Indonetwork, Otomotif – Dalam kegiatan industri, terutama supplier kontraktor tentu membutuhkan transportasi yang dapat membawa kebutuhan logistik. Transportasi yang digunakan ini berupa truk yang memiliki kapasitas tertentu, terutama kapasitas yang besar. Tidak heran jika saat ini banyak jasa angkutan di area Kalimantan murah karena banyaknya kegiatan industri. Dengan kebutuhan yang berbeda-beda, tentu Anda akan menemukan berbagai jenis dan tipe kendaraan truk berdasarkan kategori yang ada.

Mulai dari kategori bentuk, jumlah sumbu, jumlah roda, dan juga kapasitas yang dimiliki, tentu membuat jenis truk ini digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang yang sesuai kapasitas dan menjadi penghubung antara supplier (pemasok) dengan customer (pengguna). Namun, jasa angkut dalam bidang industri kontraktor tentu diperuntukkan membawa logistik dan alat berat, sehingga truk yang digunakan harus besar dengan kemampuan di medan jalan yang beragam.

Jenis Truk Angkut yang Digunakan Distributor Kontraktor 

Truk merupakan jenis armada transportasi roda empat yang memiliki bentuk dan ukuran begitu beragam dengan tipe karoseri berbeda yang digunakan untuk mengangkut barang. Umumnya truk digunakan untuk melayani jasa angkut atau pengiriman barang dengan jumlah dan ukuran yang besar. Sehingga tidak heran jika jasa angkutan dengan menggunakan truk membutuhkan biaya lebih karena pengiriman dalam skala besar. Berikut ini adalah jenis truk yang banyak digunakan untuk distributor kontraktor, seperti.

1. Truk Pick Up

Jenis truk yang pertama adalah truk pick up yang sering ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Jenis truk ini merupakan yang paling kecil diantara truk yang digunakan untuk angkutan logistik. Truk ini memiliki kapasitas atau volume maksimal 1 CBM (cubic meter) dengan berat muatan hanya sekitar 1,5 ton. 

Namun, terdapat juga truk pick up yang memiliki volume hingga 6 CBM, sesuai dengan ukuran besar karoseri yang dimiliki truk tersebut. Jenis truk ini efektif digunakan untuk pengiriman jarak dekat hingga jarak jauh antar kota dengan beban yang sesuai kapasitas.

2. Colt Diesel Engkel

Truk colt diesel engkel atau yang sering disebut dengan truk engkel merupakan jenis truk yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan pickup. Truk yang memiliki 2 sumbu dengan 4 roda ini memiliki kapasitas muatan yang cukup besar, yaitu hingga 5 ton.

Jenis truk ini dapat digunakan untuk pengiriman barang berukuran besar dan banyak dalam satu kali angkut. Kemampuan dari truk ini tidak perlu diragukan lagi, dengan kapasitas yang besar, truk ini mampu membawa barang dalam jumlah banyak baik dalam jarak dekat hingga jauh antar kota atau antar pulau.

Baca juga: 7 JENIS ALAT BERAT KONSTRUKSI YANG PALING SERING DIGUNAKAN

3. Colt Diesel Double

Jenis truk ini sama dengan colt diesel engkel, namun berbeda pada jumlah roda dan kapasitas beban. Truk colt diesel double ini memiliki 6 roda yang terdiri dari 2 roda bagian depan dan 4 roda belakang. Sehingga dengan jumlah roda yang lebih banyak, jenis truk ini dapat mengangkut muatan lebih banyak dengan kapasitas muatan antara 5 hingga 8 ton. Truk ini memiliki beberapa spesifikasi bak yaitu bak dump, bak kayu terbuka, box, dan juga berupa flat deck. 

4. Truk Fuso

Truk fuso merupakan jenis truk yang hampir sama dengan truk colt diesel double. Namun, jenis truk ini memiliki perbedaan pada kapasitas muatan yang lebih besar yaitu mencapai 7 hingga 8 ton.

Dengan memiliki 6 roda, jenis truk ini mampu mengangkut barang dalam skala besar dengan jarak tempuh jauh baik antar kota hingga antar pulau. Sehingga truk jenis ini sering dijadikan jasa angkutan murah di area Kalimantan yang merupakan area industri. 

5. Truk Tronton

Jenis truk ini merupakan truk yang memiliki kapasitas muatan yang lebih dari 10 ton atau bahkan mampu mencapai 20 ton lebih. Jenis truk ini berbeda dengan jenis truk sebelumnya, di mana truk ini memiliki 3 sumbu roda yang terbagi menjadi 1 sumbu roda di bagian depan dan 2 sumbu roda di bagian belakang. Truk ini memiliki 10 roda yang terbagi menjadi 2 roda depan dan 8 roda belakang. 

Dengan jumlah roda tersebut, truk tronton digunakan untuk membawa alat berat hingga barang dalam jumlah banyak dengan jarak jauh seperti antar kota atau antar pulau. Tidak heran jika Anda menemukan jasa angkutan di area pembangunan seperti Kalimantan.

6. Truk Trailer

Jenis truk ini hanya dapat ditemukan pada pabrik-pabrik kelas atas yang sering melakukan pengiriman barang dengan kapasitas muatan mencapai 20 hingga 60 ton. Truk trailer dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan jumlah sumbu dan ketinggian, yaitu truk trailer 20 feet dan 40 feet. Truk trailer 20 feet memiliki 4 hingga 5 sumbu roda, sedangkan truk trailer 40 feet memiliki 6 sumbu roda. Sehingga truk ini memiliki roda sebanyak 16 sampai 24 buah roda. 

7. Truk Crane

Truk crane atau yang sering disebut dengan mobil crane merupakan jenis kendaraan truk yang memiliki crane pada badan truk. Sehingga dapat membuat sebuah crane berpindah-pindah secara mudah dan dibawa langsung ke lokasi tanpa memerlukan alat tambahan lainnya.

Truk ini sering digunakan untuk keperluan industri kontraktor karena memiliki kapasitas 10 hingga 50 ton bahkan lebih. Biasanya truk ini digunakan untuk mengangkat material berat sehingga memerlukan bak kuat yang bisa menahan beban.

8. Truk Self Loader

Truk ini merupakan jenis truk yang digunakan sebagai truk pada jasa pengiriman alat berat dan sangat penting dalam dunia konstruksi. Jenis truk ini sama dengan truk besar lainnya, namun memiliki self loader yang digunakan untuk mengangkut benda-benda berukuran besar seperti, excavator dan jenis mesin industri lainnya. Self Loader yang ada pada truk ini menggunakan sistem hidrolik yang memudahkan proses loading dan unloading lebih mudah dan aman.

Baca juga: 4 CARA MERAWAT BAN TRUK SUPAYA TAHAN LAMA

Dalam bidang industri, transportasi memiliki peran yang cukup besar. Jenis kendaraan truk dengan kapasitas muatan dapat memudahkan pekerjaan manusia dalam distributor kontraktor. Sehingga jasa angkutan di area industri sangat dibutuhkan terutama di kawasan industri. CV Jaya Makmur Abadi adalah pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan jasa angkutan Kalimantan murah untuk kebutuhan industri.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks