Indonetwork, Alat Uji – Saat ini mengkonsumsi alkohol sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Biasanya alkohol dikonsumsi melalui minuman atau makanan yang dijual di beberapa tempat. Jika Anda mengkonsumsi alkohol ketika beraktivitas, sebaiknya pastikan kadar alkohol dalam tubuh aman. Menggunakan alat pengukur kadar alkohol atau alcohol tester adalah salah satunya.

Alcohol tester merupakan alat praktis yang digunakan untuk mendeteksi kadar alkohol dalam tubuh. Konsumsi alkohol berlebihan akan menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran atau mabuk dan akan berbahaya jika orang tersebut melakukan aktivitas seperti mengemudi. Simak ulasan alcohol tester dan cara penggunaannya.

Baca juga: 10 ALAT LABORATORIUM LINGKUNGAN UDARA DAN AIR

Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan

Bahaya alkohol

Pada dasarnya konsumsi alkohol bagi kesehatan dapat mengurangi risiko penyakit, seperti jantung, diabetes, hingga stroke. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan, diantaranya:

  • Merusak pankreas karena bekerja lebih keras untuk membantu proses metabolisme alkohol.
  • Gangguan sistem pencernaan karena menyebabkan peradangan pada lambung, tukak lambung, hingga kanker pada saluran pencernaan.
  • Mengganggu fungsi hati karena bekerja lebih keras ketika dicerna dan dimetabolisme.
  • Kerusakan pada otak yang akan mengganggu konsentrasi, sulit berpikir, mengantuk dan sakit kepala. 
  • Memicu penyakit jantung karena alkohol yang berlebihan akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan melemahkan otot jantung.
  • Peningkatan risiko kanker mulut, lidah, hati, lambung karena alkohol memiliki sifat karsinogen yang dapat merusak sel tubuh sehingga memicu penyakit kanker.

Cara Mengukur Kadar Alkohol Dalam Tubuh

Ketika mengkonsumsi minuman beralkohol, Anda perlu mengetahui kadarnya dalam tubuh sebelum beraktivitas. Alat yang dapat digunakan adalah alcohol tester. Alcohol tester merupakan alat yang digunakan untuk skrining alkohol dengan memanfaatkan hembusan napas seseorang untuk mengetahui kadar alkohol dalam tubuh. 

Kandungan alkohol melalui napas selanjutnya akan dikonversikan sebagai kandungan alkohol dalam darah (BAC) oleh alat ini. Alat ini dirancang untuk mendeteksi dan mengukur kadar alkohol yang terdapat dalam darah seseorang secara mudah, cepat, praktis dengan hasil yang akurat.

Fitur Alcohol Tester

fitur alkohol tester

Pada alcohol tester terdapat beberapa fitur agar dapat mendeteksi kadar alkohol dalam tubuh, diantaranya:

1. Dua Mode Pengaturan

Pada alat alcohol tester terdapat dua mode pengaturan yaitu, mode normal dan mode cepat. Mode normal digunakan untuk mengukur kandungan alkohol dalam darah melalui display LED dalam bentuk angka. Sedangkan mode cepat digunakan untuk mendeteksi kandungan alkohol dalam darah dengan tiga kategori, yaitu:

  • “0” atau “Zero”, tidak ada alkohol yang terdeteksi dalam tubuh.
  • “Low”, berarti alkohol terdeteksi dalam jumlah yang cukup dalam tubuh pengguna.
  • “High”, berarti terdeteksi alkohol dalam jumlah banyak di dalam tubuh pengguna. 

2. Sensor

Fitur sensor pada alcohol tester bersifat semikonduktor, yang berfungsi untuk mendeteksi alkohol dalam napas seseorang. Sensor ini memiliki sensitivitas yang tinggi untuk mendeteksi alkohol.

3. Mouthpiece

Ketika mode normal diaktifkan, maka fitur mouthpiece akan digunakan. Fitur ini tidak digunakan jika mode cepat diaktifkan.

4. Tingkat Akurasi

Alcohol meter memiliki tingkat akurasi kurang lebih 0,1% BAC pada 0,05% BAC. Satuan BAC atau Breath Alcohol Concentrate yang menunjukkan kadar alkohol napas. 

5.  Bunyi Peringatan

Alat ini dilengkapi dengan nada peringatan yang terdiri dari 3 tingkatan bunyi terhadap deteksi alkohol dengan display LED. 

6. Bentuk Portable

Salah satu alat kelebihan alcohol tester adalah bentuk portable yang memudahkan untuk dibawa. Sehingga sangat memungkinkan untuk memeriksa kadar alkohol seseorang kapanpun dan dimanapun.

Cara Menggunakan Alcohol Tester

Alcohol tester sangat mudah digunakan dimanapun dan kapanpun. Berikut ini adalah cara menggunakan alcohol tester untuk mengukur kadar alkohol dalam tubuh.

  • Buka mouthpiece dalam kemasan dan jangan sampai tersentuh agar tetap steril dan higienis.
  • Pasang mouthpiece dengan tepat dan sesuai pada badan alcohol tester.
  • Nyalakan tombol power yang terdapat pada alat  tersebut dan biarkan angka tertera pada layar LED menunjukkan angka 0.
  • Jika alat sudah siap, letakkan mulut pada mouthpiece yang terpasang pada alat. Hembuskan napas sekuat tenaga selama beberapa detik (seperti meniup balon).
  • Tunggu hingga layar LED menunjukkan hasil kadar alkohol dalam tubuh.

Penggunaan Alcohol Tester

Alat pengukur kadar alkohol atau alcohol tester banyak digunakan karena memiliki manfaat dan membantu mendeteksi dengan mudah. Alcohol tester banyak digunakan di berbagai instansi kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, alat ini juga digunakan pada instansi di bidang pelayaran, pekerjaan konstruksi, kepolisian, pertambangan, keamanan, perhubungan (darat, laut, udara). 

Penggunaan alcohol tester pada instansi untuk menjaga dan memantau kondisi para pekerjanya. Hal ini untuk mengetahui keadaan pekerja apakah dalam keadaan mabuk karena alkohol yang dapat merugikan banyak pihak. Alat ini juga digunakan untuk mengetahui kandungan alkohol dalam tubuh seseorang pada kasus kriminal tertentu di kepolisian.

Baca juga: MENGENAL MOISTURE METER, ALAT PENGUJI KADAR AIR

Distributor Alat Pengukur Kadar Alkohol

Alcohol tester banyak digunakan oleh berbagai instansi sebagai bentuk syarat untuk mengetahui kondisi seseorang apakah dalam keadaan mabuk atau tidak. Meskipun alcohol tester umumnya digunakan oleh instansi untuk kepentingan pekerjaan, tidak ada salahnya jika Anda memiliki alat ini.

Untuk mendapatkan alat pengukur kadar alkohol berkualitas, CV. Berkah Amanah adalah solusinya. Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis alat penguji dan pengukur yang lengkap serta berkualitas. Berdomisili di Jawa Tengah, Anda dapat menemukan berbagai macam alat pengukur, seperti air sampler, alcohol tester, salinometer, anemometer, moisture meter, pH meter, dan masih banyak lagi.


Author

%d bloggers like this: