Indonetwork.co.id (Jakarta) – Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf menerima kunjungan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Rasmus A. Kristensen.

Pada kesempatan tersebut, Rasmus menginformasikan bahwa, Minister of Business and Growth Denmark bersama delegasi bisnis akan berkunjung ke Indonesia pada September mendatang untuk membahas kerja sama di bidang ekonomi kreatif.

Baca juga: Bekraf Gandeng Sejumlah Asosiasi Perkuat Wadah Ekosistem Ekraf

Dalam pertemuan itu, Triawan secara langsung menawarkan salah satu kegiatan yang diharapkan saling menguntungkan yaitu business matching antara pengusaha Indonesia dan Denmark. Nantinya, kedua negara itu bakal membahas kerja sama ekonomi kreatif.

Pada waktu yang bersamaan, mereka membahas juga mengenai perlindungan hak atas kekayaan intelektual atau intellectual property right (IPR).

Disamping itu, Kedubes Denmark juga menyambut baik penyelenggaraan World Conference of Creative Economy (WCCE) yang akan dilaksanakan di Bali pada November 2018, dengan mengupayakan kehadiran perusahaan-perusahaan asal Denmark, seperti perusahaan desain, arsitektur, furniture, dan lainnya.

Baca juga: Cheers Pelopor Air Minum Alkaline Pertama Di Indonesia

Tak hanya sekedar hadir, Kepala Bekraf juga menyampaikan harapan akan keterlibatan Denmark dalam pelaksanaan WCCE dengan berpartisipasi di creative village yang merupakan site event untuk menampilkan produk-produk ekraf.

Untuk mensukseskan gelaran itu, Triawan Munaf mengundang pengusaha-pengusaha sukses Denmark untuk menjadi pembicara, salah satunya adalah CEO Lego.

Terobosan Baru Pelaku Ekraf
“Kami berharap, Denmark dapat membawa para ahli atau praktisi mereka di bidang seni, bisnis, dan manajemen pameran. Karena, Indonesia memiliki potensi besar di bidang ekraf tapi kekurangan sumber daya manusia untuk mengelola event besar,” ungkap Triawan.

Dengan kata lain beliau memaparkan, World Conference of Creative Economy yang nanti bakal digelar di Bali akan membuka peluang bagi keberlangsungan ekonomi kreatif antara pengusaha Indonesia dan Denmark.

Baca juga: Indonetwork Dukung Program Kemendag, Promosikan Produk Kreatif UMKM

“Pola kerja sama ini akan kami jadikan sebagai langkah konkrit membangun hubungan baik antara kedua negara. Dengan begitu, Indonesia-Denmark jadi lebih dekat untuk memajukan ekonomi kreatif para pelaku usaha di tanah air,” imbuh Triawan.

Menurutnya, strategi tersebut diharapkan menjadi peluang bagi pengusaha Denmark yang ingin memasarkan produk Indonesia di negara mereka.

“Langkah ini kami jadikan pula sebagai terobosan baru yang dapat dimanfaatkan para pelaku ekonomi kreatif Indonesia yang ingin go public memasarkan produknya ke mancanegara,” ucap Triawan.

Dedy Mulyadi