Indonetwork.co.id (Jakarta) – Memasuki tahun ke-16, ajang memperkenalkan beragam keindahan alam dan budaya nusantara kembali segera digelar di Jakarta Convention Center, 10-13 Mei 2018.

Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara merupakan satu-satunya pameran wisata di Indonesia yang hanya menyajikan obyek wisata tanah air dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: Bagi Masyarakat Amerika, Kopi Indonesia Memiliki Cita Rasa Nan Unik

Oleh pihak  penyelenggara, event akbar tersebut diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 2003 dengan tujuan antara lain mempromosikan objek wisata daerah di Indonesia seperti obyek wisata pegunungan, pertanian, lingkungan, seni dan budaya, sejarah, belanja, kuliner, pantai, kepulauan dan alam bawah laut ke masyarakat Indonesia dan internasional.

Tak hanya itu, gelaran tersebut juga menyuguhkan beragam pilihan lokasi wisata terbaik dan terindah yang ditujukan bagi masyarakat Indonesia untuk bisa mencintai keindahan alam Nusantara. Sehingga, mereka dapat memilih berwisata ke berbagai daerah dari pada ke luar negeri.

Pesta wisata ini juga ditujukan untuk meningkatkan kunjungan wisata, dengan target kunjungan 20 juta wisatawan asing dan 275 juta wisatawan nusantara pada 2019.

Baca juga: Wujudkan Konsep Smart City GEM Gelar Pameran Berskala Internasional

Pihaknya juga mendorong pengembangan obyek wisata daerah secara semaksimal untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan baik dari negeri sendiri maupun juga negara asing.

Melalui ajang ini, diharapkan juga dapat meningkatkan rasa cinta tanah air bagi terwujudkan persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Hadirkan Taman Wisata Bertema
Untuk mengakomodasi permintaan pengunjung tentang kehadiran taman wisata bertema yang mereka gemari dalam arena pameran. Rencananya, penyelenggara bakal menyediakan Pavilion Taman Wisata Bertema khusus untuk diisi oleh para pengelola taman wisata,

Tema taman yang akan disuguhkan dari Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia, serta para produsen wahana dan peralatan taman wisata.

Untuk memenuhi permintaan para peserta pameran untuk bertemu langsung dengan agen perjalanan wisata dan para pramuwisata yang menjadi mesin penggerak kunjungan wisata ke berbagai obyek wisata daerah, penyelenggara akan mengadakan temu bisnis “JAKARTA ASITA & HPI Members Gathering & Table Top 2018”.

Dalam acara tersebut, pihak penyelenggara memastikan para agen wisata anggota Asosiasi Agen Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) serta para pengelola obyek wisata, hotel, resort dan restoran akan bertemu.

Ajang tersebut dijadikan pula sebagai wadah untuk membicarakan masalah penting dalam pengembangan pariwisata Indonesia dan mengadakan penjajagan kerjasama yang akan membuahkan transaksi wisata secara nyata.