Indonetwork, Otomotif – Truk merupakan jenis kendaraan niaga yang paling sering digunakan untuk mendistribusikan barang dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Beban muatan serta jarak tempuh yang dilakukan oleh truk terkadang membuat kesehatan ban lupa diperhatikan oleh pengendara, padahal ban merupakan elemen utama yang harus diperhatikan secara intensif. Ketika ban truk bermasalah, proses service-nya sendiri harus dilakukan dengan bengkel yang memiliki mesin pembuka ban truk khusus.

Setiap kendaraan pasti memiliki ban atau roda yang berfungsi untuk menggerakkan alat transportasi supaya fleksibel bergerak maju ataupun mundur. Selain itu ban truk memiliki diameter dan jenis karet yang berbeda daripada ban kendaraan lainnya mengingat muatan yang ditumpangi cukup berat. Berikut informasi dibawah ini menjelaskan cara merawat ban truk supaya tahan lama dan mengurangi kerusakan yang cukup parah.

Baca juga: TIPS SEMIR BAN YANG AMAN DAN KINCLONG

Jenis Ban Truk

Ban truk biasanya dibuat lebih kuat dan tebal karena memiliki kemampuan untuk memikul beban berat. Pemilihan ban yang tepat juga berdampak pada performa dan konsumsi bahan bakar kendaraan. Secara umum, ban kendaraan terbagi dalam dua jenis, yakni ban bias dan ban radial, berikut dibawah ini perbedaan dari keduanya.

1. Ban Bias

Karakteristik dari jenis ban ini yaitu memiliki susunan benang yang ditenun secara menyilang atau diagonal, jalinan benang pada ban ini hanya terdapat pada permukaan ban dan tidak sampai sisi samping ban.

Jika Anda amati ciri ban bias memiliki konstruksi karet ban dengan daya tahan karet yang sangat kuat dan tebal dengan pola alurnya juga lebih besar dan tampak jela supaya menambah traksi saat kendaraan melewati jalan berlumpur.

2. Ban Radial

Jenis ini didesain dengan susunan carcass cord yang melintang ke kiri dan kanan hingga mencapai dinding ban. Umumnya jenis ban radial yang beredar di Indonesia pada sisi samping akan terlihat rapi dan tidak terdapat pattern samping.

Lalu ciri ban radial ditandai dengan kartet yang lentur, lembut dengan tapak ban tidak begitu tebal. Apabila dilihat dari sisi samping ban pada dindingnya halus, rapi dan tidak memiliki alur.

Jenis Ban Truk
Sumber: Istockphoto

Biasanya pemilihan ban dikondisikan dengan medan jalan yang sering dilewati karena hal ini berdampak pada keselamatan pengemudi dan faktor yang mempercepat kerusakan pada ban. Bagi kendaraan bus atau truk yang dominan bergerak di daerah perkotaan yang memiliki jalan beraspal akan direkomendasikan jeni ban radial karena dapat menahan panas dengan cengkraman pada permukaan jalan yang cukup baik sedangkan penggunaan ban bias yang lebih murah sebaiknya digunakan untuk jalan yang tidak rata dan bergelombang.

Tips Merawat Ban Truk

Pada umumnya cukup banyak faktor yang mempengaruhi ban truk atau kendaraan lain cepat aus dan rusak, seperti tekanan ban yang kurang baik, kendaraan yang dibawa terlalu cepat sehingga gesekan pada permukaan membuatnya panas, beban kendaran yang tidak sesuai hingga penggunaan jenis ban truk yang tidak tepat sasaran.

Namun tidak perlu khawatir untuk mencegah ban dari kerusak yang cukup parah, berikut tips yang dapat Anda ikuti yaitu:

1. Selalu Menjaga Tekanan Ban

Tindakan utama yang bisa Anda antisipas yaitu menjaga tekanan ban. Anda perlu memperhatikan tekanan angin yang ada di dalam ban tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, biasanya tekanan angin yang rendah cenderung membuat konsumsi bahan bakar jadi meningkat karena rotasi ban akan melambat. Sehingga pemeriksaan sebaiknya dilakukan setiap bulan secara berkala disarankan sebelum melakukan muatan.

2. Memperhatikan Tapak Ban

Selanjutnya Anda harus memperhatikan kualitas tapak ban truk karena tapak ban berguna untuk mencegah slip pada truk Anda ketika melewati jalanan licin, jangan lupa untuk mengganti produk jika memang sudah tampak aus. Kendaraan jenis truk dengan muatan besar akan lebih mudah habis ketika sering berjalan di permukaan yang licin seperti jalan tol karena tindakan yang sering mengerem dan menahan beban berat.

3. Melakukan Rotasi Pada Ban

Tekanan angin yang berbeda kerap membuat ban tersebut menjadi mudah aus, supaya ban bisa mencapai usia yang maksimal atau tahan lama, sebaiknya lakukan rotasi pada ban truk. Cara yang umum dilakukan untuk merotasi ban yaitu rotasi silang dan rotasi lurus. Dengan melakukan cara ini, masing-masing ban ini akan mendapatkan tekanan yang jauh lebih seimbang

4. Lakukan Perbaikan dan Pergantian Jika Diperlukan

Umumnya jika Anda tidak mengerti mengenai kondisi ban, sebaiknya bawa kendaraan pada bengkel terpercaya yang menyediakan mesin pembuka ban truk sebagai langkah yang tepat. Hal ini bisa Anda lakukan untuk memastikan kondisi ban apakah masih layak digunakan, rusak ataupun lainnya. Begitu halnya jika ban sudah harus diganti maka gantilah dengan yang baru untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Jangan biarkan kerusakan pada ban truk secara berlarut-larut, tangani sesegera mungkin untuk menjaga keselamatan.

Tips Merawat Ban Truk
Sumber: Istockphoto

Baca juga: 6 TIPS SEBELUM MELAKUKAN RENTAL MOBIL DI JAKARTA

Sebenarnya banyak cara dan bahan pertimbangan yang harus diperhatikan dalam perawatan ban, salah satunya masa berlaku ban. Jika memang ban masih terlihat bagus namun sudah melewati batas pergantian tentunya ini wajib dilakukan, karena akan lebih baik mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Penyedia Mesin Pembuka Ban Truk

Saat ini teknologi yang semakin canggih membuat para pelaku bisnis bengkel membutuhkan mesin pembuka ban truk untuk memudahkan pengerjaan yang dilakukan secara manual atau mencegah kerusakan pelek secara mendalam. Kepemilikan dari mesin ini memang tidak terdapat pada semua bengkel umum yang sering Anda lihat, akan tetapi produk akan sangat dibutuhkan pada penyedia jasa service truk atau mobil niaga lainnya.

Jika Anda memiliki bengkel otomotif khususnya untuk jenis kendaraan niaga atau bermuatan besar dan menginginkan produk mesin pembuka ban truk maka PT Yasindo Jaya Bersama dapat membantu menyediakan produk yang Anda butuhkan. Dengan harga yang cukup terjangkau produk mesin pembuka ban truk dari perusahaan ini akan unggul dan diminati banyak pengguna.

Jadi tunggu apalagi, segera konsultasikan kebutuhan serta budget anggaran Anda pada perusahaan ini. Semoga informasi ini bisa menjadi perhatian para pelaku industri agar tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Author

Enable Notifications OK No thanks