Indonetwork, Makanan – Kacang hijau adalah tanaman kacang-kacangan jenis palawija yang sering dikembangkan seperti kacang kedelai dan kacang tanah. Jenis kacang ini banyak dibudidayakan karena kandungan manfaat serta pengolahan yang mudah. Anda sering menjumpai berbagai jenis makanan berbahan dasar atau dikombinasikan kacang ini dengan rasa yang nikmat.

Mulai dari olahan pada makanan, minuman, dan cemilan dapat Anda temui dengan bahan dasar kacang yang memiliki warna hijau dan berukuran kecil ini. Makanan dan minuman ini juga banyak dijual di pasaran dan Anda dengan mudah menemukan makanan berbahan atau sering kali dikombinasikan dengan kacang ini.

Tidak hanya itu, selain rasa yang nikmat pada olahan makanan, kacang yang menjadi bahan dasar pembuatan sayur tauge ini,  juga memiliki nutrisi memberikan manfaat bagi kesehatan.

Olahan Makanan Berbahan Kacang Hijau

Berikut ini adalah rangkuman informasi mengenai olahan makanan dengan bahan dasar kacang hijau yang dapat Anda temui.

1. Gandasturi

Gandasturi
Sumber: medan.tribunnews.com

Gandasturi adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar kacang hijau. Makanan ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Makanan ini sering dijadikan sebagai cemilan pendamping oleh banyak orang ketika menikmati teh atau kopi di sore hari.

Anda juga dapat membuat olahan gandasturi ini di rumah karena bahan-bahan dan proses yang mudah. Caranya adalah rebus kacang bersama daun pandan, air, dan vanili.

Kemudian adonan yang direbus ditambahkan gula dan santan, lalu diaduk hingga kalis dan dibentuk pipih. Terakhir, goreng gandasturi lalu sajikan selagi masih hangat sebagai cemilan pendamping. 

2. Onde-Onde Kacang Hijau

Onde-onde
Sumber: resep.us

Onde-onde adalah jajanan pasar khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Mojokerto. Makanan ini memiliki bentuk yang khas yaitu berbentuk bulat dengan taburan biji wijen yang renyah setelah digoreng. Onde-onde identiknya berisi kacang hijau, namun saat ini Anda dapat menemukan olahan onde-onde dengan  isian kacang merah, keju, coklat dan masih banyak lagi.

Untuk mencoba onde-onde tidaklah sulit, Anda dapat menemukan jajanan yang satu ini di pinggir jalan dengan mudah. Jajanan ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur lembut dan banyak disukai. Onde-onde juga dapat menjadi cemilan pendamping untuk menikmati teh atau kopi.

Baca juga: 5 MANFAAT MINUMAN SARI KACANG HIJAU UNTUK KESEHATAN TUBUH

3. Bubur Kacang Hijau

Makanan satu ini adalah makanan yang sering dinikmati ketika malam hari dengan udara yang dingin. Makanan yang disajikan dalam keadaan panas ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Bubur ini sering disajikan bersama ketan hitam dan diberikan santan untuk memberikan rasa gurih. 

Anda dapat membuat olahan bubur ini dengan mudah karena bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah didapatkan. Cukup rebus kacang hijau yang sudah direndam semalaman, lalu tambahkan air,gula, garam, jahe, dan santan sebagai topingnya.

4. Bakpia

Bakpia adalah makanan tradisional yang dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa manis. Makanan yang berbahan dasar tepung ini memiliki beragam jenis isian salah satu ciri khasnya adalah isi kacang hijau yang dihaluskan. Namun, saat ini Anda juga dapat menemukan Bakpia dengan berbagai isi seperti coklat, kacang merah, keju dan lain sebagainya. 

Bakpia terbuat dari beberapa bahan yang sangat mudah ditemukan seperti, tepung terigu, gula, garam, margarin, air, santan, daun pandan, vanili, minyak goreng dan kuning telur. Salah satu hal yang membuat rasa bakpia yang khas adalah dengan proses pengolahan dengan dipanggang. 

5. Peyek Kacang

peyek kacang hijau
Sumber: islampos.com

Rempeyek atau peyek adalah jenis olahan makanan ringan yang dijadikan sebagai pelengkap makanan. Salah satu makanan pendamping khas Indonesia dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, dengan resep olahan yang berbeda-beda. Anda mungkin sudah tidak asing dengan cemilan satu ini yang biasanya mudah ditemukan di rumah makan nusantara. 

Peyek kacang tanah, kacang hijau dan teri adalah jenis olahan cemilan yang sering ditemui. Rasanya yang renyah dan gurih, membuat peyek dijadikan sebagai makanan pendamping lauk nasi, seperti nasi pecel. Rasa daun jeruk yang berpadu dengan kacang menjadi ciri khas dan daya tarik bagi penikmat kuliner.

Manfaat Kacang Hijau

Setelah mengetahui berbagai jenis olahan, ada baiknya untuk mengetahui manfaat yang dimiliki kacang dengan nama ilmiah Vigna radiata ini bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat salah satu kacang-kacangan jenis palawija bagi kesehatan, seperti: 

  • Mencegah sembelit dan melancarkan BAB karena kandungan serat yang cukup banyak.
  • Mengurangi Anemia (kurang darah)
  • Mengontrol nafsu makan dan menahan lapar
  • Menurunkan resiko terkena penyakit jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol pada tubuh
  • Memperkuat tulang dengan kandungan kalsium yang dimiliki
  • Asupan bergizi untuk wanita hamil dan menyusui karena kandungan asam folat 
  • Menyehatkan mata dengan kandungan karotenoid yang dapat mencegah degenerasi makula pada mata.
  • Mencegah gizi buruk karena mengandung protein. Protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam produksi sel.
  • Meningkatkan imun tubuh karena kandungan antioksidan.

Baca juga: MANFAAT KACANG HIJAU UNTUK KECANTIKAN KULIT WANITA

Lima olahan tersebut merupakan jenis makanan yang mudah ditemui dan dapat dibuat sendiri di rumah karena bahan utama kacang hijau yang mudah didapatkan. Anda dapat menemukan kacang ini dengan mudah seperti di pasar dan supermarket dengan harga yang terjangkau.

Salah satu distributor kacang hijau yang memiliki kualitas baik dengan harga bersaing  dan tersebar di seluruh Indonesia adalah PT. Sumber Roso Agromakmur. Anda bisa menikmati olahan makanan yang nikmat dengan bahan dasar berkualitas dan tentunya sehat bagi tubuh.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks