Sertifikasi adalah proses penyerahan sertifikat yang dilakukan oleh suatu lembaga atau instansi kepada seseorang yang telah profesional dalam sebuah bidang. Sertifikasi ini dilakukan untuk memberikan pernyataan bahwa mereka memiliki kelayakan atau sudah memenuhi proses evaluasi standar untuk menjadi seorang profesional.

Pensertifikatan ini biasanya dilakukan oleh pemerintah atau otoritas independent atau badan pengaturan standar yang diakui secara nasional maupun internasional seperti ISO (International Organization for Standardization) untuk sertifikasi internasional dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk sertifikasi profesi nasional.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai perbedaan tugas HRD sesuai dengan sertifikasi HRD BNSP dengan tingkat staff, supervisor, dan manajer. Semakin tinggi tingkat sertifikasi yang diambil, maka kompetensi dan tugas yang dilakukan juga akan lebih kompleks.

Tingkat Sertifikasi HRD BNSP

Pelatihan sertifikasi HRD BNSP yang direkomendasikan untuk pegawai berprofesi di bidang Manajemen SDM adalah dengan pembagian beberapa tingkatan sebagai berikut.

Sertifikasi HRD BNSP Tingkat Staff

Sertifikasi
Sumber: Pexels

Sertifikasi HRD tingkat staff dilakukan dengan Skema Pemilihan Staf Kompensasi dan Benefit (SKT), Penggajian (Payroll Officer), Administrasi Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Manusia / Human Resource Officer, Perencanaan Sumber Daya Manusia, Rekrutmen dan Seleksi, dan Manajemen Talenta.

Dilansir dari formasibisnis.com, pelatihan pada tingkat ini diperuntukkan bagi para staf departemen atau divisi SDM yang menangani data-data yang bersifat manajemen dan pengembangan SDM, seperti data mengenai kompetensi, KPI (Key Performance Indicator), pelatihan dan pengembangan seperti coaching, counselling, dan mentoring, serta individual career planning, dan lain sebagainya.

Staf-staf yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan beberapa kompetensi, diantaranya seperti melakukan pengelolaan administrasi pekerja, melaksanakan pencarian sumber calon pekerja (rekrutmen), menyeleksi dokumen lamaran calon pekerja, dan melakukan administrasi pengupahan.

Baca juga: Butuh Jasa Konsultan HRD? Temukan Jawabannya di sini!

Sertifikasi HRD BNSP Tingkat Supervisor

Tingkat supervisor, memberikan beberapa pilihan skema sebagai berikut.

  1. Supervisor HR
  2. Supervisor Pengadaan
  3. Penyeleksian dan Penempatan Sumber Daya Manusia
  4. Supervisor Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
  5. Supervisor Hubungan Industrial atau Industrial Relations Supervisor
  6. Career dan Performance Management Supervisor
  7. Supervisor Manajemen Talenta
  8. Talent Management Supervisor.

HRD tingkat Supervisor berperan dalam mengelola aktivitas kepersonaliaan dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, HRD dalam tingkat ini harus memiliki beberapa kompetensi untuk dapat mengelola kegiatan personalia termasuk pengupahan dan rekrutmen dengan baik. Dalam pelatihan ini, peserta akan dibekali dengan pengetahuan mengenai bagaimana menjadi seorang HRD Supervisor yang kompeten. Pelatihan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan efektifitas kepersonaliaan suatu perusahaan.

Dalam pelatihan tingkat ini, pihak-pihak yang terlibat akan mendapatkan beberapa kompetensi di dalamnya. Seperti melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengembangan, menyusun prosedur operasi standar pengelolaan kinerja, menyusun prosedur operasi standar remunerasi di tingkat organisasi, melaksanakan pemenuhan hak-hak normatif pekerja, melaksanakan proses seleksi calon pekerja, melakukan penilaian hasil seleksi, melakukan penawaran kerja terhadap calon pekerja, melakukan penempatan pekerja, mengidentifikasi kebutuhan kompetensi melalui rekam jejak perkembangan pekerja, menyusun anggaran program pembelajaran dan pengembangan, melakukan evaluasi pelaksanaan keseluruhan program pembelajaran dan pengembangan, mengelola proses pemantauan terhadap pencapaian kinerja pekerja, dan melaksanakan tindakan disiplin pekerja di tingkat organisasi.

Baca juga: Bercita-cita Menjadi HRD? Kulik Profesinya di sini!

Sertifikasi HRD BNSP Tingkat Manajer

Sertifikasi
Sumber: Pexels

Sertifikasi HRD pada tingkat manajer, memberikan pilihan skema diantaranya sebagai berikut.

  1. Manajer Administrasi dan Personalia
  2. Manajer Pengembangan Sumber Daya Manusia
  3. Manajer Human Capital
  4. Manajer Sumber Daya Manusia

Pelatihan sertifikasi HRD BNSP yang dimaksud pada tingkat ini merupakan manajer tingkat menengah dalam manajemen dan pengembangan SDM. Terdapat juga ketentuan jumlah unit kompetensi yakni 5 kompetensi inti dan 15 kompetensi pilihan dari berbagai area manajemen dan pengembangan SDM.

5 kompetensi inti tersebut adalah merumuskan kebijakan organisasi yang selaras dengan strategi pengelolaan SDM, merancang program pembelajaran dan pengembangan, mengembangkan manajemen suksesi di organisasi, Menyusun kebijakan manajemen kinerja, dan mengembangkan peranan pemangku jabatan lini dalam menjalankan fungsi manajemen SDM.

Adapun 15 kompetensi pilihan lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Menetapkan kebutuhan akan pekerja
  2. Menyusun intervensi interpersonal
  3. Menyusun intervensi teknologi
  4. Menyusun intervensi structural
  5. Merancang program pembelajaran dan pengembangan mandiri
  6. Menyusun prosedur operasi standard penerapan manajemen talenta
  7. Menentukan pekerja bertalenta
  8. Membuat sistem dan prosedur pengelolaan karir
  9. Mengelola proses perumusan indikator kinerja
  10. Mengelola proses umpan balik kinerja
  11. Melakukan survey kepuasan dan keterlekatan pekerja di tingkat organisasi
  12. Melakukan survey kepuasan dan keterlekatan pekerja di tingkat organisasi
  13. Membangun komunikasi yang harmonis dengan pekerja di tingkat organisasi
  14. Membangun desain hubungan industrial yang baik
  15. Melakukan analisis kebutuhan sistem informasi pekerja

Baca juga:  Mengulik Profesi Legal Officer dalam Suatu Perusahaan

Sertifikasi HRD BNSP

Bagi Anda yang sedang membutuhkan sertifikasi HRD BNSP, Anda bisa mendapatkannya di AR Generasi Unggul.

AR Generasi Unggul merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Jasa Training dan Workshop Terapan, Sertifikasi Kompetensi BNSP, Konsultan Pengembangan Sistem SDM, dan lain sebagainya. Mereka menyediakan sertifikasi HRD BNSP dengan tenaga kerja profesional dan berpengalaman. AR Generasi Unggul akan memberikan pelayanan terbaik mereka untuk membantu Anda dengan sebaik-baiknya. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi AR Generasi Unggul melalui Whatsapp/Call/email. Selain itu, Anda juga dapat melakukan permintaan in house training dengan menghubungi kontak yang tertera. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website AR Generasi Unggul dan buat permintaanmu hari ini!

Author

Enable Notifications OK No thanks