Indonetwork, Makanan – Menurut para ahli medis, makanan pedas tidak hanya memuaskan selera Anda, tetapi juga mempercepat metabolisme dengan meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung. Makanan pedas kaya akan zat kimia yang disebut Capsaicin, selain itu rasa pedas yang dihasilkan makanan juga berasal dari rempah-rempah yang mengandung banyak manfaat. Salah satu rempah-rempah yang mengandung banyak manfaat di Indonesia adalah biji ketumbar yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, dan lain-lain. Untuk menggali lebih banyak informasi tentang negara-negara pengguna rempah-rempah terbanyak lainnya silahkan simak rangkuman di bawah ini.

Negara-negara dengan Makanan Pedas Kaya Rempah-rempah

Distributor Rempah-rempah
Sumber: TripAdvisor

1. Thailand

Thailand sebagai tujuan wisata populer memiliki sejumlah besar kedai makanan jalanan yang menawarkan hidangan tumis dan sup terpedas. Di sini, sebagian besar makanan menggunakan bumbu dan rempah-rempah aromatik yang membuat makanan di sini populer di seluruh dunia. Jika Anda menyukai makanan berbumbu, cobalah ikan atau daging dalam kuah kari merah kental yang banyak mengandung cabai merah lokal.

2. Meksiko

Makanan Meksiko tidak lengkap tanpa cabai. Dengan cabai buatan sendiri seperti Jalapeno, Poblano, Serrano, Habanero dan Ancho, tempat ini menawarkan banyak makanan pedas yang patut dicoba. Jika Anda seorang penggemar makanan pedas cobalah Pozole.

3. Korea

Untuk makanan pedas, Korea menawarkan ‘Buldak’ yang berarti ‘Ayam Api’. Menurut pakar makanan, hidangan ini hadir dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menanyakan tingkat kepedasannya.

Baca Juga: 8 MANFAAT BIJI KETUMBAR BAGI WANITA

4. Jamaika

Jika Anda mengunjungi Jamaika, coba Jamaika Jerk Chicken, yang dibuat dengan bumbu pedas. Negara ini menawarkan hidangan terpedas dari olahan daging kambing. Hidangan ini menggunakan Scotch Bonnet Pepper, yang memberikan rasa gurih yang unik pada makanan.

5. India

Rasa masakan  India terletak pada rempah-rempah seperti cabai, bawang putih, kapulaga, merica, dan biji ketumbar. Dari Utara ke Selatan dan Timur ke Barat, semua masakan daerah menggunakan cabai merah dan hijau untuk meningkatkan cita rasa masakan.

6. Cina

Jika Anda ingin mencicipi rempah-rempah asli China, kunjungi bagian barat daya dan cobalah cabai kering dan merica Sichuan. Bahan bahan tersebut memberikan semangat yang akan membuat pecinta rempah-rempah garis keras akan senang.

7. Kolumbia

Negara ini memiliki beberapa masakan terpedas di dunia. Biji Ketumbar, peterseli, dan daun bawang adalah rempah-rempah paling populer di negara ini. Orang Kolombia lebih menyukai makanan segar dan oleh karena itu mengkonsumsi produk yang dipanen langsung dari pertanian tanpa melalui proses apapun. Juga umum bagi penduduk asli untuk menaburkan bubuk cabai pada buah-buahan terutama nanas dan mangga bersama dengan air jeruk nipis.

Baca Juga: MUDAH! INI CARA MENANAM BIJI KETUMBAR BERKUALITAS DI RUMAH

8. Sri Lanka

Masakan negara ini memiliki ledakan rasa yang luar biasa. Sebagai negara yang beriklim tropis, kelapa dan ikan menjadi dua komponen masakan Sri Lanka yang paling berpengaruh. Ikan dimasak menjadi kari dan kelapa dimasak dalam beberapa jenis masakan. Keduanya merupakan bahan yang dominan dalam makanan khas Sri Lanka. Salah satu yang paling favorit adalah Kottu yang terbuat dari roti flatbread, sayuran segar, rempah-rempah aromatik, dan daging yang nikmat.

9. Laos

Jika Toppers ingin mengenal lebih dekat kebudayaan Laos, salah satu caranya adalah dengan mencicipi cita rasa dari ragam kuliner khas di Laos. Dengan bahan, bumbu, serta proses memasak yang dipengaruhi kebudayaan lokal. Salah satu makanan yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke laos adalah Larb. Berbahan utama daging cincang yang dibumbui kecap ikan, perasan jeruk nipis, bumbu kaldu ikan yang difermentasi khas Laos, beras tumbuk serta rempah-rempah lainnya sebelum kemudian ditumis, Larb adalah salah satu makanan khas Laos yang cukup populer dan mudah ditemukan.

10. Indonesia

Masakan Indonesia terkenal dengan rasanya yang kaya. Salah satu faktor penyebabnya yakni karena masakan Indonesia dibuat dengan rempah-rempah yang kaya pula. Bentuk bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam masakan Indonesia juga cukup beragam. Ada yang berbentuk biji, daun, batang, maupun akar. Dalam keluarga rempah biji, terdapat biji ketumbar yang bentuknya sekilas mirip dengan merica. Hanya saja ukuran ketumbar agak lebih kecil dan kasar kulitnya.  Ketumbar atau coriander biasa digunakan untuk membumbui gorengan dan ungkepan. Dengan menggunakan ketumbar, masakan akan terasa lebih gurih dan harum aromanya.  Selain dimanfaatkan bijinya, daun biji ketumbar juga dapat digunakan untuk menyedapkan masakan dan menambah aromanya.

Manfaat Mengkonsumsi Rempah-rempah

Biji Ketumbar Murah
Sumber: Food.detik.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional Harvard dan China mengungkapkan bahwa mengonsumsi rempah-rempah setidaknya sekali sehari menurunkan angka kematian hingga 14%. Rempah-rempah seperti kunyit, kayu manis, jinten, dan cabai juga mempercepat metabolisme. Beberapa rempah-rempah seperti kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengobati kondisi seperti mual, radang sendi, sakit kepala, dan gangguan autoimun. Sedangkan Capsaicin, zat aktif, yang ditemukan dalam cabai memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sementara jinten dan kunyit memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang membantu melawan bakteri berbahaya.

Distributor Biji Ketumbar dan Rempah-rempah Lainnya

PT. Sumber Roso Agromakmur (SRA GROUP) adalah importir cabe kering, distributor rempah-rempah termasuk biji ketumbar, dan biji-bijian. Perusahaan ini beroperasi di berbagai lokasi di Indonesia seperti Sumatera Utara, Jakarta, Jawa Timur dan jawa tengah, hingga kawasan Asia Tenggara.

Author

Enable Notifications OK No thanks