Lagi-lagi, kami ingin mengingatkan Anda soal kesuksesan pribadi. Sudahkah merasa “sukses?” Mungkin banyak dari kita nyaris tidak menyadari, bahwa ternyata diri ini sudah mencapai kata sukses dalam tahapan tertentu.

Tidah bisa di salahkan memang, hal ini terjadi karena manusia pada era modern, jarang yang pernah merasakan masa transisi antara “biasa-biasa saja” dan “sukses.” Mengapa demikian?

Karena indikatornya ada bermacam-macam. Kebanyakan parameter yang di gunakan adalah parameter kualitatif, meski sebagian orang juga ada yang mengukurnya dengan kuantitatif (uang atau finansial misalnya).

Sebenarnya sukses adalah parameter yang kita ciptakan sendiri, dan kami yakin siapa pun ingin mencapainya.

Namun, semakin tinggi keinginan untuk mencapai variabel-variabel sukses tersebut, maka semakin tinggi pula tujuan yang ingin di capai. Jadi, tidak akan pernah ada habisnya.

Nah, di sini kami akan membahas mengenai karakter seorang pribadi yang sukses. Berikut daftarnya:

1. Pribadi yang sukses adalah pribadi yang positif

Orang sukses selalu melakukan hal-hal positif, seperti menyebarkan semangat-semangat yang baik ke lingkungan sekitar. Kemudian selalu berpikir seperti itu, tentang semua hal yang terjadi di dalam hidupnya.

Pribadi yang selalu mempunyai pikiran negatif tidak akan bisa sukses. Karena selalu di ikuti oleh nuansa kelam, pun perjalanan mereka menjadi terhambat.

Kemudian mereka juga memiliki impian dan semangat yang negatif. Apakah mereka bisa sukses? Secara psikologis tidak akan pernah.

2. Kegiatan bermakna

Orang sukses selalu memiliki agenda yang bermanfaat. Kami yakin orang-orang tersebut paling tidak, banyak melakukan hal-hal sederhana seperti menolong sesama, ibadah yang baik dan lain-lain.

Tentunya karena mereka secara umum sadar bahwa hidup ini hanyalah sementara. Dalam istilah Jawa, ada kalimat “Wong urip iku mung mampir ngombe.” (Orang hidup hanya sekadar mampir untuk minum).

Kadang kita ingat akan sebuah kata-kata bijak yang mengatakan “Beribadahlah seakan-akan hari ini adalah hari terakhir kita hidup di dunia, dan bekerjalah seperti halnya kita akan hidup seribu tahun lagi”. Mungkin kata-kata mutiara tersebut ada benarnya.

3. Tindak tanduk positif

Pribadi sukses tidak akan mencuri dari orang lain. Mereka selalu sadar untuk melakukan hal-hal yang tidak merugikan orang lain. Misalkan saja, selalu datang kerja tepat waktu dan sangat menghargai waktu yang di berikan kepadanya.

Baca juga: Mengapa Anda harus keluar dari zona nyaman

4. Membangun kebiasaan baik

Ingatlah tentang hukum 10.000. Anda akan mahir melakukan sesuatu ketika telah berlatih melakukannya selama 10.000 kali. Walaupun hal ini belum terbukti secara ilmiah, namun banyak sekali orang yang mempercayainya.

Nah pertanyaannya, apakah Anda juga mempercayai itu?

Sedikit realistis dan lebih pasti, mulailah dengan kebiasaan yang positif setiap harinya. Sampai tiba saat di mana kita akan merasa aneh, jika sehari saja tidak melakukan hal tersebut.

5. Lingkungan yang mendukung

Banyak orang telah gagal dalam menjalani hidup  karena mereka tidak mau atau tidak bisa keluar dari lingkungan yang negatif.

Lingkungan ini merupakan faktor eksternal yang tidak akan pernah memberikan dorongan untuk mencapai sebuah tujuan dalam hidup kita.

6. Pikiran positif

Segala sesuatu berawal, dan akan di hitung berdasarkan niatnya.

Niat ini tidak akan bisa terlihat dari luar oleh orang lain. Yang bisa mengetahuinya hanyalah hati dan pikiran Anda sendiri.

Sukses memang akan selalu berawal dari kata positif. Maka peliharalah karakter seorang pribadi yang seperti ini untuk selalu ada di dalam diri Anda.