Indonetwork, Makanan – Madu merupakan salah satu bahan pemanis alami yang banyak dijadikan campuran pada makanan maupun minuman. Rasa manis dan kaya manfaat bagi kesehatan, membuat pemanis alami ini dijadikan campuran berbagai macam hidangan olahan madu. Madu menjadi pemanis yang lebih sehat dari gula pasir karena tidak memicu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan seperti diabetes. 

Rasa madu yang manis dan sedikit asam pada beberapa jenis, mampu menambah cita rasa yang unik pada olahan makanan dan minuman Banyak orang yang mencoba untuk mengkreasikan madu menjadi berbagai hidangan, khususnya pada menu olahan hidangan pelengkap hingga utama.

Menu Hidangan Olahan Madu yang Lezat

Untuk Anda yang ingin mencoba cita rasa madu dalam berbagai jenis hidangan dengan olahan madu, simak ulasan berikut ini.

1. Roti Bakar Madu

roti bakar madu

Jenis hidangan ini tentu sudah tidak asing bagi Anda. Roti bakar merupakan olahan makanan berbahan dasar roti yang diberikan isian atau olesan manis hingga asin dan dimasak dengan cara dipanggang. Hidangan ini sering dijadikan sebagai menu sarapan atau cemilan minum kopi.

Untuk membuat roti bakar madu sangat mudah, siapkan roti yang sudah diolesi dengan margarin lalu panggang hingga kecoklatan. Setelah itu, sajikan roti dengan topping buat dan tuangkan madu diatasnya. Roti bakar madu siap dinikmati.

Baca juga: 7 Jenis Madu Lokal yang Bermanfaat bagi Kesehatan

2. Pisang Goreng Madu

pisang goreng madu

Hidangan pisang goreng madu ini dapat kamu nikmati sebagai menu peneman minum kopi atau teh. Cara membuatnya pun cukup mudah, pertama siapkan pisang dan dibelah dua.

Anda bisa memanggang atau menggoreng dengan lapisan tepung dalam pengolahannya. Setelah matang, oleskan madu pada permukaan pisang goreng, lalu tambahkan taburan kacang atau keju.

3. Granola Madu

granola madu

Olahan granola madu menjadi salah satu menu hidangan yang dapat Anda nikmati untuk sarapan. Cara membuatnya juga sangat mudah dan cepat, hanya membutuhkan dua bahan, yaitu granola dan madu. Campurkan granola dan madu murni, kemudian aduk hingga merata. Granola madu siap disantap untuk sarapan.

4. Udang Bakar Madu

udang bakar madu
Sumber: resepkoki.id

Menu selanjutnya adalah udang madu bakar yang dapat Anda temukan di restoran seafood. Namun, Anda juga bisa membuat hidangan ini sendiri di rumah karena cukup mudah. Anda memerlukan beberapa bahan, seperti udang yang sudah dikupas bersih, jeruk nipis, garam, mentega kecap manis, saus tomat, madu, dan saus sambal. 

Siapkan udang yang sudah dan campurkan semua bumbu menjadi satu. Oleskan bumbu pada udang hingga merata lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian, bakar udang dan oleskan bumbu saat membakar. Setelah berwarna merah gelap kecoklatan dan matang, udang bakar madu dapat Anda santap.

Baca Juga: 7 Jenis Madu Lokal yang Bermanfaat bagi Kesehatan

5. Iga Bakar Madu

Sumber: kompas.com

Ketika berkunjung ke sebuah restoran makanan Indonesia, menu yang satu ini tentu menjadi primadona. Iga bakar madu menjadi hidangan favorit karena cita rasa yang manis, gurih, dan lezat sangat pas disantap dengan nasi hangat dan sambal. Daging iga yang lembut ditambah rasa manis dan aroma bakaran tentu akan menambah nafsu makan Anda. 

6. Ayam Goreng Madu 

ayam goreng madu
Sumber: resep.us

Hidangan ini dapat Anda coba untuk disajikan kepada keluarga tercinta. Perpaduan rasa asin, gurih, dan manis yang nikmat membuat makanan ini bisa menjadi menu favorite.

Untuk membuatnya,  pertama-tama siapkan bahan marinasi berupa ayam, telur, bawang putih, tepung maizena, jahe parut, minyak wijen, santan, dan penyedap. Untuk sausnya, siapkan madu, kecap asin, minyak wijen, bawang putih, wijen, gula merah.

Siapkan ayam untuk dimarinasi selama minimal 30 menit. Setelah itu, lapisi ayam pada campuran tepung terigu dan maizena, lalu goreng hingga matang. Masak bumbu saus dengan campuran bahan-bahan yang sesuai. Siapkan ayam goreng dan tuangkan saus serta taburan biji wijen. Ayam goreng madu sudah dapat Anda santap dengan nasi hangat.

7. Teh Lemon Madu

teh lemon madu

Minuman ini memiliki perpaduan antara lemon yang asam bercampur teh dengan sentuhan manis dari gula dan madu. Campuran madu pada minuman ini memberikan cita rasa yang unik dan sangat nikmat. Untuk membuatnya, Anda perlu siapkan perasan lemon dan teh yang diseduh dengan air hangat lalu diamkan hingga 3 menit. 

Campurkan perasan lemon, gula, dan madu murni ke dalam larutan teh. Anda bisa menikmatinya selagi hangat atau dingin dengan menambahkan es batu. Teh Lemon Madu siap Anda nikmati untuk melepas dahaga dengan rasa manis yang nikmat.

8. Kopi Susu Madu

kopi susu

Bagi Anda pecinta kopi, tentu menu olahan madu yang satu ini wajib atau bahkan pernah dicoba. Madu sebagai pemanis pada kopi dinilai lebih sehat dibandingkan menggunakan gula pasir karena tidak menambah kalori dalam tubuh.

Seduh kopi yang telah disiapkan, kemudian campur dengan susu, madu, bubuk kayu manis, dan vanilla essence. Anda bisa mengkombinasikan berbagai jenis bahan untuk dicampurkan dalam kopi. Setelah itu kopi susu madu dapat Anda nikmati dalam keadaan hangat maupun dingin dengan tambahan es batu. 

Baca juga: Cara Memilih dan Menyimpan Madu Murni yang Baik

Produsen Madu Berkualitas

Untuk mengolah madu pada berbagai jenis hidangan, tentu Anda membutuhkan madu murni berkualitas. Madu murni memiliki rasa yang khas tanpa adanya campuran perasa dan tentunya lebih sehat. Rimba Raya Bee Farm adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencari produk berbagai jenis madu murni asli. 

Kualitas dan keaslian madu tentu sudah tidak diragukan lagi karena perusahaan ini menjadi produsen madu terpercaya yang berdomisili di Malang, Jawa Timur. Di sini Anda dapat menemukan berbagai jenis madu murni dan olahannya yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin ternak lebah madu khusus pemula dan modal minim, disini terdapat bibit lebah trigona berkualitas. 

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks