Di zaman pergolakan seperti sekarang, membangun kepercayaan diri bisa menjadi hal yang sangat sulit untuk di lakukan. Akan tetapi perlu di ingat bahwa dengan rasa percaya diri pulalah Anda akan mendapat perlindungan yang kokoh untuk menghadapi tantangan zaman, bak kapal yang tetap utuh meski di terpa angin bergelora.

Tanpa kepercayaan diri, sumber daya emosional akan terasa hampa dan Anda pun tidak akan mampu bergerak maju.

Membangun kepercayaan diri juga penting ketika Anda ingin memegang teguh prinsip-prinsip yang di yakini. Entah itu dalam hubungan personal, dunia kerja, atau hubungan dengan diri sendiri.

cara meningkatkan kepercayaan diri - elemen bisnis

Baca juga:  Lima elemen yang harus teroganisir agar bisnis Anda teratur

Kepercayaan diri memiliki pengaruh besar dalam penentuan keputusan hidup, dan secara tidak langsung ikut mengubah nasib Anda.

Berikut ini adalah cara meningkatkan kepercayaan diri secara instan:

Tetap Tegak dan Bersemangat

Sikap tubuh yang loyo dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Ketika Anda bertemu orang baru dengan memperlihatkan posisi bungkuk, maka mereka akan menggap Anda kurang kompeten.

Hal ini tentu akan berdampak negatif ketika Anda bertemu dengan klien baru, atau menghadapi wawancara kerja dan sebagainya. Penelitian baru-baru ini membandingkan dua kelompok mahasiswa.

Salah satunya di minta untuk berjalan bungkuk, sedangkan yang lain berjalan tegap. Peneliti mendapati bahwa kelompok yang berjalan tegap memiliki lebih banyak tenaga dan merasa lebih positif sepanjang hari.

Cara meningkatkan diri dengan mengambil pose

Pose bukan hanya ada dalam dunia fotografi. Anda pun bisa menggunakannya ketika di dunia kerja. Seorang psikolog bernama Amy Cuddy mengatakan kita dapat melakukan “pose bertenaga.” Jenis posenya ada dua, yakni tenaga tinggi dan tenaga rendah.

Cuddy mengatakan kepercayaan diri seseorang akan meningkat ketika mereka melakukan pose yang memakan banyak ruang. Contohnya adalah pose yang biasa di tunjukkan oleh pahlawan super di serial komik dan film Marvel dan DC.

Begitupun sebaliknya, jika pose seseorang lebih cenderung “ke dalam” dan membungkuk, maka pikirannya pun akan merasa kecil dan tak berdaya. Karenanya Cuddy menyarankan agar Anda “memalsukan” pose tersebut jika memang tidak terbiasa. Lakukan terus-menerus hingga gerakan Anda benar-benar terlihat alamiah.

Kenali inti perasaan Anda

Ada banyak cara untuk mengenali perasaan Anda dari lubuk yang terdalam. Di antaranya adalah bekerjasama dengan terapis, pelatih kejiwaan atau jika Anda lebih senang sendirian, catatlah jurnal.

Intinya adalah memeriksa keyakinan yang telah terpatri dalam diri Anda, entah itu negatif maupun positif. Keyakinan yang sifatnya negatif biasanya akan muncul secara berulang-ulang dan menyakitkan.

Neurosains mengajarkan bahwa manusia bisa terjebak dalam pola pikiran negatif dan melatih otak kita untuk terus mengulanginya tanpa kenal waktu.  Sikap negatif ini akan merembes ke alam sadar Anda dan pada akhirnya ikut mempengaruhi watak Anda sebelum Anda menyadarinya. Jika sudah sadar, lakukan perubah positif sesegera mungkin.

Buat kalimat motto atau mantra

Kami tidak berbicara soal mantra ilmu klenik atau perdukunan di sini. Bukan. Yang kami maksud adalah menciptakan jalur saraf baru ke pikiran Anda secara positif.

Mengucapkan kalimat motto atau mantra secara berulang-ulang memang terlihat aneh, namun dampaknya luar biasa. Langkah pertama adalah buatlah kalimat yang realistis menurut pandangan Anda.

Misalkan, jika Anda merasa “saya hebat” belum pantas mewakili karakter Anda, maka buatlah kalimat “saya akan menjadi orang hebat” supaya otak Anda mudah mencernanya.

Meminta umpan balik

Cara meningkatkan kepercayaan diri dari sumber eksternal adalah dengan meminta umpan balik berupa pendapat orang lain. Hal ini dapat membantu Anda menguak hambatan-hambatan yang mungkin belum di sadari.

Anda pun dapat memahami sejauh mana kekuatan Anda saat ini dan bidang apa yang bisa di kembangkan, sehingga dapat membuat kemajuan secara efektif. Cari pendapat dari teman dekat, penasehat terpercaya atau bahkan anggota keluarga secara obyektif tanpa menghakimi.

Jangan terlalu bersikap perfeksionis

Amati standar pekerjaan Anda. Studi membuktikan (terutama bagi kalangan perempuan) bahwa ketika seseorang terlalu berambisi untuk menjadi sempurna dan rencananya tidak berjalan mulus, maka dampaknya akan membuat harga diri rusak.

Pendiri Girls Who Code, Reshma Saujani mengatakan: “Ajarkan para wanita keberanian, bukan kesempurnaan.” Fenomena perfeksionisme sendiri telah menciptakan budaya di mana setiap orang memilih untuk “bermain aman.” Sudah pasti, jika bermain aman, Anda hanya akan jalan di tempat. Pasang keberanian Anda dan jangan takut salah.