Dompet kulit merupakan salah satu barang yang berharga bagi setiap orang, terutama orang-orang yang menggemari aksesoris berbahan kulit. Mereka pasti akan melakukan berbagai cara untuk menjaga agar barang kesayangan mereka dapat tetap terjaga dan awet.

Penting untuk diingat bahwa kulit adalah produk alami yang rentan terhadap kerusakan. Mempertahankan dompet kulit berkualitas tinggi selama bertahun-tahun adalah cara yang tidak mudah, terlebih jika sering digunakan.

Tips Merawat Dompet Kulit

Dompet Kulit
Sumber: Pexels

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga agar dompet kulit Anda tetap awet.

Jauhkan dari Panas Sinar Matahari Langsung

Salah satu cara sederhana untuk merawat dompet kulit Anda adalah dengan menjauhkannya dari panas sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari atau panas yang terlalu lama dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan keretakan.

Dompet yang berbahan kulit asli dirancang secara khusus dengan permukaan yang lembut serta lentur. Panas sinar matahari dapat membuat kulit kehilangan minyak alami yang bisa menyebabkannya menjadi kaku. Kekakuan dapat menyebabkan titik tekanan retak dan akhirnya merusak dompet kulit akibat sering dilipat dan membuka lipatan.

Selain itu, untuk menghindarkannya dari sinar matahari langsung, hindari menaruh dompet di dasbor kendaraan Anda dan menyelipkannya di bawh kursi atau konsol. Apabila Anda ingin menyimpan di rumah, simpanlah di dalam laci untuk menghindarkan dari suhu ruangan yang panas.

Jauhkan dari Kelembaban

Kelembaban juga dapat berdampak negatif pada dompet kulit. Oleh karena itu, jika dompet kulit Anda basah, segera bersihkan dan hilangkan air dari permukaannya.

Untuk membuatnya kering, Anda bisa menggunakan kain lembut atau membiarkannya kering secara alami. Tutup dompet Anda hanya ketika seluruhnya benar-benar kering untuk menjaga lipatannya. Jangan menggunakan pengering rambut, karena suhu pengering yang panas dapat menyebabkan retak dan susut.

Bersihkan Eksterior dengan Microfiber

Barang berbahan kulit, sensitif terhadap permukaan abrasif. Ketika Anda membersihkan atau mengeringkan bagian luar, gunakan handuk microfiber yang lembut untuk menghindari goresan. Jangan menggunakan kain pembersih kacamata untuk membersihkan permukaan dompet Anda, meskipun kain pembersih tidak pernah digunakan.

Baca juga: 5 Cara Merawat Lantai Vinyl agar Awet dan Tahan Lama

Jangan Membuat Dompet Anda Penuh

Jika dompet Anda terlalu penuh, hal ini dapat menyebabkan butiran kulit meregang dan menyebabkan keretakan serta kerusakan pada permukaannya.

Isi yang berlebihan juga dapat melengkungkan kulit, kehilangan tampilannya yang datar, serta bergaya. Cara untuk menghindarkan dompet Anda dari isi yang berlebihan adalah menghindari dari menyimpan kwitansi di dompet, bawalah uang tunai sesuai kebutuhan, dan luangkan waktu Anda untuk merapikan isinya setiap beberapa minggu.

Jangan Duduk di Dompet Anda

Menyimpan dompet di saku belakang, tidak masalah saat berjalan-jalan, tetapi Anda harus selalu mengeluarkannya ketika duduk. Tekanan berat badan Anda bisa membebani kulit, terutama saat penuh dengan kartu dan uang tunai. Duduk di dompet Anda juga memberi tekanan yang tidak semestinya pada jahitan.

Gunakan Kondisioner Kulit

Pembersihan secara rutin, juga dapat memperpanjang umur dompet kulit Anda. Untuk membersihkannya, Anda bisa mengaplikasikan kondisioner kulit sebagai perawatan dompet Anda. Carilah sesuatu yang dianggap aman untuk kulit dan bebas bahan kimia.

Baca juga: Kertas Anti Karat Solusi Cegah Korosi Jangka Tahunan

Langkah-Langkah Melakukan Pembersihan Pada Dompet Kulit

Dompet Kulit
Sumber: Pexels

Cara membersihkan dompet kulit bukan berarti membuatnya terlihat bersih mengkilap seperti baru, tetapi lebih kepada melindungi dan melembabkan kulit. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk membersihkan dompet kulit milik Anda.

Untuk membersihkannya, Anda membutuhkan peralatan-peralatan seperti 3-4 kain yang memiliki permukaan lembut dan bersih, pembersih khusus kulit, dan kondisioner kulit.

Bersihkan Dompet Bagian Dalam

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan bagian dalam dompet adalah mengeluarkan semua isi dalam dompet Anda dan kibaskan dompet untuk membuat kotoran-kotoran yang ada di dalam dompet keluar.
Anda juga dapat menggunakan sedotan untuk meniup serat, debu, dan kotoran yang tersembunyi di sudut dompet.

Bersihkan Dompet Bagian Luar

Untuk membersihkan permukaan dompet, Anda bisa menggunakan kain kering dan mengusapkannya untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Lap bagian luar dengan pembersih khusus untuk kulit. Oleskan pembersih menggunakan kain lembut dengan gerakan memutar. Kemudian bersihkan permukaan dengan kain yang agak lembab agar tidak menyumbat pori-pori.

Selanjutnya, oleskan kondisioner ke kain bersih dan gosok perlahan seluruh dompet dengan hati-hati.
Anda tidak perlu sering-sering melakukan pembersihan dan pengkondisian penuh pada dompet kulit Anda. Cukup luangkan waktu setiap beberapa bulan sekali untuk meningkatkan keindahan alami kulit.

Baca juga: Jenis Kartu PVC yang Biasa digunakan

Vendor Card Holder Kulit

Di Indonesia, bahan kulit sudah banyak digunakan dalam berbagai macam aksesoris pria dan wanita seperti tas, dompet, jam tangan, dan banyak aksesoris lainnya. Selain itu, produk berbahan kulit juga banyak digunakan untuk membuat card holder.

Card holder biasanya dibuat dari bahan kulit asli dengan berbagai motif dan model yang trendi. Dompet ini banyak digunakan untuk menyimpan kartu nama dan menghindarkan kartu-kartu tersebut dari kerusakan. Aksesoris ini sangat cocok untuk Anda yang biasanya sering melakukan aktivitas bertukar kartu nama untuk sebuah bisnis. Jadi, tunggu apalagi? Amankan segera kartu nama Anda dengan card holder kulit dari Garuda Souvenir Surabaya.


Author

%d bloggers like this: