Indonetwork, Makanan – Inovasi kuliner bisa dikatakan tidak akan pernah surut eksistensinya di Indonesia. Masyarakat yang serba ingin tahu dan mencoba hal baru tentu menginginkan jenis makanan yang unik. Hal inilah yang mendasari popularitas supplier kacang hijau banyak dicari lagi karena masyarakat  kembali menyukai cita rasa dari kacang hijau yang unik dan bergizi baik.

Kacang hijau sendiri merupakan bahan baku yang relatif murah dengan khasiat yang tinggi untuk orang tua dan balita. Yuk, simak juga 7 olahan kuliner yang dapat menjadi referensi Anda untuk membuka peluang usaha dari kacang hijau.

Karakteristik Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan jenis tumbuhan kacang-kacangan yang cukup populer di negara tropis. Tanaman ini berasal dari India yang kemudian dibudidayakan di Indonesia untuk pengolahan makanan. Budidaya tanaman ini sendiri tergolong mudah dan murah karena dapat bertahan pada kondisi kering maupun basah.

Kacang hijau sendiri kaya akan kandungan protein nabati yang sangat digemari dengan manfaatnya yang cukup banyak seperti sebagai sumber mineral, penguat tulang, menjaga kesehatan jantung, pertumbuhan sel tubuh hingga kesehatan pada organ vital membuat kacang hijau digemari banyak masyarakat.

Baca juga: MANFAAT KACANG HIJAU UNTUK KECANTIKAN KULIT WANITA

Olahan Kuliner Dari Kacang Hijau

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, mengkonsumsi kacang hijau tentu sudah biasa Anda lakukan sejak kecil. Bahan baku dari supplier kacang hijau sendiri sudah memiliki rasa yang enak dan gurih sehingga jika dijadikan bahan baku masakan sangat mudah untuk diaplikasikan. Berikut ide bisnis olahan kuliner dari kacang hijau yang dapat Anda contoh, yaitu:

1. Bubur Kacang Hijau

bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau adalah makanan yang sangat populer disajikan pada pagi hari. Kacang hijau dimasak dengan direbus sampai lunak, kemudian ditambahkan gula sesuai selera. Setelahnya bubur dapat disajikan selagi panas maupun dingin.

Ide peluang usaha yang satu ini bisa Anda buka pada sekitar area perumahan dengan target tetangga Anda untuk memenuhi kebutuhan sarapan keluarga. Selain itu juga Anda dapat mempelajari resep pembuatan bubur kacang ijo melalui internet, biasanya bubur kacang hijau ini disediakan dengan ketan hitam, santan dan roti tawar sebagai pelengkap.

2. Bakpia Kacang Hijau

bakpia kacang hijau

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Jogjakarta yang biasanya tersedia dengan pilihan isi kacang hitam, keju, coklat maupun kacang hijau. Jajanan dengan rasa manis ini selanjutnya selanjutnya dibungkus dengan tepung lalu dipanggang hingga kering dan dimasukkan kedalam kotak. Anda dapat mengembangkan usaha kuliner ini dan menjadikannya oleh-oleh suatu daerah tertentu karena eksistensi bakpia sendiri sudah meluas pada berbagai provinsi di Indonesia.

3. Gandasturi

Gandasturi

Gandasturi merupakan jenis gorengan yang sudah mulai langka ditemui. Memiliki rasa manis dan gurih perpaduan tepung dan kacang hijaunya, selain itu gandasturi juga memiliki teksturnya garing di luar lembut di dalam. Makanan khas pontianak ini bisa juga menjadi peluang usaha yang sudah mulai langka namun rasanya masih diminati masyarakat, Anda dapat mengemas produk secara baik dan membuat makanan ini kembali trendi di kalangan anak muda.

4. Puding Kacang Hijau

puding kacang hijau

Puding identik dengan susu dan fla berlapis, kacang hijau biasanya direbus, lalu dihaluskan dan diambil sari patinya untuk dijadikan ekstrak pada puding. Desert ini tentunya akan memiliki banyak manfaat untuk tubuh dengan cita rasa yang unik. Makanan ini biasa disajikan dengan suhu dingin pada siang hari. Resep puding kacang hijau ini dapat Anda lihat di internet dan dapat dijadikan ide usaha unik yang belum pernah dikembangkan pesaing kuliner lainnya.

5. Es Lilin Kacang Hijau

es lilin kacang hijau

Salah satu jajanan masa kecil khas Indonesia yang sering Anda temui yaitu es lilin kacang hijau. Es ini terbuat dari campuran kacang hijau dan santan yang gurih. Tekstur es ini kokoh seperti balok kayu, dibungkus pada plastik kiloan dan tidak memiliki gagang penyangga.

Ide bisnis ini biasanya menargetkan anak-anak pada sekitar area rumah, sajian ini menyajikan es yang disukai anak namun tetap mendapatkan khasiat baik dari kacang hijau. Selain itu pembuatan es ini juga dirasa mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang banyak.

6. Bolu Kacang Hijau

bolu kacang hijau

Mungkin Anda belum banyak mendengar atau mengkonsumsi bolu yang terbuat dari sari kacang hijau. Jenis bolu chiffon satu ini bisa dijadikan peluang bisnis karena memiliki cara pembuatan yang mudah hanya dikukus saja dengan bahan-bahan yang minimalis, sehingga cocok dijadikan makanan penutup yang ringan ataupun cemilan disaat bersantai karena rasanya yang tidak terlalu manis. Resep bolu kacang hijau ini pastinya dapat Anda cari tahu melalui internet, kemudian dapat Anda kemas ulang dengan tampilan lebih menarik.

7. Sari Kacang Hijau

Minuman sari kacang hijau

Olahan minuman dari sari kacang hijau yang satu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan tentunya memiliki kandungan protein tinggi dan bermutu. Minuman ini biasanya disajikan dengan suhu dingin yang menyegarkan. Minuman ini mengandung asam folat, zat besi, potassium, fosfor, magnesium, mangan, asam pantotenat, vitamin A, K dan B6 dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. 

Prospek bisnis ini dapat Anda kembangkan dalam botol kemasan karena pesaing minuman sari kacang hijau sendiri masih sangat jarang ditemukan.

Baca juga: 5 MANFAAT MINUMAN SARI KACANG HIJAU UNTUK KESEHATAN TUBUH

Supplier Kacang Hijau

Jika Anda tertarik untuk menggeluti usaha kuliner berbahan dasar kacang hijau, tentu akan membutuhkan supplier kacang hijau Jakarta yang berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Silakan menghubungi PT. Sumber Roso Agromakmur untuk mendapatkan produk berkualitas baik. Perusahaan ini merupakan distributor rempah-rempah, biji-bijian dari pertanian dengan berbagai pilihan kualitas dan mutu yang berlokasi di seluruh indonesia.

Bahkan PT. Sumber Roso Agromakmur  juga menerima pesanan bahan mentah untuk ritel yang tersebar di Indonesia. Sudah tidak perlu dipungkiri lagi kualitas produk ini sangat bermutu karena telah beroperasi di berbagai lokasi seperti, Sumatera utara, kawasan metropolitan, Jakarta, Jawa timur, Jawa tengah, dan kawasan Asia Tenggara. Konsultasikan jenis kebutuhan Anda pada pelayanan kami dan dapatkan penawaran harga yang menarik!

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks