Indonetwork, Makanan Mempunyai kandungan banyak nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagus untuk tubuh. Tidak hanya untuk melengkapi cita rasa masakan saja, ada banyak manfaat minum air ketumbar di pagi hari untuk kesehatan tubuh.

Kebanyakan orang biji ketumbar ini digunakan sebagai bumbu masakan supaya rasa makanannya lebih lezat. Namun biji ketumbar bisa kita olah dengan cara direbus dan air rebusannya diminum.

Ada banyak nutrisi yang terdapat dalam biji ketumbar seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, folat, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K. Tidak hanya itu, biji ketumbar juga kaya akan antioksidan yang sangat berguna untuk tubuh.

Manfaat Minum Air Ketumbar Di Pagi Hari

5 Manfaat Sehat Minum Air Ketumbar, Naikkan Imunitas dan Detoks Tubuh
Sumber: food.detik.com

Berikut ini telah kami rangkum beberapa manfaat biji ketumbar untuk kesehatan tubuh.

1. Memperbaiki Masalah Pencernaan

Apakah Anda pernah mengalami mual, diare, dan perut kembung? Jika iya, Anda bisa mengkonsumsi rebusan biji ketumbar secara rutin. Karena kandungan serat yang ada pada biji ketumbar bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Anda dapat menjadikan biji ketumbar sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan. Apalagi pada biji ketumbar ini terdapat kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti radang yang bagus untuk tubuh.

Benarkah Sari Kacang Hijau Bisa Mencegah Diabetes?

Baca juga: 5 Manfaat Minuman Sari Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika Anda ingin mengontrol kadar gula yang ada dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi biji ketumbar. Dari riset yang dilakukan ilmuwan bahra ekstrak biji ketumbar bisa meningkatkan kinerja hormon insulin.

Awas, Ini 7 Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi pada Tubuh
Sumber: halodoc.com

Dengan kemampuannya tersebut, Anda yang terkena penyakit diabetes bisa mengkonsumsi biji ketumbar. Tapi Anda jangan hanya terpaku pada biji ketumbar saja, namun kombinasikan dengan makanan atau aktivitas lain.

Misalnya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, mengurangi asupan gula, rutin berolahraga, serta menjauhi rokok dan minuman beralkohol.

3. Melawan Radikal Bebas

Pada biji ketumbar itu terdapat banyak senyawa antioksidan seperti terpinene, quercetin, lutein, dan flavonoid. Senyawa tersebut mempunyai sifat antioksidan yang sangat kuat dan sangat efektif untuk melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh.

Apa Itu Radikal Bebas dan Seberapa Buruknya Bagi Tubuh Kita? | Good Doctor  | Tips Kesehatan, Chat Dokter, Beli Obat Online
Sumber: gooddoctor.co.id

Masalah peradangan yang terjadi pada tubuh juga bisa diminimalisir dengan senyawa antioksidan. Penyakit lain yang disebabkan oleh radikal bebas seperti kanker juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi biji ketumbar.

Resep Kacang Sangrai (Tips) oleh Annisa Cooking Class Online - Cookpad

Baca juga: 6 Manfaat Kacang Tanah Sangrai Untuk Kesehatan Tubuh

4. Melawan Infeksi

Biji ketumbar tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antimikroba yaitu dodecanal. Senyawa yang satu ini bisa membasmi bakteri E. Coli dan Salmonella yang menjadi penyebab diare dan keracunan makanan.

Ini Dia Perbedaan Infeksi Virus dan Bakteri Pada Balita | Orami
Sumber: orami.co.id

Bahkan antibakteri pada biji ketumbar bisa melawan penyebab infeksi yang terjadi pada saluran kemih (ISK).

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji ketumbar sangat efektif untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, terjadinya penyakit jantung bisa diminimalisir dengan biji tumbuhan ini.

Penting Dilakukan, Ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Jantung
Sumber: doktersehat.com

Biji ketumbar ini bisa Anda konsumsi secara langsung maupun dijadikan jamu. Karena keduanya juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Namun kebanyakan orang mengkonsumsi biji ketumbar ini dengan cara direbus dengan air mendidih. Setelah direbus beberapa saat, kemudian disaring biji ketumbar dan airnya diminum.

Anda perlu berhati-hati sebelum mengkonsumsi biji ketumbar, apalagi sedang mengkonsumsi obat penurun kadar gula darah. Jika dikonsumsi secara bersamaan, penurunan gula darah pada tubuh Anda akan signifikan.

Atris Suyantohadi Peneliti Kedelai yang Bersungguh-sungguh Memberdayakan  Petani Kedelai Lokal - KAGAMA

Baca juga: 7 Perbedaan Kedelai GMO dan Non GMO

Itulah beberapa manfaat minum air ketumbar di pagi hari untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus atau secara langsung.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks