Indonetwork, Bahan Bangunan – Jika Anda mencari jenis bangunan yang paling hemat biaya, maka penting untuk mempertimbangkan potensi penghematan jangka panjang juga investasi awal Anda pada konstruksi baja yang akan dipilih.  Oleh karenanya, simaklah ulasan berikut ini mengenai apa saja yang perlu Anda ketahui tentang konstruksi baja gedung.

Sekilas tentang Konstruksi Baja Gedung

Konstruksi baja adalah konstruksi logam yang terbuat dari baja struktural yang komponennya saling terhubung untuk memikul beban dan memberikan kekakuan penuh. Karena mutu baja yang tinggi, konstruksi ini dapat diandalkan dan membutuhkan lebih sedikit bahan baku dibandingkan jenis konstruksi lain seperti beton dan kayu.

Dilihat dari struktur dan tipe bangunannya, sektor industri merupakan salah satu pengguna bangunan baja. Hal ini didasari atas kebutuhan ruang bebas yang maksimum dalam setiap kegiatan industri. Untuk itu, penggunaan bentang panjang antar kolom tidak dapat dihindari. Melihat kondisi tersebut, sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan bangunan beton bertulang. Mengapa demikian? Jika tetap menggunakan bangunan beton bertulang, maka akan membutuhkan dimensi yang sangat besar dengan kemungkinan lendutan yang besar dan melebihi batas aman.

Baca Juga: KELEBIHAN MENGGUNAKAN RANGKA KONSTRUKSI BAJA PADA BANGUNAN

Dengan alasan di atas, dalam konstruksi modern, konstruksi baja digunakan untuk hampir semua jenis bangunan seperti industri berat, bangunan tinggi, infrastruktur, jembatan, menara, terminal bandara, pabrik industri berat, rak pipa, dll. Konstruksi dibuat dengan bentuk dan komposisi kimia tertentu agar sesuai dengan spesifikasi proyek yang berlaku. Tergantung pada spesifikasi masing-masing proyek yang berlaku, bagian baja mungkin memiliki berbagai bentuk, ukuran dan pengukur yang dibuat dengan rolling panas atau dingin, atau dengan mengelas bersama pelat datar atau bengkok. Bentuk umum termasuk I-beam, HSS, Channels, Angles and Plate.

Desain Konstruksi Baja Gedung

1. Portal Frame

Pengertian

Konstruksi yang populer pada 1960-an ini adalah sistem struktur portal kaku yang berbentuk segitiga pelana pada satu bidang tunggal. Adapun elemen-elemen struktur yang mendukung beban kerja di antaranya adalah rafter, kolom, base-plate, stiffener, dan haunch.

Baca Juga: KENALI JENIS JENIS BAJA DAN KOSNTRUKSI NYA

Dalam desain struktur bangunan, seringkali komponen haunch tidak melalui perhitungan yang detail, namun hanya sebagai komponen tambahan yang mendukung kekakuan lentur struktur segitiga pelana. Idealisasi dan asumsi struktur portal frame adalah bahwa setiap elemen vertikal dan horizontal yang menerima beban mampu untuk menerima gaya internal secara penuh baik itu momen, geser, dan aksial.

Aplikasi

Konstruksi ini memiliki beberapa keunggulan yaitu cepat dan mudah dibuat, hemat biaya, dapat digunakan untuk berbagai tujuan, dan minim perawatan. Portal frame sekarang biasa digunakan untuk membuat penutup bentang lebar seperti; gudang, bangunan pertanian, hanggar, tempat hiburan dan olahraga, pabrik, unit ritel besar, dan lain sebagainya, di mana diperlukan ruang kosong tanpa gangguan kolom perantara.

Konstruksi Baja Gudang
Sumber: Thorndell.com

2. Portal Truss

Pengertian

Menurut istilah dalam konstruksi bangunan, truss ini merupakan struktur yang terdiri dari kumpulan cabang atau batang yang membentuk sebuah struktur solid berbentuk segitiga dan terhubung satu dengan lainnya serta menyangga beban pada sendi-sendinya. Portal Truss adalah sistem struktur portal yang bagian struktur horizontalnya merupakan susunan rangka batang pada satu bidang tunggal. Susunan rangka batang harus mengakomodasi kekakuan dan kekuatan dalam sistem gaya tarik-tekan saja. Rangka batang akan menggunakan susunan konfigurasi segitiga yang secara mekanik dapat memberikan efek kekakuan dan kekangan (penahanan) yang tinggi. Dengan fenomena mekanik tersebut, dibandingkan dengan sistem portal frame, maka Portal Truss dapat mengurangi efek lendutan pada bentang panjang.

Aplikasi

Secara arsitektural, konstruksi ini lebih terkesan modern. Bentuk segitiganya yang stabil kuat menahan beban yang cukup besar. Desain ini juga kokoh menahan gaya yang sejajar bidang namun lemah terhadap gaya yang tegak lurus bidang.Dengan sifat yang dimiliki tersebut, truss ini banyak digunakan atau dijumpai sebagai rangka untuk pembangunan jembatan, atap rumah, menara, dan sebagainya.

Kontraktor Konstruksi Baja Gedung
Sumber: Swantonweld.com

3. Space Truss

Pengertian

Space Truss adalah struktur kombinasi rangka yang membentuk segitiga yang secara global membentuk volume tiga dimensi. Dalam space truss, setiap elemen terdiri dari 6 (enam) rangka batang untuk membentuk satu kesatuan struktur yang kaku dan stabil. Konsep mekanika dari space truss secara umum sama dengan portal truss, namun space truss bekerja pada berbagai bidang dan tidak hanya pada satu bidang tunggal saja. Oleh karena itu, bentang yang ditawarkan oleh sistem space truss jauh lebih besar dibandingkan portal truss, apalagi jika dibandingkan dengan portal frame. 

Aplikasi

Desain konstruksi baja ini bersifat ringan, mudah ditransportasikan, murah, memiliki berbagai variasi bentuk seperti flat, dome, lengkung, free form, dan lain-lain. Dengan sifatnya tersebut, space truss dapat ditemui pada konstruksi baja gedung industri atau pabrik, gudang, kolam renang, gedung pameran, stadion, pusat perbelanjaan, bandara, dan masih banyak lagi.

Kontraktor Konstruksi Baja
Sumber: Hebconstructions.com

Rekomendasi Kontraktor Konstruksi Baja Gedung

Jika Anda mencari kontraktor konstruksi baja gedung dengan harga bersaing dan kualitas terbaik Anda dapat cek Beta Construction Surabaya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pengelasan yang mencakup berbagai pekerjaan seperti pembuatan kuda-kuda WF, pagar, teralis, kanopi, railing tangga, balkon, tangga putar, pintu harmonika, rolling door, dan lain-lain.

Anda dapat menyerahkan pengerjaan besi untuk bangunan Anda pada perusahaan tersebut. Tim Beta Construction bersedia datang ke tempat Anda untuk mendiskusikan desain yang anda inginkan. Anda dapat memilih produk dari ratusan ‘items’ yang tersedia pada katalog atau mendesain sendiri model unik khusus untuk Anda.


Author

%d bloggers like this: