Indonetwork, BudidayaMadu merupakan jenis makanan yang memiliki banyak segudang manfaat. Madu sendiri mempunyai rasa yang cukup manis, namun ada juga madu yang memiliki rasa asam seperti madu klanceng. Kualitas madu bisa Anda pertahankan dengan cara memilih dan menyimpan madu dengan baik.

Madu biasanya dikonsumsi sebagai penambah rasa manis pada makanan atau minuman. Mau juga dapat dikonsumsi langsung. Madu yang memiliki kualitas baik akan memberikan manfaat yang baik pula bagi tubuh. 

Selain harus memilih kualitas yang bagus dan berkualitas, memperhatikan cara penyimpanan madu juga harus benar agar daya tahan simpan bertahan lama. Berikut artikel ini akan membahas cara memilih dan menyimpan madu murni yang baik pastikan Anda membacanya hingga selesai. 

Cara Memilih Madu Yang Baik

memilih madu
Sumber: Unsplash

Kebanyakan orang mengkonsumsi madu karena ingin mendapatkan manfaat kesehatannya. Selain itu, madu juga memiliki rasa yang cocok di lidah masyarakat indonesia. Namun sebelum membeli madu, ada baiknya Anda mengetahui kualitas madu yang baik agar manfaat yang didapat juga memuaskan, 

Berikut beberapa tips cara memilih madu yang baik dari Indonetwork. 

1. Perhatikan Kadar Air

Madu yang baik biasanya tidak memiliki banyak kadar air dan memiliki tekstur yang kental. Jika madu memiliki tekstur yang encer, berarti madu tersebut sudah dicampurkan dengan air atau bahan tambahan pangan lainnya.

Namun, ada pula beberapa madu yang memiliki tekstur encer. Misalnya saja saat proses pemanenan dilakukan saat musim penghujan, biasanya madu yang dihasilkan lebih encer. 

Anda bisa mengecek kadar air dengan cara menuangkan madu dari botolnya. Madu yang mengeluarkan gelembung lebih cepat berarti memiliki kadar air lebih tinggi.

Baca Juga: Penggunaan BHT Food Grade dalam Makanan Kemasan

2. Perhatikan Warna Madu

Kandungan yang terdapat pada madu seperti mangan, besi, sulfur, klorida, potasium, magnesium, dan sodium membuat madu berwarna lebih gelap. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memilih madu dengan warna agak gelap. Akan tetapi warna madu tidak tetap, dan bergantung pada jenis bunga yang digunakan.

3. Perhatikan Kebersihan

Ada baiknya saat memilih madu yang baik Anda memperhatikan kebersihan kemasan dan isi madu tersebut. Anda bisa dengan cara melihat apakah madu memiliki serpihan debu atau kotoran lainnya. 

Cara Menyimpan Madu Yang Baik

memilih madu
Sumber: Unsplash

Madu yang memiliki kualitas bagus akan mempunyai daya simpan yang tahan lama. Namun jika Anda menyimpannya dengan sembarangan, maka daya tahan simpan madu tersebut akan cepat berkurang. 

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mengetahui cara menyimpan madu yang baik agar daya tahan simpan madu menjadi lebih lama. Berikut ini beberapa tipsnya.  

1. Simpan di Wadah Tertutup

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling baik karena dengan menyimpan madu di dalam wadah yang tertutup, madu akan terhindar dari debu. Anda bisa menggunakan wadah plastik atau kaca dan hindari menggunakan logam karena logam dapat membuat kualitas madu rusak. 

2. Simpan Madu Di Suhu Ruang

Madu yang disimpan pada freezer akan membuat kualitas madu menjadi menurun. Oleh karena itu, hindari menyimpan madu di kulkas. Ada baiknya jika Anda menyimpan madu di suhu ruang yang kering dan bersih karena jika disimpan pada ruangan yang lembab, akan menyebabkan madu mudah berjamur. 

3. Hindari Madu Terpapar Sumber Panas

Ada baiknya jika Anda menghindari sumber panas seperti paparan sinar matahari atau panasnya kompor api, karena madu yang terpapar panas atau sinar matahari langsung dapat berbuih, mengeluarkan gas, bahkan meledak. Selain itu, madu yang terkena panas rentan mengalami perubahan warna, penurunan nutrisi dan penurunan kualitas.

4. Hindari Madu Terkontaminasi Cairan Lain

Cara yang terakhir adalah dengan menghindari madu bercampur dengan cairan lain. Saat madu terkena cairan lain, meski itu hanya setetes air putih, kualitas dan nutrisi pada madu bisa berubah. 

Madu yang telah terpapar dari cairan lain bisa mengalami kerusakan dan tak bisa tahan lebih lama. Oleh karena itu, menggunakan wadah tertutup sangat direkomendasikan. 

Baca Juga: Manfaat Madu Murni Untuk Kecantikan

Rekomendasi Madu Berkualitas

Demikian informasi mengenai cara memilih dan menyimpan madu murni yang baik semoga dapat membantu Anda, jika Anda sedang mencari jenis jenis madu asli dengan kualitas terjamin Anda bisa menemukannya di Rimba Raya Bee Farm. Rimba Raya Bee Farm merupakan Peternakan Tawon yang Memproduksi Madu beserta Produk-Produk Olahannya dengan Kualitas Tinggi dan Menyehatkan. Rimba Raya Bee Farm Peternakan Lebah yang Mengembangkan 3 Jenis lebih Madu yaitu :

  • Apis Trigona
  • Apis Mellifera
  • Apis Indica / Apis Cerana

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks