juga: Bidik Sektor Industri, Kurnia Eka Nusa Tawarkan Elemen Elektrikal Berkualitas

Bukan hanya itu, menurutnya, untuk bisa membidik pangsa pasar yang tepat, Anda harus fokus pada apa yang dibutuhkan konsumen. Karena itu, penggunaan adwords sangatlah tepat untuk membantu mendapatkan konsumen.

“Saat ini, hal yang diperlukan dalam penelusuran hanyalah koneksi internet dan smartphone. Semua hal yang berkaitan dengan dunia online sudah dalam genggaman,” papar Karim.

Terpenting, untuk bisa lebih mudah ditemukan, hal yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kualitas konten. “Agar menarik, perbaiki juga tampilan halaman website, sehingga situs tersebut mudah ditemukan,” sarannya.

Uraian Cara Kerja Adwords
Buat pengguna awam, Karim juga mengurai cara kerja adwords. Menurutnya, dengan menggunakan adwords, iklan hanya muncul jika ada pencarian untuk keyword yang terkait dengan produk atau jasa Anda.

“Perlu diketahui juga bahwa, budget Anda berkurang jika sang pencari menemukan produk yang Anda jual. Harganya ditentukan dari berapa banyak orang yang mengklik adwords tersebut,” kupas Karim.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, adwords juga dapat mendatangkan traffic dan tindakan tertentu, feedback berupa telfon, kunjungan dan interaksi online.

Budget yang lebih besar tidak selalu berarti iklan Anda akan muncul teratas. Posisi dari suatu iklan ditentukan oleh Max CPC Quality Score dan Ad Extension.

“Menggunakan adwords, iklan tidak akan muncul untuk setiap pencarian, apalagi juga budget itu didistribusikan hanya satu bulan,” imbuhnya.

Selain Google product seperti adwords, Karim juga menyampaikan strategi khusus yang dapat dilakukan seorang sales.

“Dengan menggelar training Google product, saat ini Indonetwork sudah bisa memasarkan produk Google Indonesia, guna membantu para member Indonetwork,” tegas Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork.

Lewat momen ini kata Meddy, Indonetwork tengah membangun kerja sama dengan Google Indonesia. Untuk bisa menggandengnya, tentu ada tahapan khusus yang harus dicapai Indonetwork.

“Sesuai dengan tagline kami sebagai direktori bisnis online dan UKM terbesar di Indonesia kedepan, tentunya Indonetwork berusaha untuk bisa menjadi Google Partner,” tegas Meddy.

Dedy Mulyadi