Indonetwork.co.id (Jakarta) – Mengembangkan suatu bisnis bukanlah perkara yang mudah. Apalagi untuk menjalankannya, Anda baru mengenal jenis usaha tersebut.

Ya, untuk membangun bisnis startup, banyak hal yang dibutuhkan, bukan hanya kerja keras tapi juga diperlukan strategi yang tepat untuk dijalankan dalam waktu yang panjang sesuai impian.

Baca juga: Biar Usaha Anda Lancar, Begini Cara Kelola Keuangannya

Agar dapat mengembangkan bisnis secara efektif juga efisien, berikut ini beberapa uraian yang perlu Anda cermati dengan baik.

Menurut Forbes, angka kegagalan dalam bisnis startup mencapai 90%. Artinya, banyak faktor-faktor kegagalan yang mungkin saja terjadi pada saat menjalankan bisnis itu. Perlu diingat bahwa, membangun sebuah bisnis diperlukan langkah khusus.

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda juga wajib mengetahui hambatan apa yang sekiranya dapat menjadi faktor kegagalan di dalam sebuah bisnis startup. Berikut ini, faktor-faktor penyebab kegagalan yang mungkin saja terjadi pada saat menjalani bisnis.

Kurang Mengerti kondisi Pasar
Menjalankan sebuah usaha tentu harus berdasarkan dari kesukaan atau hobi. Cara ini tentunya akan sangat menyenangkan. Pemahaman tersebut justru bisa membuat Anda terlarut dalam hobi yang kemudian membuat jadi kurang mendalami kondisi pasar.

Pemahaman tentang kondisi pasar sangat diperlukan. Anda akan tahu apa saja yang masyarakat butuhkan pada saat tertentu. Dengan demikian, Anda bisa mengantisipasi kegagalan atau kerugian yang bisa saja terjadi.

Untuk itu, mulailah melakukan identifikasi terhadap masalah yang sedang muncul di masyarakat. Lalu, Anda bisa menemukan solusi pada masalah yang ada.

Kas Usaha Kosong
Kehabisan dana di tengah jalan memang sering terjadi di setiap menjalankan bisnis. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi di awal membuat perusahaan terkadang tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor kegagalan sebuah bisnis startup.

Tidak hanya unit usaha yang bermodal pribadi, bidang usaha apapun yang didanai pihak lain juga bisa mengalami masalah seperti ini. Untuk mencegah kegagalan itu, Anda bisa merencanakan pengeluaran perusahaan di awal sebelum mendirikan Startup.

Tim Tidak Kompak
Tidak hanya dari sisi permodalan, kendala dan masalah yang bakal menggerogoti bisnis startup juga bisa berawal dari faktor lain.

Misalnya saja tidak ada kekompakan tim dan menimbulkan perbedaan pandangan setiap karyawan mungkin salah satu kendala kegagalan bisnis. Jika tidak dibina, kegagalan seperti ini akan mudah terjadi. Mengantisipasnya, Anda perlu membentuk tim kerja sesuai keahlian.

Caranya, berikan semacam tanggung jawab untuk menghasilkan sesuatu yang baik untuk kelangsungan bisnis. Tanamkan sikap positif dan bertanggung jawab atas pekerjaan.

Jangan Menyepelakan Proses
Untuk mempertahankan sebuah usaha diperlukan terobosan berupa ide kreatif. Jangan hanya sebatas ide, tapi juga diperlukan penerapan atau eksekusi.

Menerapkan ide sangatlah penting. Tapi ingat, hal yang dituangkan dalam ide itu harus sesuai dengan proses yang tepat. Jika tidak, maka hasilnya akan berantakan.

Hal ini bisa saja terjadi jika Anda terlalu menyepelekannya. Untuk itu, pikirlah secara matang langkah apa yang mesti dilakukan untuk menuangkan ide itu agar terwujud sesuai harapan. Dengan demikian, bisnis Startup yang Anda bangun secara perlahan dapat berkembang dengan baik.

Tidak Percaya Diri Melakukan Perubahan
Untuk bisa mempertahankan keberlangsungan bisnis startup, mengubah konsep awal adalah cara tepat. Hanya saja, terkadang Anda merasa tidak percaya diri untuk melakukannya.

Hal yang dihadapi adalah takut gagal yang tidak diharapkan terjadi. Walau ini bukan masalah besar, melakukan langkah perubahan sangat diperlukan jika bisnis itu dalam keadaan bahaya. Artinya, jangan takut menerapkan cara ini walau Anda merasa sulit untuk melakukannya.

Semoga uraian di atas dapat bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis Anda kedepan.

Dedy Mulyadi