Indonetwork.co.id (Jakarta) – Bulan suci Ramadhan bukan lagi jadi penghalang bagi Indonetwork untuk mengedukasi para membernya. Untuk mensiasati kecenderungan penurunan transaksi yang dirasakan pelaku usaha, Indonetwork punya trick khusus yang patut diterapkan.

Bertempat di Hotel Red Top Jakarta Pusat, direktori bisnis online terbesar satu ini menggelar workshop digital marketing untuk mendongkrak omzet transaksi para pelaku usaha.

Baca juga: Indonetwork Dukung Program Kemendag, Promosikan Produk Kreatif UMKM

Dalam hal ini, Indonetwork berusaha mengedukasi para membernya untuk melek teknologi. Cara yang disampaikan tak lain adalah dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization).

“SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis, bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan menuju situs website melalui mesin pencari,” terang Meddy H. Papinka, General Manager Indonetwork.

Menurutnya, cara ini dapat dijadikan sebagai langkah jangka panjang dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme, untuk memudahkan mesin pencari (google) menemukan produk yang hendak dipasarkan secara online.

“Saat ini, cara paling efektif untuk membangun pondasi website adalah menerapkan strategi SEO. Penerapan tersebut merupakan solusi cermat guna meningkatkan trafik serta brand awareness secara online,” jelas Meddy.

“Dengan menerapkan langkah ini, produk yang Anda jadi mudah ditemukan dan ramah dalam mesin pencarian google,” imbuhnya.

Baca juga: Gelar Talkshow di Kokas, Indonetwork Paparkan Manfaat Promosi Efektif

Selain memaparkan fungsi utama SEO, di depan 22 para pelaku usaha, Meddy juga mengurai keunggulan lain tentang SEM ( Search Engine Marketing).

Sebelum mengurai detail SEM Meddy juga menjelaskan pula perbedaan kedua sistem itu. Menurutnya, ada hal pembeda yang signifikan soal penggunaan SEO dan SEM.

“Jika penerapan SEO bersifat jangka panjang, penggunaan SEM justru sebaliknya. SEM merupakan cara cepat untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk,” paparnya.

Supaya mudah menemukan produk di halaman pertama mesin pencari dalam waktu singkat, penggunaan SEM cara yang tepat. Hanya saja, ada hal yang mesti diperhatikan yaitu deposit minimal enam bulan, karena sistem yang ditawarkan cost per click (CPC).

“Untuk bisa berada di halaman utama google, cara ini bersifat membakar uang yang tidak sedikit. Minimal Anda harus siapkan dana Rp2 juta sebulan. Dalam menerapkan ini, kami bekerja sama dengan Google Indonesia,” kupas Meddy.

“Sedangkan untuk mengelola SEO, kami memiliki tim khusus yang fokus menggarapnya. Tinggal pilih, strategi apa yang tepat untuk membangun usaha Anda,” ucapnya.

Cara ini kata Meddy, tentunya untuk mempromosikan produk-produk Anda agar mudah dikenal, sekaligus meningkatkan omzet transaksi.

Dedy Mulyadi