Indonetwork, MakananRempah khas Indonesia dengan nama latin Coriandrum Sativum adalah salah satu tanaman rempah populer yang lebih dikenal dengan ketumbar. Sebagai tanaman rempah, biji ketumbar memiliki aroma yang khas. Aroma khas ini mampu menambah cita rasa suatu masakan.  Selain digunakan sebagai bumbu masak, rempah ini juga mampu digunakan sebagai obat herbal. Kandungan nutrisinya yang tinggi membuat rempah ini mampu membantu menangani sejumlah masalah kesehatan. Walaupun bentuknya kecil, bijinya menyimpan banyak khasiat.

Menurut data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, dalam 100 gram ketumbar kering terdapat protein, karbohidrat, serat, fosfor, riboflavin, beta-karoten, kalsium dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tanaman ini yang paling umum diketahui adalah meredakan masalah pencernaan. Masalah pencernaan bisa teratasi dikarenakan adanya kandungan serat di dalamnya. Selain bermanfaat bagi pencernaan, tanaman ini juga bermanfaat bagi wanita. Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita bisa diatasi dengan mengkonsumsi bijinya yang kecil-kecil.

Baca Juga: Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya

Manfaat Biji Ketumbar Bagi Wanita

1. Memperlancar Siklus Menstruasi

Tingginya kandungan kalsium dalam biji ketumbar mampu memperlancar siklus menstruasi. Selain memperlancar siklus menstruasi, tanaman ini juga membantu mengurangi nyeri haid. Kandungan fosfor di dalam tanaman ini mampu menjaga keseimbangan hormon dalam organ reproduksi sehingga mampu mencegah terjadinya gejala PMS (premenstrual syndrome).

Manfaat Biji Ketumbar
Sumber: Hellosehat.com

2. Mengatasi Keputihan

Biji ketumbar juga diketahui mampu mengatasi masalah kesehatan organ kewanitaan lainnya seperti keputihan. Keputihan dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang ada di daerah organ kewanitaan. Dengan mengkonsumsi air rebusan ketumbar mampu menyeimbangkan jumlah hormon yang ada di organ kewanitaan. Secara umum, ketumbar memiliki efek yang baik untuk mengatasi atau mengurangi masalah kesehatan pada organ kewanitaan.

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan
Sumber: dktindonesia.org

3. Mencegah Penuaan Dini

Biji ketumbar mampu mencegah penuaan dini dikarenakan kandungan protein yang ada didalamnya. Selain protein, kandungan di dalam rerempahan ini berperan penting dalam produksi kolagen dan elastin yang membantu meremajakan kulit wajah. Tanaman ini juga mampu membantu mengurangi bekas jerawat sehingga membuat wajah lebih cerah. Selain membantu perawatan kulit wajah, kandungan kalsium di dalam bijinya juga dapat mencegah kulit pecah-pecah pada kaki dan tangan.  Manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan dengan menjadikan ketumbar sebagai masker bagi kulit.

Biji Ketumbar
Sumber: Tribunnews.com

4. Mencegah Kanker Payudara

Biji ketumbar kering memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi. Beta-karoten berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Manfaat secara umum adalah menjaga tubuh tetap sehat. Secara khusus, beta-karoten berperan dalam pencegahan dan memperlambat pembentukan sel kanker. Salah satu jenis kanker yang rawan mengintai wanita adalah kanker payudara. Dengan mengkonsumsi tanaman ini secara rutin disertai dengan gaya hidup yang sehat mampu mencegah pembentukan sel kanker. Untuk mengkonsumsinya bisa dilakukan dengan cara merebus ketumbar lalu air rebusan tersebut diminum selagi hangat (agar terjaga kesegaran / higienitasnya).

Jual Ketumbar Pencegah Kanker
Sumber: Kompas.com

5. Menurunkan Berat Badan

Biji ketumbar bisa dijadikan sebagai bagian dari menu diet Anda. Kandungan nutrisi di dalam tanaman ini mampu menurunkan nafsu makan sehingga membantu Anda yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan. Rempah jenis ini juga bisa menjauhkan Anda dari resiko obesitas atau kegemukan. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dengan cara merebus atau menjadikannya sebagai bumbu di dalam masakan kesukaan Anda.

Jual Biji Ketumbar
Sumber: Kompas.com

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Biji Ketumbar juga memiliki khasiat bagi pertumbuhan rambut. Kandungan riboflavin dalam rempah ini mampu membantu pertumbuhan sel rambut dan mencegah terjadinya kerontokan. Untuk mendapatkan rambut yang tebal dan sehat, Anda bisa menjadikan rempah jenis ini sebagai masker kulit kepala.  Caranya cukup tumbuk rempah ini hingga halus, lalu campurkan dengan air. Peras dan saring airnya untuk dijadikan sebagai shampoo lalu bilas hingga bersih.

Jual Ketumbar Murah
Sumber: Alodokter.com

7. Mengurangi Bau Mulut

Seperti yang kita ketahui, biji ketumbar mempunyai aroma khas.  Aroma ini mampu digunakan untuk mengurangi bau mulut. Selain itu, kandungan antiseptik di dalamnya mampu membantu melawan bakteri jahat penyebab bau mulut. Rempah ini dapat digunakan sebagai pasta gigi atau obat kumur untuk mengurangi bau mulut.

Ketumbar Penghilang Bau Mulut
Sumber: Alodokter.com

8. Menjaga Kesehatan Mata

Biji ketumbar memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi mata, mulai dari mencegah menurunnya penglihatan sampai mencegah penyakit katarak. Rempah-rempah ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A diperlukan untuk merawat kornea dan suplemen bagi mata. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, kesehatan mata dapat terjaga. Biji ketumbar juga bisa digunakan sebagai masker bagi  mata atau dikonsumsi dengan meminum air rebusannya.

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan
Sumber: Alodokter.com

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Ketumbar Di Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Rekomendasi Supplier Biji Ketumbar

Itulah beberapa manfaat biji ketumbar bagi wanita. Kandungan gizinya yang tinggi juga mampu mengurangi terjadinya resiko penyakit lainnya seperti penyakit beri-beri, diabetes, katarak, dan batu ginjal, serta membantu proses penyembuhan luka. Dengan mengkonsumsinya dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, Anda bisa mendapatkan manfaat baik dari rerempahan ini. Sebelum mengkonsumsinya, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi untuk mendapatkan takaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda membutuhkan tanaman ini dalam jumlah banyak, Anda bisa menghubungi PT Sumber Roso Agromakmur. Sumber Roso Agromakmur menyediakan biji ketumbar berkualitas tinggi karena proses pengeringannya yang terjamin. Anda bisa melakukan pembelian dengan pilihan produk lokal dan import secara grosir atau eceran melalui website resmi perusahaan tersebut.

Author

Enable Notifications OK No thanks