Selama ini modal seringkali di anggap sebagai masalah utama dalam membangun suatu usaha atau bisnis. Pandangan seperti ini merupakan sebuah pendapat yang tidak salah, namun juga tidak seluruhnya benar.

Perlu di ketahui pula, bahwa yang namanya modal utama ketika memulai usaha atau bisnis itu adalah keyakinan, niat dan tekad yang kuat untuk menjalankannya. Setelah itu di susul dengan perencanaan, ketekunan dan kerja keras. Barulah setelah itu memikirkan urusan modal yang berbentuk materi.

Di luar urusan modal, masalah lain yang sering menjadi beban pikiran bagi para pelaku usaha terutama yang baru masuk tahap perintisan adalah ide atau gagasan. Meski demikian masalah ini sebenarnya juga dapat di selesaikan dengan mudah asal mau kreatif.

peluang bisnis online

Baca Juga: Peluang bisnis online modal kecil patut di coba

Saat ini banyak sekali jenis peluang usaha yang tidak membutuhkan tempat khusus untuk berjualan yakni pelaku bisnis cukup melaksanakannya hanya dari rumah. Berbagai peluang dapat di pilih sesuai dengan bakat, kemampuan serta bidang usaha yang ingin di tekuni. Bahkan untuk pegawai negeri, karyawan swasta, mahasiswa hingga ibu rumah tangga bisa menjalankannya sebagai usaha sampingan.

Jenis-jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil tersebut terdiri dari beberapa bidang. Pembahasannya kami bagi menjadi 4 bagian:

  • Bidang kuliner
  • Bidang jasa
  • Bidang fashion
  • Bidang online

Peluang Usaha Rumahan Bidang Kuliner

Usaha kuliner merupakan sebuah peluang bisnis yang tidak membutuhkan modal besar tapi dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Jangan berpikir bahwa usaha ini tidak bisa laris karena manusia selalu butuh makan dan minum setiap hari.

Meski sekarang tingkat persaingan usaha tersebut tergolong ketat, tapi jika pintar melakukan kreasi pasti jadi mudah meraih kesuksesan. Peluang usaha bidang kuliner tersebut misalnya:

1. Jualan Kue Dan Roti

Berani melakukan inovasi, itulah salah satu kunci terpenting dalam usaha jualan kue dan roti.

Inovasi tersebut merupakan jalan terbaik untuk menghadapi persaingan dari pelaku usaha lain yang menekuni bidang usaha yang sama. Bentuk dari inovasi tersebut misalnya menciptakan resep yang lebih baru dengan cita rasa yang lebih istimewa. Kemasannya juga dapat di buat dengan tampilan yang lebih unik dan menarik.

peluang usaha rumahan - kue dan roti

Usaha jualan kue dan roti tidak terlalu sulit untuk di jalankan. Bahkan dengan modal yang kecil, bisnis ini bisa saja di rintis dari rumah tanpa perlu menyewa tempat. Bagi Anda yang juga memiliki hobi atau keterampilan membuat kue dan roti, sangat cocok memilih jenis usaha yang satu ini sebagai sumber untuk mencari penghasilan utama atau tambahan.

Apabila di tekuni dengan serius, peluang usaha rumahan yang satu ini bisa mendatangkan laba yang sangat besar mencapai jutaan rupiah. Apalagi mampu menciptakan produk unik dan tidak ada orang lain yang bisa menyamainya. Tentu makin banyak orang yang tertarik ingin mencicipinya kemudian jadi pembeli tetap.

2. Jualan Minuman Segar Atau Dingin

Minum sudah menjadi sebuah kebutuhan setiap manusia yang harus terpenuhi setiap hari. Menilik kondisi ini saja kita dapat mengetahui bahwa ada peluang bisnis yang bisa di ciptakan yaitu dengan berjualan minuman dingin atau segar. Minuman ini selalu laris terutama saat musim panas.

peluang usaha rumahan - minuman dingin

Sumber: bekasibusiness.com

Usaha ini tidak butuh tempat yang luas, bahkan bisa di jalankan di halaman atau depan rumah menggunakan tenda kecil. Apalagi jika lokasinya dekat dengan komplek perumahan, pabrik, sekolah atau di pinggiran jalan raya.

Selain itu ada banyak sekali jenis minuman segar yang di gemari banyak orang dan mudah di jual. Misalnya minuman coklat dalam kemasan atau jus buah.

3. Jual Air Isi Ulang

Di masa sekarang, usaha jualan air isi ulang tidak hanya dapat di jalankan di kota-kota besar saja namun bisa pula di rintis di desa-desa atau kampung. Kebutuhan air bersih terutama air minum terus mengalami peningkatan. Karena saat ini makin banyak orang yang lebih suka dan tertarik mengkonsumsi minuman air putih dalam kemasan di banding air putih rebusan sendiri.

peluang usaha rumahan - air isi ulang

Sumber: Kabarsumbawa.com

Peningkatan terhadap kebutuhan air minum tersebut membuat usaha skala rumahan ini makin menunjukan prospeknya yang cerah. Selain itu nilai keuntungannya juga lumayan besar jika di tekuni dengan baik serta tidak membutuhkan tempat yang luas.

Ada tips umum untuk Anda yang akan terjun di bisnis ini:

Agar pembeli merasa puas dan jadi pelanggan tetap, berilah mereka layanan sebaik mungkin. Misalnya menyediakan fasilitas pengantaran minuman galon hingga ke rumah.

Selain itu sediakan sambungan telepon khusus untuk melayani pemesanan. Sehingga pelanggan tidak perlu keluar rumah ketika ingin mengisi ulang atau membeli air putih galonan tersebut.

4. Menjual Gorengan

Bentuk dari peluang usaha rumahan lain yang hanya memerlukan modal sangat kecil adalah menjual gorengan. Makanan ini merupakan salah satu dari jenis kudapan yang sangat di sukai masyarakat karena harganya yang murah meriah. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga yang sudah berusia tua, terutama pada siang dan sore hari.

peluang usaha rumahan - gorengan

Sumber: Malaskeluar.com

Meski sudah banyak yang menjalankan bisnis kecil ini, tetapi peluangnya masih cukup besar bahkan omzetnya dapat menembus angka jutaan dalam sehari saja. Terlebih lagi jika lokasinya dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, kampus, sekolah atau kompleks perumahan. Nilai laba yang di dapat bisa berlipat ganda.

5. Jualan Kerupuk Dan Rambak

Kerupuk dan rambak adalah jenis makanan ringan yang terlihat sangat sederhana tetapi rupa-rupanya banyak di cari orang.

peluang usaha rumahan - kerupuk dan rambak

Sumber: Tokomesin.com

Keduanya sering di jadikan teman saat menyantap nasi atau ketika sedang santai misalnya nonton TV dan sebagainya. Modal yang di butuhkan untuk membuatnya juga sangat kecil, cukup ratusan ribu rupiah saja untuk membeli bahan, minyak dan alat penggorengan.

Pangsa pasar utamanya adalah masyarakat atau tetangga sekitar. Selain itu dapat di titipkan melalui warung makan atau kantin sekolah.

Tips berjualan kerupuk dan rambak:

Agar produk kerupuk dan rambak tersebut makin di sukai pelanggan, sebaiknya di buat dalam bentuk dan kemasan yang lebih baru dan menarik.

Aroma dan bumbunya juga harus di rubah, misalnya di tambah ikan dan udang yang sudah di haluskan dan sebagainya.
Dengan cara-cara tersebut, persaingan bisnis tersebut bisa di hadapi. Kemudian ketika bisnis ini telah berkembang dengan baik, pangsa pasar bisa di perluas ke rumah makan yang lebih besar atau toko-toko dan super market.

6. Warung Sarapan Pagi

Peluang usaha rumahan di bidang kuliner selanjutnya adalah mendirikan warung yang khusus menyediakan menu sarapan pagi. Di lihat dari sisi waktu, usaha ini juga memiliki pangsa pasar yang sangat bagus. Karena saat ini makin banyak orang yang harus berangkat kerja pagi-pagi, sehingga tidak sempat memasak makanan sendiri untuk sarapan.

peluang usaha rumahan - warung sarapan pagi

Sumber: Inspirasi.org

Usaha warung makan pagi dapat Anda buka di rumah sendiri. Contohnya dengan memanfaatkan halaman atau teras depan.

Beberapa jenis menu yang biasanya laris di sajikan antara lain bubur ayam, soto, nasi uduk, lontong dan lainnya. Selain itu dapat di tambah jenis minuman seperti kopi, teh atau susu hangat.

Menu-menu masakan dan minuman tersebut harus selalu di sajikan dalam kondisi yang bersih termasuk peralatan makan minum yang di gunakan.

Harganya tidak usah terlalu tinggi, sebab yang terpenting adalah pelanggan Anda puas. Jika sudah merasa seperti itu, pasti mereka akan selalu menjadikan warung tersebut sebagai tempat untuk menikmati sarapan pagi.

Sebagai tahap permulaan, jumlah menu masakannya tidak harus banyak tapi tetap memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Setelah pembeli mulai senang dan jadi pelanggan, variasi menu dapat di tambah agar dapat menarik orang lain untuk ikut singgah sambil menikmati sarapan.

7. Bisnis Katering

Jangan pernah sekalipun berpikir bahwa bisnis katering ini membutuhkan modal yang sangat besar. Usaha ini bisa di rintis mulai dari skala rumah tangga, misalnya menerima pesanan dari lingkungan sekitar seperti arisan ibu-ibu PKK, ulang tahun anak tetangga dan sebagainya.

peluang usaha rumahan - katering

Sumber: Caramemulaibisnis.info

Bisnis katering merupakan peluang usaha yang sejak zaman dulu sudah di minati masyarakat dan hal ini terus berlangsung sampai sekarang.

Konsumen selalu berdatangan, karena makin banyak ibu-ibu yang harus bekerja di luar rumah. Mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat masakan sendiri jika sedang mengadakan suatu acara.

Setelah nantinya berkembang dan mulai di kenal orang, usaha katering yang di jalankan bisa di promosikan ke dalam skala yang lebih luas misalnya ke kantor pemerintah dan swasta.

Selain itu Anda juga bisa menawarkan aneka menu masakan untuk makan siang para karyawan yang bekerja di kantor tersebut. Dari sinilah nantinya pelaku usaha katering akan mendapat pelanggan tetap.

8. Rumah Makan

Usaha rumah makan merupakan salah satu bentuk perluasan bisnis warung makan pagi tetapi dengan karakter yang agak berbeda. Jika warung makan pagi hanya beroperasi pada pagi hari saja, namun untuk rumah makan harus buka sepanjang hari dari pagi hingga sore atau malam. Jadi usaha yang satu ini tidak bisa di jadikan sebagai usaha sampingan namun harus secara full time.

peluang usaha rumahan - rumah makan

Sumber: Tokomesin.com

Meski demikian, modal yang di perlukan untuk merintis peluang usaha rumahan ini juga terbilang kecil jika hanya berupa rumah makan sederhana atau istilahnya kelas kaki lima. Hanya saja di balik kesederhanaannya, bisnis ini tetap memiliki potensi besar untuk menghasilkan keuntungan.

Keberhasilan dari usaha rumah makan adalah pilihan menunya yang tidak saja lezat tapi juga lengkap. Selain itu kebersihan ruang, tempat makan dan perabot makannya harus di jaga agar tidak kotor. Setelah itu di tambah dengan layanan yang ramah dan harga yang terjangkau.

Usaha rumah makan dapat di jalankan pada lokasi komplek perumahan, area sekitar kampus dan sekolah, kompleks perkantoran, pasar maupun tempat lain yang ramai dan sering di lewati orang.

Lokasi yang berdekatan dengan kost mahasiswa, terminal atau rumah sakit juga dapat di pilih untuk membuka usaha ini.

Peluang Usaha Bidang Jasa

Tidak kalah dengan kuliner, bidang jasa juga memiliki berbagai jenis peluang usaha rumahan yang dapat di kembangkan oleh semua orang. Nilai keuntungan yang di raup bisa sangat besar jika usaha tersebut di jalankan dengan serius, tekun dan rajin. Selain itu, modalnya kecil serta tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk mengembalikannya.

