Indonetwork.co.id (Jakarta) – Berbagai cara untuk meningkatkan penjualan secara online. Untuk memulainya, ada baiknya Anda mempelajari dulu beberapa hal berikut ini. Jadi, ketika suatu saat Anda ingin menjual barang, Anda bisa melakukannya dengan aman.

Baca juga: Trik Ini Datangkan Keuntungan Dan Rekomendasi Positif Dari Pembeli

Deskripsikan Dengan Jelas
Langkah satu ini bisa dicermati sebelum Anda memulai memasarkan barang yang hendak dijual. Buatlah sejelas mungkin deskripsi barang tersebut, jelaskan juga fungsi dan kegunaannya.

Cara ini penting dilakukan sebagai informasi yang dibutuhkan calon pembeli, sekaligus meningkatkan reputasi Anda sebagai penjual.

Buatlah Dokumen Selengkapnya
Untuk menjelaskan fisik barang yang hendak dijual, buatlah dokumentasi sebagai visualisasi. Foto selengkap mungkin produk tersebut. Lampirkan juga foto kelengkapan barang yang Anda jual.

Berikan Batas Waktu Pembayaran
Seseorang telah menghubungi Anda dan sepakat bertransaksi dengan nilai tertentu. Berikan batas waktu pembayaran kepada pembeli. Bila ia tidak melunasi pembayaran dalam jangka waktu tersebut, transkasi otomatis dianggap batal dan Anda berhak mencabut transaksi.

Sebaiknya berikan batas waktu pembayaran yang disepakati, misalnya 12 jam atau maksimal 24 jam.

Kirim Barang Setelah Pembayaran Diterima
Sebaiknya, jangan melakukan pengiriman sebelum Anda menerima pembayaran dari pembeli. Berlaku sistem ini, meski pembeli mengaku telah mentransfer pembayaran. Pastikan bahwa pengiriman setelah Anda menerima pembayaran.

Jangan Melayani Pembayaran Sebagian
Usahakan juga untuk tidak melakukan transaksi dengan pembayaran sebagian. Apalagi pembeli berdalih takut kena tipu. Pastikan bahwa Anda adalah penjual yang jujur dan recomended seller.

Biar aman, lebih baik abaikan transaksi cara itu. Karena tak ada jaminan bahwa pembeli itu benar-benar akan mentransfer sisa pembayaran usai menerima barang.

Cash On Delivery (COD) Aman
Berjualan online, tentu Anda mengenal istilah ini dan pasti dihadapkan dengan calon pembeli yang meminta untuk bertransaksi COD. Cara bertransaksi ini salah satu mempercepat proses transaksi, pembayaran dilakukan setelah saat menyerahkan barang tersebut.

Biar aman, sebaiknya Anda mengenal tempat COD tersebut. Berikut ini tips cermat bertransaksi COD

Supaya transaksi nyaman, lakukan di tempat umum. Misalnya saja di restoran siap saji, kafe, atau mall. Pilih lokasi ideal untuk COD seperti tempat keramaian.

Pilih waktu yang wajar, lakukan transaksi yang rasional. Misalnya saja pada jam makan siang. Sebelum melakukan COD, Anda dan pembeli harusnya memastikan kesepakatan terlebih dahulu, terutama soal kondisi barang dan harganya.

Jadi ketika bertransaksi, tidak ada proses tawar menawar lagi. Persilahkan juga pembeli memeriksa kondisi fisik barang tersebut. Dengan begitu, Anda berusaha menjadi penjual yang jujur dengan deskripsi yang sudah Anda jabarkan. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi