Indonetwork, Makanan – Nasi kotak atau nasi box merupakan salah satu makanan wajib yang ada dalam setiap acara di Indonesia. Penyajiannya yang praktis dan rapi membuat tampilan menu makanan lebih menarik di dalam kotak. Tidak heran jika nasi box menjadi pilihan oleh banyak orang dan memiliki nilai higienis. 

Permintaan akan pesanan nasi box pada acara juga mendorong banyaknya usaha jasa catering di berbagai daerah. Jasa catering mudah ditemukan dengan menyediakan berbagai jenis layanan, mulai dari pilihan menu biaya yang dapat disesuaikan. Selain hal-hal tersebut, berikut ini adalah alasan memilih nasi box untuk kebutuhan konsumsi acara.

Baca juga: STANDAR NASI BOX YANG SEHAT DI TANGERANG

Alasan Memilih Nasi Box Untuk Acara

nasi box

Penyajian nasi box atau nasi kotak dalam suatu acara terkait pada keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah alasan yang menjadi pertimbangan untuk memilih nasi box, diantaranya: 

1. Penyajian Makanan Lebih Baik

Salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memesan nasi box adalah penyajian makanan lebih baik karena dikemas dengan tepat. Biasanya menu makanan pada nasi kotak diletakkan pada tempat makanan dengan sekat-sekat sehingga tidak akan bercampur. 

2. Pilihan Menu Banyak dalam Satu Kotak

Nasi kotak dirancang dengan plastik pelengkap yang memungkinkan memasukkan banyak menu dalam satu tempat. Selain itu, menu yang banyak ini menunjang variasi makanan dan gizi harian yang diperlukan oleh tubuh. Banyaknya menu yang variatif membuat penikmat tidak bosan ketika menyantap makanan pada nasi kotak. Selain itu, menu yang disajikan pun dapat beragam, biasanya jasa catering dapat menyesuaikan dengan budget dan selera pembeli. 

3. Praktis dan Siap Santap

Alasan lain untuk memesan nasi box adalah karena praktis dan siap santap. Nasi box menjadi pilihan tepat karena praktis sehingga Anda tidak perlu berbelanja atau memasak makanan. Selain itu, biasanya di dalam satu paket nasi kotak dilengkapi dengan hidangan pembuka, makanan berat, dan air minum sesuai dengan selera.  Kemasannya yang tidak terlalu besar dan memudahkan Anda menyantap nasi dimana saja dan kapan saja.

4. Tidak Perlu Memasak Makanan

Untuk Anda yang ingin menyediakan makanan dalam sebuah acara tanpa ribet dan menggunakan tenaga banyak, memesan nasi box adalah pilihan tepat. Anda tidak perlu berbelanja bahan dan memasak bahan hingga menjadi menu makanan siap santap yang memakan waktu lama serta tenaga ekstra. Anda bisa pesan nasi box Tangerang melalui jasa catering terpercaya dan berkualitas.

5. Higienis

Kemasan kotak tertutup dapat membuat nasi lebih bersih dan higienis karena terhindar dari debu serta bakteri melalui udara. Selain itu, nasi box dapat terhindar dari kontaminasi bakteri yang dibawa jika harus mengambil makanan secara bersamaan dengan orang lain. 

6. Menu yang Sehat

makanan sehat

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum memesan nasi box adalah pastikan menu yang disajikan adalah makanan sehat. Berikut ini adalah ciri makanan sehat yang wajib ada pada nasi kotak.

  • Makanan Tinggi Serat

Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dipecah menjadi molekul gula oleh tubuh. Anda perlu mengonsumsi setidaknya 25–35 gram serat per harinya untuk menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengontrol kadar gula darah. Makanan yang mengandung serat dapat ditemukan pada buah, beras merah, bayam, kacang-kacangan, gandum, wortel, dan lainnya. 

  • Sayuran Hijau

Di dalam sayuran hijau terdapat kandungan beta karoten, folat, kalsium, klorofil, lutein, serat, vitamin C dan zeaxanthin. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, sawi hijau,dan lainnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meminimalisir peradangan, menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, dan melawan radikal bebas yang berbahaya. 

  • Makanan Mengandung Omega-3

Omega-3 adalah sejenis minyak sehat atau lemak tak jenuh yang banyak terdapat pada makanan laut, seperti ikan tuna, salmon, dan sarden yang baik untuk otak. Kandungan omega-3 pada ikan mampu menurunkan risiko terkena penyakit kronis, umur panjang, awet muda, serta mengurangi peradangan penyebab penyakit, seperti alergi.

  • Mengandung Antioksidan dan Lemak Baik

Antioksidan yang tinggi sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tubuh dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah-buahan beri, seperti anggur, blackcurrant, dan stroberi yang kaya akan antioksidan. 

Makanan sehat dengan lemak baik yang dapat Anda konsumsi adalah alpukat. Kandungan lemak yang baik mampu menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. 

  • Kadar Garam dan MSG Sedikit

Garam dan MSG merupakan salah satu bumbu penyedap rasa yang bahaya jika dikonsumsi berlebihan. MSG (monosodium glutamate) pada makanan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, obesitas, dan kerusakan sel. Sedangkan garam yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan hipertensi serta masalah pada jantung. 

7. Hemat Biaya

Pemesanan nasi kotak dalam suatu acara dapat lebih menghemat biaya. Anda tidak perlu repot memprediksikan biaya pengeluaran. Bahkan jasa catering biasanya akan memberikan pilihan paket menu dengan harga bervariasi yang bisa Anda sesuaikan dengan budget. Anda bisa memprediksikan biaya dan menu yang didapatkan dengan memesan nasi box. 

8. Jasa Catering yang Banyak 

Alasan lain yang tidak kalah penting untuk memilih nasi box adalah jasa catering yang melayani. Saat ini Anda akan dengan mudah menemukan banyak jasa catering yang banyak tersebar di berbagai daerah. Dengan pilihan menu beragam, Anda bisa memesan nasi box untuk acara dalam jumlah banyak. Pastikan dalam memilih penyedia paket nasi kotak yang sesuai kebutuhan. 

Baca juga: PAKET NASI KOTAK TERBAIK ALA KANJENG MAMA, LENGKAP DAN MENGGUGAH SELERA

Demikian informasi lengkap mengapa Anda bisa memilih nasi box untuk acara. Salah satu layanan catering terpercaya adalah Kanjeng Mama. Disini melayani pesanan nasi kotak, tumpeng, liwetan hingga catering harian dengan citarasa khas Jawa Tengah yang sangat terjangkau.

Author

Enable Notifications OK No thanks