Indonetwork.co.id (Hainan) – Untuk meningkatkan ekspor, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerjasama dengan pemerintah negara China rencananya bakal menggelar pameran khusus produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Halal pada bulan September 2018 di kota Hainan, China.

Pameran UKM Halal di Negeri Tirai Bambu ini diharapkan mampu mendongkrak nilai ekspor Indonesia ke pasar global. Keikutsertaan Kadin Indonesia diajang tersebut, dijadikan sebagai sarana pelaku usaha UKM Indonesia agar produknya dapat dengan mudah merambah pasar dunia.

Baca juga: Indonetwork Siap Perluas Jangkauan Pemasaran Anggota APTIKNAS

“Ajang ini sekaligus membuka kesempatan produk UKM halal Indonesia bisa masuk pasar ekspor dunia, khususnya ke China. Nantinya, kami juga akan menggelar pameran serupa dan membuka lapak di negara luar,” ucap Eddy Ganefo, Ketua Umum Kadin Indonesia di Hainan, China, Jumat (13/07).

“Kami berharap, kesempatan ini dapat dijadikan sebagai peluang bagi pemilik produk UKM lokal Go Global. Dengan demikian, produknya dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Eddy mengatakan, Kadin Indonesia akan membima dan memonitoring para pelaku usaha UKM agar mereka dapat memahami tata cara ekspor barang. Sehingga mereka dapat memenuhi kualitas serta kemasan yang menarik sesuai kebutuhan negara luar.

Setelah di China, Eddy Ganefo juga akan membuka peluang yang lebih potensial ke negara lain. ”Tak hanya merambah pasar Asia, Kadin Indonesia juga akan membuat exhibisi khusus produk UKM Halal di Negara Timur Tengah, Eropa dan Amerika,” terangnya.

Baca juga: Hadir di Portech 2018, Indonetwork Gelar Digital Workshop

“Setelah Negara China, kami akan merambah ke wilayah negara Arab Saudi dan seterusnya,” pungkas Eddy Ganefo.

Dalam kerjasama bilateral khususnya di sektor bisnis produk pangan, hadir dalam pertemuan tersebut pengusaha-pengusaha dari Negeri Tirai Bambu dan pengusaha-pengusaha dari negara Indonesia serta Pemerintah setempat.

Dedy Mulyadi