9. Bisnis Laundry

Bagi masyarakat yang selalu sibuk dengan berbagai urusan seperti bekerja atau mahasiswa yang harus mengerjakan tugas-tugas kampus, pasti tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencuci bajunya. Kondisi ini dapat di manfaatkan untuk membuka peluang usaha rumahan yaitu jasa cuci pakaian atau laundry.

peluang usaha rumahan - laundry

Sumber: Machinelaundry.com

Sebelumnya bisnis ini hanya bisa di jalankan di kota besar saja. Tapi untuk saat ini usaha tersebut juga sudah merambah kota-kota kecil hingga pedesaan. Karena pada umumnya di masa sekarang, masyarakat lebih suka dengan hal-hal yang serba praktis sekalipun harus mengeluarkan biaya.

Usaha jasa laundry merupakan peluang bisnis yang nilai keuntungannya sangat menggiurkan. Apalagi ketika musim hujan telah tiba, orderan akan datang dengan sendirinya tanpa ada kata henti setiap hari.

Siapa saja bisa membuka usaha ini termasuk kalangan ibu rumah tangga. Apalagi jika tempat tinggalnya berada di kawasan padat penduduk, dekat komplek perumahan serta area kampus yang sebagian besar mahasiswanya tinggal di rumah kost.

Modal utama yang di butuhkan antara lain adalah mesin cuci, setrika, pewangi pakaian dan meja. Total biaya yang harus Anda keluarkan tidak lebih dari 10 juta rupiah saja.

Lalu untuk perkembangan usahanya sendiri, Anda juga dapat memberikan layanan antar jemput pada pelanggan. Selain itu hasil cucian beserta setrikaannya harus selalu rapi dan wangi. Jangan lupa memberi harga yang lebih terjangkau, terutama apabila sebagian besar pelanggannya adalah mahasiswa.

10. Jualan Pulsa

Saat ini lebih dari 150 juta penduduk Indonesia telah menggunakan ponsel sebagai alat untuk berkomunikasi.

peluang usaha - jual pulsa

Sumber: Caradapatuang .com

Tingginya pemakaian perangkat bergerak ini tentunya berbarengan dengan penggunaan pulsa yang cukup tinggi pula terutama pemanfaatannya untuk paket data.

Hal ini tentunya telah membuka sebuah peluang tersendiri yang sangat baik dari sisi prospek dan Anda pun bisa melakukannya di mana saja termasuk di rumah.

Peluang usaha rumahan tersebut bisa di jalankan dengan membuka counter isi pulsa ulang dan paket data. Modal yang di perlukan hanya ponsel sederhana yang harganya tidak lebih dari 2 juta rupiah.

Dengan modal sebesar itu, akan di dapat laba hingga 15% dari harga jual pulsa dan paket data. Keuntungan lainnya yang lebih besar juga bisa di dapat dengan mudah jika counter tersebut turut menjual aksesoris ponsel beserta pernak-perniknya atau kartu perdana.

Ruang yang di butuhkan untuk usaha ini pun tidak perlu besar, hanya sekitar 2 meter persegi saja.

11. Jasa Potong Rambut

Selama manusia mempunyai rambut yang selalu tumbuh di kepala, bisnis jasa potong rambut tidak pernah mengenal kata mati atau bangkrut. Peluang usaha ini mempunyai prospek masa depan yang sangat bagus terutama bagi Anda yang memiliki keahlian khusus dalam menata rambut.

peluang usaha - jasa potong rambut

Sumber: Maskoolin.com

Ruang yang di butuhkan juga tidak terlalu besar bahkan bisa menggunakan ruang rumah sendiri.

Untuk modalnya, hanya perlu membeli alat potong rambut, gunting dan beberapa perabot lain yang harganya tidak terlalu mahal dengan nilai total sekitar 7 hingga 10 juta rupiah saja.

Jika per kepala di kenai tarif potong rambut sebesar 15 ribu rupiah dan dalam sehari dapat 10 pelanggan, maka penghasilan kotor yang di dapat adalah 150 ribu rupiah.

12. Jasa Tambal Ban

Jenis usaha ini sangat cocok untuk pria, namun juga tidak menutup kemungkinan di jalankan oleh kaum wanita. Selama rumah Anda memiliki lokasi strategis terutama di pinggir jalan, maka usaha ini bisa langsung di buka.

peluang usaha rumahan - tambal ban

Sumber: Caradapatuang.com

Bisnis jasa tambal ban merupakan peluang usaha rumahan yang bisa di jadikan solusi terbaik bagi mereka yang hanya memiliki modal terbatas. Prospeknya sangat bagus karena setiap hari makin banyak orang yang memakai mobil atau motor pribadi sebagai alat transportasi.

Banyak orang yang memandang rendah dan remeh terhadap pekerjaan ini karena terkesan kotor dan kumuh. Akan tetapi setelah melihat penghasilan atau laba yang di dapat, pasti akan tergiur serta tidak sungkan lagi untuk menekuninya.

Kemudian untuk mereka yang memiliki keahlian di bidang otomotif, peluang usaha rumahan ini bisa di kembangkan menjadi tempat service kendaraan. Sehingga nilai keuntungannya juga bertambah banyak dan bisa di jadikan sebagai sumber utama penghasilan keluarga.

13. Jasa Jahit Pakaian

Peluang bisnis jasa berikutnya yang hanya butuh modal kecil saja adalah jahit pakaian yang lebih terkenal dengan sebutan modiste.

Meski biasanya lebih sering di jalankan oleh wanita, namun pria juga memiliki hak untuk membuka peluang usaha rumahan yang satu ini. Khusus untuk pria, lebih di kenal dengan istilah taylor.

peluang usaha rumahan - jasa jahit

Sumber: Google.co.id

Baik modiste maupun taylor, keduanya adalah jenis usaha jasa yang tidak pernah mengalami masa surut. Tiap orang pasti butuh pakaian untuk berbagai macam keperluan dan acara seperti pergi ke kantor, pesta pernikahan dan sebagainya.

Apabila memiliki keterampilan yang lebih spesifik lagi seperti membuat desain baju, bisa di pastikan penghasilan yang di dapat dari peluang usaha rumahan ini akan lebih banyak lagi. Bahkan nilainya bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

14. Kursus Bahasa Asing

Bahasa asing menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang yang dalam pekerjaannya selalu berhubungan dengan klien atau customer dari luar negeri. Jika belum menguasai bahasa asing tersebut, tentu mereka butuh guru atau pembimbing untuk mempelajarinya.

peluang usaha rumahan - kursus bahasa

Sumber: Aimjakarta.com

Peluang usaha seperti inilah yang bisa di tangkap oleh semua orang yang mempunyai keahlian berbahasa asing dengan cara membuka kursus. Di Indonesia, kursus bahasa asing yang paling sering di cari adalah bahasa Inggris, Arab, Jepang, Korea, Mandarin, China dan Perancis.

Modal yang harus di sediakan guna membuka peluang usaha rumahan ini adalah sebuah ruang yang di lengkapi dengan peralatan mengajar seperti meja kursi, papan tulis dan lainnya. Nilai keuntungannya sangat besar, apalagi jika mendapat murid yang ingin kursus secara privat.

15. Bimbingan Belajar

Masih berkaitan dengan dunia pendidikan, ada satu peluang usaha lain yang juga bisa di rintis dengan modal kecil saja yaitu bimbingan belajar. Bisnis ini sangat cocok dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang pernah kuliah dan mahasiswa.

peluang usaha rumahan - bimbingan belajar

Sumber: Snmptn.wordpress.com

Modal yang di perlukan sama persis dengan usaha jasa kursus bahasa asing. Perbedaan yang paling mencolok adalah sistem pengajarannya.

Karena biasanya peserta bimbingan belajar ini merupakan anak sekolah yang usianya masih kecil. Jadi butuh ketelatenan maupun kesabaran yang lebih tinggi saat memberi bimbingan pada mereka.

Hasil usaha jasa ini juga sangat besar nilainya, bahkan bisa melebihi gaji pegawai negeri saat ini. Apalagi jika di sertai dengan promosi di sekolah-sekolah atau memasang spanduk iklan di tempat-tempat strategis terutama di jalan raya yang banyak di lalui orang.

16. Jasa Fotocopy

Jasa fotocopy adalah peluang usaha rumahan yang dapat di jalankan bagi Anda yang memiliki rumah di sekitaran kampus dan komplek perkantoran.

peluang usaha rumahan - jasa fotocopy

Sumber: Baranews.co

Tarif fotocopy setiap lembarnya memang sangat murah. Namun dalam sehari bisa di peroleh pelanggan yang jumlahnya mencapai puluhan. Selain itu biasanya pelanggan juga tidak hanya mem-fotocopy 1 lembar saja namun bisa beberapa lembar sekaligus.

Jika ingin mendapat keuntungan yang lebih besar lagi, usaha jasa fotocopy tersebut sebaiknya di lengkapi dengan layanan jasa lainnya.

Misalnya penjilidan buku, laminating, potong kertas, print dan sebagainya. Selain itu bisa pula di buka usaha yang masih saling berkaitan seperti jualan alat tulis, buku, map dan seterusnya.

17. Agen Pembayaran

Kesibukan orang yang tidak punya waktu untuk melakukan pembayaran rekening listrik atau telpon dan sebagainya merupakan suatu peluang usaha rumahan yang bisa di pilih oleh siapa saja. Terutama ibu rumah tangga yang tidak memiliki kegiatan lain di rumahnya.

peluang usaha rumahan - agen pembayaran

Sumber:  Ppobmpn.com

Langkah pertama yang harus segera di jalankan bila tertarik menjadi agen pembayaran adalah menghubungi kantor Telkom dan PLN. Selain itu juga bisa menghubungi perusahaan yang mana konsumennya harus melakukan pembayaran setiap bulan seperti perusahaan finance, PDAM dan sebagainya.

Atau lebih mudahnya lagi, Anda cukup mencari penyedia jasa loket All-in-one yang menyediakan sistem untuk menangani pembayaran tagihan-tagihan tersebut. Setelah itu tinggal mendaftarkan diri dan menyediakan loket pembayarannya di rumah.

Peralatan yang harus di siapkan antara lain komputer yang di lengkapi dengan koneksi internet dan mesin printer untuk mencetak struk bukti pembayaran. Keuntungan dari usaha ini berasal dari komisi pembayaran yang besarnya sekitar 2 hingga 3 ribu rupiah per transaksi.

Meski terlihat kecil, tetapi jika mampu menggaet pelanggan dalam jumlah yang lebih banyak tentu nilai yang kecil tersebut akan jadi besar. Promosi merupakan sebuah media utama untuk mencari pelanggan atau konsumen baru dalam hal ini.

Anda dapat menggunakan spanduk atau juga dapat melakukannya dengan cara yang lebih konvensional misalnya promosi dari mulut ke mulut.

Peluang Usaha Bidang Fashion

Indonesia merupakan sebuah negara dengan tingkat perkembangan fashion yang sangat pesat. Perkembangan ini membuat dunia fashion tersebut sering di lirik orang dan di jadikan ladang bisnis baru.

Meski tingkat persaingannya tergolong ketat, namun bisnis ini tetap bisa di pilih sebagai peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Hal ini di karenakan usaha fashion tidak hanya terdiri dari 1 jenis saja namun ada bermacam-macam bentuknya.
Jadi bagi Anda yang baru memulainya, di sarankan untuk memilih bisnis fashion yang lebih spesifik agar mudah dalam berpromosi dan mencari pembeli atau pelanggan.

18. Busana muslim wanita

Salah satu jenis busana yang saat ini sedang menjadi trend di tanah air adalah busana muslim, Makin banyak wanita Indonesia yang menyadari jika mengenakan baju jilbab itu merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh di tinggalkan sekaligus untuk menutupi auratnya.

peluang usaha rumahan - busana muslim wanita

Sumber: Grosircimahi.com

Hampir setiap hari muncul desain baju jilbab yang baru dengan gaya desain yang sangat unik, cantik dan memikat hati. Sehingga tidak perlu heran bila bisnis baju jilbab selalu ramai sebab modalnya juga tidak terlalu banyak namun bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar.

Usaha ini paling cocok di jalankan mahasiswi atau pelajar putri dan ibu rumah tangga. Pelaku usaha tidak usah memproduksi sendiri karena banyak distributor yang menyediakan berbagai macam model dan desain busana tersebut.
Sebagai langkah awal, penjualan busana jilbab bisa di tawarkan pada teman sendiri, tetangga atau sanak famili. Setelah berjalan dengan lancar, pangsa pasar bisa di perluas menggunakan media promosi internet.

19. Pakaian muslim pria

Tidak hanya kaum wanita saja, banyak pria di Indonesia juga ikut-ikutan mengenakan busana muslim. Meski sebagian besar model dan desainnya terlihat sederhana, tetapi tetap memiliki daya tarik tinggi untuk di jadikan busana resmi di berbagai acara. Misalnya pengajian remaja atau bapak-bapak, kondangan dan pernikahan.

peluang usaha rumahan - busana muslim pria

Sumber: Tokobajumuslimonline.com

Trend seperti ini melahirkan peluang usaha baru terutama bagi mereka yang belum mendapat pekerjaan tetap. Bahkan jika di tekuni secara lebih serius, berjualan baju muslim pria bisa pula di jadikan sebagai sumber penghasilan utama untuk keluarga.

Sedangkan bagi mahasiswa pria yang masih kuliah, keuntungannya dapat di pakai untuk membiayai kuliah dan keperluan lainnya.

20. Baju olahraga

Bagi sebagian masyarakat, olahraga di anggap sebagai kebutuhan sebab kegiatan ini memiliki manfaat bagus untuk menjaga kesehatan. Dalam melakukan aktivitas olahraga tersebut, setiap orang pasti perlu pakaian khusus. Modelnya ada beberapa jenis seperti kaos olahraga, celana training, baju senam dan sebagainya.

peluang usaha rumahan - baju olahraga

Sumber: Poedjiatitan.blogspot.com

Bagi mereka yang suka berolahraga, kebutuhan tersebut bisa menjadi peluang usaha rumahan dengan hasil yang sangat menguntungkan. Apalagi saat ini banyak sekali produsen yang secara khusus hanya memproduksi pakaian olahraga.
Dari produsen tersebut bisa di ambil beberapa potong model baju yang di anggap menarik kemudian di jual kembali kepada peminatnya.

Apabila ingin mendapatkan laba keuntungan yang lebih banyak, sebaiknya bergabung dengan komunitas-komunitas olahraga yang saat ini menjamur di berbagai kota.

Melalui komunitas tersebut dapat di lakukan promosi secara lebih jitu, yang kemudian akan meningkatkan angka penjualan.

21. Baju anak-anak

Selain wanita dan pria dewasa, anak-anak juga membutuhkan baju yang bisa membuat gaya penampilan mereka terlihat makin lucu serta menggemaskan. Dan karena masih dalam masa pertumbuhan, maka baju yang di butuhkan juga lebih banyak.

peluang usaha rumahan - baju anak

Sumber: Daffakidsketapang.blogspot.com

Bahkan setiap 3 atau 4 bulan mereka harus di belikan baju baru karena baju yang lama sudah sesak dan kekecilan.
Kondisi ini menjadikan bisnis jualan baju anak-anak mempunyai peluang yang sangat bagus dan bisa di jalankan oleh siapa saja terutama para ibu rumah tangga. Di masa awal, penjualan baju atau promosinya dapat di lakukan kepada tetangga sekitar atau teman sendiri yang anaknya masih berusia kecil.

Pilihlah distributor baju anak yang bisa memberikan Anda harga lebih murah tetapi dengan kualitas yang tetap bagus.
Karena nantinya akan di kenakan oleh anak-anak baju tersebut harus memiliki gaya desain yang lucu. Misalnya di beri gambar kartun, binatang atau pernak-pernik hiasan yang mampu membuat pemakainya terlihat makin cantik atau tampan untuk anak laki-laki.

Peluang usaha online

Seiring dengan meningkatnya jumlah penggunaan internet di Indonesia, beberapa waktu lalu muncul sebuah peluang usaha rumahan yang dapat di jalankan secara online. Jika di bandingkan dengan peluang lainnya, bisnis ini hanya membutuhkan modal yang lebih kecil.

Modal tersebut cukup berupa seperangkat komputer atau laptop dan koneksi internet. Jenisnya pun ada bermacam-macam. Silakan Anda pilih yang sekiranya mudah dan tidak bosan untuk di kerjakan dan akan mendatangkan keuntungan yang besar.

22. PPC adsense

PPC adsense merupakan sebuah peluang usaha rumahan yang hasilnya sangat menjanjikan. Bisnis ini tidak hanya terkenal di Indonesia namun juga sangat populer di luar negeri, karena ide pertama dari bisnis ini memang berasal dari Amerika.

peluang usaha rumahan - ppc adsense

Sebelum menjalankan bisnis PPC Adsense, harus mempunyai blog atau website yang sudah banyak pengunjungnya. Karena itu blog atau website tersebut harus selalu di perbarui dengan konten atau artikel menarik agar jumlah kunjungannya terus mengalami peningkatan.

Jika sudah seperti itu, blog atau website tersebut dapat Anda daftarkan ke layanan penyedia PPC untuk menjadi publisher atau penayang iklan.

Meski kadangkala membutuhkan waktu yang lama, namun jika di tekuni dengan serius usaha ini mampu menghasilkan pemasukan hingga puluhan bahkan jutaan rupiah per bulannya.

23. Jasa pembuatan website

Pembuatan website dapat di masukan dalam golongan usaha jasa, tapi bisa pula di kelompokkan dalam bisnis online. Sebagaimana kita ketahui, saat ini semakin banyak perusahaan yang membutuhkan website sebagai media promosi dan pemasaran produk-produk mereka kepada masyarakat.

peluang usaha rumahan - jasa pembuatan website

Selain daripada itu sebagian besar perusahaan tersebut terutama yang skala kecil dan menengah tidak punya kemampuan untuk membuatnya sendiri. Kondisi inilah yang kemudian memunculkan sebuah peluang usaha rumahan baru yaitu jasa pembuatan website.

Bagi mereka yang memiliki keahlian membuat website dengan tampilan bagus dan menarik, bisnis tersebut dapat di jadikan usaha sampingan di kala senggang.

Sedangkan untuk mahasiswa, di jamin akan memiliki peluang yang lebih besar jika mau menekuninya, karena sebagian besar pelaku usaha ini masih berusia muda.

24. Jasa penulisan artikel

Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas, agar bisa menarik pengunjung dalam jumlah yang banyak seorang pemilik situs atau perusahaan selalu membutuhkan artikel. Namun banyak di antara mereka yang tidak bisa membuat artikel bagus dan menarik.

peluang usaha rumahan - penulisan artikel

Dari sinilah kemudian muncul sebuah peluang usaha yang baru lagi yaitu jasa penulisan dan pembuatan artikel di mana setiap artikel memiliki harga yang berbeda-beda tergantung jumlah kata yang di inginkan.

Jika artikel yang di buat dalam bahasa asing, pasti harganya lebih mahal dan bisa mencapai jutaan rupiah untuk setiap 1 artikelnya.

Demikianlah ulasan sederhana tentang beberapa macam peluang usaha rumahan yang dapat di lakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Kunci utama keberhasilan dari usaha-usaha tersebut adalah ketekunan, kerja keras dan selalu fokus atas bidang usaha yang di jalankan.

Suatu peluang usaha rumahan bisa menjelma menjadi sebuah ladang bisnis yang sangat besar apabila pelaku usaha tersebut mempunyai karakter tahan banting dan tidak mudah menyerah. Jadi jangan cepat berputus asa ketika menghadapi masalah atau cobaan. Selamat berbisnis.