Indonetwork, Percetakan – Jika Anda mencoba berkunjung ke pusat perkantoran di Jakarta, maka tidak jarang untuk menemui karyawan yang menggunakan Id card dan lanyard untuk mengetahui identitas diri dan perusahaan tempat mereka bekerja. Pembuatan Id card biasanya dilakukan oleh setiap kantor baik baik dengan intensitas karyawan yang besar maupun sedikit.

Banyak perusahaan yang berlomba membuat fitur, bentuk dan desain id card semenarik mungkin mungkin, hal ini bertujuan untuk membanggakan karyawan yang bekerja didalamnya serta peningkatan citra sebuah perusahaan. Yuk simak apa saja material dan fungsi dari Id Card untuk karyawan di kantoran!

Apa Itu ID Card?

ID Card
Sumber: maxipro.co.id

ID Card adalah kartu yang digunakan sebagai identitas diri ketika sedang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi. Bukan hanya itu, kehadiran Id Card juga digunakan sebagai kartu pelajar, kartu anggota dalam suatu organisasi, dan lain sebagainya, sehingga penggunaan Id card dianggap penting untuk meningkatkan rasa percaya diri bagi perusahaan dan karyawannya.

Biasanya kartu identitas haruslah mudah dipakai dan pada dasarnya ada dua bentuk umum yang digunakan yakni vertikal dan horizontal. Jangan pilih bentuk yang tak lazim karena akan susah dipakai oleh karyawan. Ukuran Id card biasanya sekitar 90 mm x 54mm, namun hal ini tergantung dari jenis kantor tempat Anda bekerja.

Baca juga: 7 Jenis Kemasan Makanan Untuk Bisnis Catering

Apa Saja Material ID Card?

Kartu identitas atau ID Card biasanya dibuat untuk kepentingan jangka panjang. Berbagai macam material pembuatan kartu identitas bisa dipilih sesuai dengan bahan yang nyaman untuk digunakan, kualitas dan juga harga yang sesuai. Biasanya material bahan ID Card memiliki lapisan atas dan bawah yang bisa dicetak pada kedua sisinya.

Berikut dibawah ini terdapat dua material yang umum digunakan dalam pembuatan ID Card, yaitu:

1. Bahan PVC

Bahan PVC
Sumber: bahanbakuidcard.com

Bahan PVC merupakan material dengan campuran plastik dan kertas, selain itu bahan ini memiliki teksturnya keras dan licin. Biasanya keunggulan jenis Id card ini bisa di laminating dengan type glossy (mengkilat) atau type doff untuk memperkuat warna, tampilan dan kualitas Id card jika berada diluar ruangan.

2. Bahan Art Paper

Art paper
Sumber: infocetak.com

Terbuat dari kertas dengan ketebalan antara 300 – 350 gram. Biasanya digunakan untuk kartu identitas sekali pakai seperti pada acara tahunan atau konser, karena umumnya bahan art paper mudah rusak jika terkena air.

 

Apa Saja Fungsi ID Card?

Seiring perkembangan jaman, memiliki Id Card merupakan kondisi yang umum terjadi untuk karyawan kantoran. Sebelum Anda melakukan pembuatan Id Card, simak beberapa fungsi yang mungkin Anda butuhkan baik untuk karyawan maupun perusahaan, seperti:

1. Sebagai Tanda Pengenal

ID Card
Sumber: flexiweb2print.com

Pembuatan ID Card untuk karyawan biasanya dibuat secara formal dengan mengikuti kaidah perusahaan. Seperti terdapatnya logo perusahaan, foto karyawan, divisi jabatan yang dinaungi hingga tanda tangan, karena nantinya kartu ini akan menjadi penanda dan tanda pengenal dengan divisi lain bahwa seseorang merupakan bagian dari perusahaan tersebut.

2. Memberikan Kesan Formal

Formal ID Card
Sumber: freepik.com

Saat seseorang menggunakan Id Card di lingkungan kerja, tentu akan memberikan kesan yang lebih positif dan menambah kesan formal ketika berada di dalam perusahaan. Perusahaan tersebut juga memiliki nilai kredibilitas yang tinggi.

3. Sebagai Absensi Atau Akses Card

ID Card Pemberi Akses
Sumber: lifepal.co.id

Tidak jarang juga teknologi pembuatan ID Card saat ini dilengkapi dengan akses card, supaya karyawan dapat mengakses seluruh area gedung kantor maupun melakukan absensi harian. Tentunya hal ini juga dapat menjadi sistem keamanan bahwa selain karyawan tertentu beberapa akses dikunci untuk umum.

Teknologi Id Card seperti ini biasanya dilengkapi dengan barcode atau kode digital lainnya yang berisi berisi microchip yang ditanamkan di dalamnya yang berisi sebuah kode unik.

4. Meningkatkan Citra Perusahaan

Ketika karyawan sedang melakukan perjalanan keluar kota atau sedang berada di luar wilayah, maka karyawan akan tetap mempromosikan logo perusahaan Anda melalui pembuatan ID card, sehingga eksistensi brand perusahaan Anda tetap berkilau.

5. Meningkatkan Percaya Diri Karyawan

Selain dari sisi formalitas bagi karyawan yang sedang bertugas keluar lokasi kantor, akan meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggan dari tempat mereka bekerja. Logo yang berada di pembuatan ID Card akan mudah dikenali orang lain jika terjadi sesuatu yang buruk padamu.

Tips & Cara Cetak ID Card untuk Karyawan

Tips & Cara Cetak ID Card untuk Karyawan
Sumber: Istockphoto

Setelah Anda mengetahui material bahan pembuat Id card serta fungsinya, mari simak tips dan cara mencetak produk ini untuk karyawan kantoran.

1. Kumpulkan Data Karyawan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mengumpulkan data karyawan terlebih dahulu, baik dari divisi hingga nama lengkapnya. Jika pembuatan Id card digunakan sebagai akses card atau penanda absensi maka didalamnya akan ditambahkan microchip lebih mengenai keterangan data Anda.

2. Siapkan Desain yang Diinginkan

Biasanya untuk pembuatan Id card formal kantoran, desain yang digunakan pun akan terkesan lebih profesional sehingga tidak banyak elemen pendukung yang akan mempersulit orang lain untuk membaca identitas diri.

3. Pilih Bahan dan Fungsinya

Setelah data terkumpul dan desain siap digunakan, tahap selanjutnya yaitu memilih bahan yang tepat sesuai dengan fungsi yang akan Anda gunakan. Biasanya Id card yang dipilih untuk keperluan karyawan formal berbahan dasar PVC, karena bahan PVC ini bisa ditambahkan dengan microchip yang memiliki berbagai fungsi lainnya. Lain halnya dengan kartu pengenal yang digunakan di rumah sakit yang biasanya berbahan dari art paper dan lebih mudah rusak, namun penggunaanya sendiri memang harus sering diganti.

Baca juga: Terpal: Jenis Dan Fungsi Dalam Kehidupan

4. Hubungi Jasa Cetak Id Card

Jika Anda telah mempersiapkan segalanya dengan matang, maka tahap selanjutnya yaitu mencari jasa cetak pembuatan id card seperti rekomendasi kami yaitu Armada Digicard. Perusahaan ini merupakan vendor spesialis penyedia jasa cetak seperti cetak ID card PVC, tumblr, kartu e money, tumblr, pulpen dan sebagainya secara custom untuk berbagai kebutuhan merchandise.

Armada Digicard telah berdiri sejak tahun 2002 dan berlokasi di Jakarta sehingga memudahkan pendistribusian produk ke berbagai wilayah nusantara. Jangan khawatir perusahaan ini juga memiliki ketepatan waktu bekerja dengan baik dengan hasil yang profesional. Silakan konsultasikan terlebih dahulu kebutuhan Anda dengan Armada Digicard untuk mendapatkan informasi lebih lanjutnya.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks