Indonetwork, Peralatan Industri – Pompa hidrolik merupakan salah satu mesin industri penting yang harus dirawat dan dicek secara rutin serta terjadwal. Perawatan dan pengecekan tersebut berguna untuk menghindarkan pompa dari kerusakan secara mendadak.

Kerusakan pada suatu komponen dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada komponen lainnya. Wujud dari kerusakan tersebut seperti segel silinder yang bocor dapat menyebabkan oli panas berlebih dan mengalami kerusakan. Kerusakan ini juga dapat merambah pada silinder lain atau pompa.

Pompa Hidrolik

Pompa Hidrolik
Sumber: Pinterest

Pompa hidrolik adalah perangkat mekanis yang dapat mengubah tenaga mekanik menjadi energi hidrolik. Kemudian menghasilkan daya yang cukup untuk membuat tekanan yang disebabkan oleh beban, seperti alat untuk mengangkat barang-barang berat.

Pompa hidrolik, bekerja dengan melakukan dua fungsi. Pertama, aktivitas mekanisnya menciptakan vakum saluran masuk pompa, yang memungkinkan tekanan atmosfer untuk memaksa cairan dari reservoir ke saluran masuk ke pompa. Kedua, Tindakan mekanisnya mengirimkan cairan ini ke outlet pompa dan memaksanya masuk ke sistem hidrolik.

Baca Juga: Pompa Hidrolik, Penunjang Produktivitas Industri

Cara Merawat Pompa Hidrolik

Pompa Hidrolik
Sumber: Pinterest

Setiap mesin yang terdapat dalam sebuah industri, akan membutuhkan perawatan dan pengecekan secara berkala. Perawatan tersebut dilakukan untuk menjaga agar mesin tetap dalam kondisi prima dan dapat beroperasi dengan baik. Adanya perawatan dan pengecekan yang terjadwal juga membantu untuk memperpanjang umur dari peralatan industri tersebut.

Berikut beberapa cara perawatan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar pompa hidrolik tetap terjaga dan dapat berfungsi dengan baik.

Buatlah Jadwal Pemeliharaan

Perawatan yang baik, dapat Anda mulai dengan menjadwalkan pengecekan dan perbaikan secara rutin. Adanya jadwal yang teratur, akan menghindarkan Anda dari kerusakan parah dan terhentinya kerja pompa, sehingga menghentikan juga jam kerja perusahaan Anda.

Melalui jadwal perawatan rutin yang efisien juga akan mempermudah Anda dalam mengidentifikasi masalah sebelum terjadi. Kemudian Anda bisa menentukan, tindakan apa yang akan Anda ambil. Oleh karena itu, jangan menunggu sampai pompa rusak atau tiba-tiba berhenti bekerja. Itu artinya, Anda siap untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan profesional.

Ganti Cairan Hidrolik Secara Terjadwal

Penjadwalan untuk perawatan pompa, juga termasuk perawatan dengan mengganti cairan hidrolik sesuai jadwal. Anda dapat menjadwalkan dengan memeriksa level cairan di reservoir. Setelah itu, Anda dapat memutuskan kapan harus menjadwalkan untuk mengganti cairannya, karena tanpa tingkat cairan yang tepat, pompa tidak akan dapat membangun tekanan yang cukup ketika bekerja.

Oleh karena itu, perlu untuk mematuhi jadwal penggantian cairan yang telah Anda buat dengan mengamati mesin pompa Anda atau jadwal yang telah disediakan oleh produsen pompa. Selain itu, Anda juga perlu untuk menggunakan jenis cairan hidrolik dan memperhatikan kebersihan oli. Perlu diketahui juga, bahwa oli berperan penting untuk memperpanjang umur pompa dan komponen lainnya seperti gasket dan seal.

Bersihkan Saringan Hisap

Saringan hisap adalah komponen dari pompa hidrolik untuk menjaga kotoran oli dari pompa. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan saringan hisap secara rutin. Saringan hisap ini, berada di tangka pompa hidrolik.

Baca juga: Mengenal Sistem Hidrolik Pertambangan Beserta Komponen di Dalamnya

Ganti Filter Sesering Mungkin

Secara efektif, filter dapat menghilangkan semua partikel dalam oli. Sistem penyaringan oli berfungsi untuk memastikan bahwa hanya oli bersih yang akan masuk ke dalam pompa. Anda juga perlu untuk memeriksa indicator penyumbatan fillet oli untuk melihat apakah filter tersumbat.

Oleh karena itu, dalam hal ini Anda tidak bisa mengidentifikasi apakah filter sudah terlalu kotor dan perlu diganti hanya dengan melihat dengan mata telanjang. Penggantian secara rutin, dapat membantu pompa hidrolik dalam memaksimalkan kerja pompa.

Periksa Sambungan yang Menghubungkan Pipa-Pipa

Sambungan pipa-pipa juga salah satu komponen yang harus diperiksa secara rutin. Selain itu, Anda juga perlu untuk memeriksa sistem selang, apakah bekerja dengan baik atau tidak, karena kerusakan pada selang dapat menghambat aliran cairan atau menyebabkan tekanan bocor. Jangan lupa untuk memeriksa sekrup, fitting, dan pipa.

Sekrup harus selalu dalam keadaan bersih untuk menghindari kontaminasi. Fitting harus sedikit longgar dan pipa tidak boleh berkarat. Apabila terjadi kebocoran dalam pompa hidrolik, menyebabkan sistem menjadi terlalu panas atau konsumsi oli yang berlebih. Oleh karena itu, lakukan pengecekan serutin mungkin untuk mencegah kebocoran pada pompa hidrolik.

Pindai Motor Penggerak Elektronik

Penggunaan motor penggerak elektronik dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan panasnya mesin motor penggerak. Maka dalam perawatannya, Anda membutuhkan termometer inframerah untuk memeriksa suhu panas pada katup hidrolik.

Suhu yang melebihi 150 derajat, menandakan bahwa klep motor penggerak elektronik mencuat. Anda memerlukan pemantauan dengan cermat pada pendingin dan tangka oli, apakah menunjukkan tanda-tanda panas yang berlebih atau tidak.

Baca juga: Sistem Hidrolik: Kelebihan, Kelemahan, dan Rekomendasi Merek Terbaik

Jual Hof Hydraulic

PT. Bintang Teknik Adiyasa merupakan salah satu perusahaan yang menjual hof hydraulic terpercaya. Anda dapat menemukan berbagai peralatan industri seperti Sparepart Hydraulic, Pump Hydraulic, Hydraulic Pressure Control, Solonoid Valve, dan Hydraulic Motor.

Selain itu, PT. Bintang Teknik Adiyasa juga menyediakan beberapa jenis produk Valve seperti Check Valve, beserta aksesoris lainnya. PT. Bintang Teknik Adiyasa menyediakan peralatan industri dengan berbagai merek, di antaranya adalah Corken, Hof, Rexroth, Southren Cross, Vickers, dan Yuken. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website PT. Bintang Teknik Adiyasa dan buat penawaran dengan harga terbaik.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks