Indonetwork.co.id (Jakarta) – Kesuksesan tak mengenal waktu, itulah yang dirasakan pria satu ini dalam merintis usahanya. Teknologi internet yang terus berkembang menggiringnya menerapkan cara kerja bersistem online.

Menurut cerita, dirinya mulai menggeluti bisnis brankas sebagai Authorized Dealer Chubbsafes dan Secure Line untuk wilayah Jakarta sudah dilakukannya sejak tahun 2003 hingga kini.

Djoni Tjandra, membesarkan PT Karindo Mutiara Abadi, perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang office and banking equipment, khususnya Chubbsafes (brankas atau lemari besi).

Baca juga: Media Sosial Bisa Jadi Pilihan Kembangkan Bisnis Bersistem Online

Lewat penuturannya, untuk bisa beralih ke media online, tentunya butuh keuletan dan kesabaran khusus. Apalagi, harus mengerti betul seluk beluk karakteristik penggunanya, hingga pada suatu masa dirinya nyaman mengoperasikan sistem online marketing.

“Awalnya saya mempromosikan produk brankas Chubbsafes dan Secure Line lewat media cetak. Berkat seorang teman yang memperkenalkan Indonetwork, hingga kini saya memilih menggunakan media tersebut,” ungkap Djoni Tjandra.

“Ada kebanggaan ketika ada calon pembeli menghubungi saya, sewaktu ditanya, mereka mendapatkan informasi tersebut dari internet. Seingat saya, waktu itu masih jarang yang menerapkan promosi bersistem online, tidak seperti sekarang,” ujarnya.

Lebih lanjut ia bercerita, rasanya sudah 10 tahun lebih dirinya menjadi member Indonetwork. Selama kurun waktu itu, Djoni tidak hanya berkewajiban menjual tapi juga menjadi konsultan bagi calon pembelinya.

Perlu diketahui bahwa, selain harganya mahal, calon pembeli juga harus mengetahui pula letak dan kegunaannya. Seiring perekonomian yang membaik, menjamurnya perkantoran menjadikan produk ini mudah diterima dipasaran.

Herannya kata Djoni, meski harganya relatif mahal, konsumen tetap mempercayakan produk ini berada dalam kantor ataupun tempat usahanya untuk menyimpan barang berharga.

Tak Pernah Putus Asa
Lebih lanjut Djoni bercerita, ia sempat menyewa tempat untuk show room dan gudang. Selang tiga tahun kedepan, show room itu tidak membuahkan hasil yang maksimal. Pada suatu ketika, ia memutuskan untuk berkantor di rumah sampai dengan hari ini.

Belajar dari pengalaman itu, Djoni menggeluti bisnisnya itu dengan cara kerja bersistem online. Menanamkan sikap optimis juga keyakinan, Djoni fokus membesarkan usahanya itu dengan cara menyelami dunia internet.

“Pada dasarnya, saya termasuk penyuka gadget sejak dulu, hobi mengoprek perangkat elektronik seperti komputer dan handphone. Kesukaan itu membawa saya menggeluti bisnis online,” tutur pria kelahiran Jakarta, 4 Maret 1955.

“Hanya saja, akhir-akhir ini saya lebih fokus pada pengembangan jaringan second line. Saya lebih banyak dibantu oleh jaringan bisnis yang sudah terbentuk. Dari pada saya harus memasarkan produk ini sendiri, lebih baik bagi-bagi rezeki ke pihak lain untuk membantu penjualan,” imbuhnya.

Menurut Djoni, bisnis yang baik itu, sebisa mungkin harus bisa menggandeng pihak lain untuk dapat saling bersinergi mencapai kesuksesan bersama. Dengan begitu, mereka bisa sama-sama sukses sebagai pemasar.

“Buat saya, beli dimana pun tidak masalah, artinya mereka bebas membeli produk Chubbsafes ditempat lain. Toh pada akhirnya, mereka harus bertanya ke saya untuk mengetahui stock barang tersebut,” kupasnya.

Dalam memasarkan brankas, Djoni tak pernah ambil pusing, meski tidak disemua kota ada perwakilan yang menjual Chubbsafes. “Meski begitu, saya bisa menjual brankas ini hingga ke berbagai pelosok kota di Indonesia,” tegasnya.

Keberhasilan tersebut jadi kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri baginya. “Bayangkan, ketika Anda membeli brankas ini, 10 tahun kedepan kotak penyimpan ini tidak akan rusak,” ucap Djoni menjelaskan keistimewaan Chubbsafes.

Hasil kerja kerasnya selama ini pun membuahkan hasil, dirinya berulang kali mendapatkan penghargaan. “Terakhir, kami sukses meraih gelar The Best Achievement pada tahun 2016,” ungkapnya bangga.

Dedy Mulyadi