Indonetwork, Bahan Bangunan – Anda pasti sering menjumpai bahan baja pada perkakas rumah tangga, aksesoris, atau material bangunan. Bahan baja memang sangat populer penggunaannya di berbagai aspek kehidupan karena sifat-sifat baja yang menguntungkan.

Di pasaran, kita bisa menemukan berbagai macam jenis baja, seperti baja karbon, alloy steel, aluminum steel, baja kobalt, hingga baja kromium nikel. Setiap jenis baja memiliki sifat dan tingkat kekuatan yang berbeda yang bergantung pada apa saja komposisi unsur logam pembuatannya.

Beberapa unsur logam ditambahkan pada baja yang tujuannya agar bisa menghasilkan sifat-sifat khusus, seperti menjadi lebih tahan karat dan kokoh. Nah, bahan baja paduan tersebut dinamakan dengan alloy.

Apa Itu Bahan Alloy Steel?

Alloy sendiri merupakan perpaduan larutan atau senyawa dari dua atau lebih elemen, dan salah satunya harus logam, yang memuat properti metalik. Jadi, alloy steel atau baja paduan adalah campuran logam yang tersusun dari sejumlah kecil karbon dan unsur logam tambahan.

Komposisi utama alloy steel sendiri yaitu unsur logam dasar yang bisa mencapai 90% atau lebih dari total material. Sedangkan komposisi sisanya bisa berupa unsur logam atau non logam, mulai dari Nikel (Ni), Mangan (Mn), Seng (Zn), Besi (Fe), Tembaga (Cu), dan sebagainya.

Saat ini Indonesia termasuk negara penghasil baja mentah terbesar ke-15 di dunia dengan hasil produksi sekitar 15,6 juta ton per tahun. Dan alloy steel adalah salah satu variasi baja berkualitas hasil dari melimpahnya baja mentah di Tanah Air.

Alloy steel pun terbagi menjadi dua jenis berdasarkan kadar paduannya, di antaranya baja paduan rendah (low alloy steel) dan baja paduan tinggi (high alloy steel). Baja jenis ini pun mudah ditemukan di toko bahan bangunan maupun dipesan secara online.

Baca Juga: Panduan Lengkap Besi Beton SNI

Kelebihan Penggunaan Alloy Steel

kelebihan alloy steel
Sumber: AliExpress

Kelebihan utama alloy steel yaitu sifatnya yang kokoh dan kuat. Paduan logam dengan takaran tertentu membuat sifat baja paduan ini memiliki tingkat kekuatan yang sesuai. Tidak heran jika jenis baja ini banyak dipilih untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Soal harga, alloy steel dinilai lebih ramah kantong dibandingkan material lainnya. Meski begitu, bahan alloy unggul dibanding baja reguler karena memiliki sifat mekanik dan konduktivitas termal yang baik, sehingga bisa digunakan sebagai material penangkal panas.

Selain mudah diaplikasikan pada konstruksi bangunan, baja paduan ini pun banyak dijadikan sebagai material peralatan rumah tangga dan aksesoris. Hal ini karena kemampuan alloy yang tahan terhadap suhu rendah, tahan terhadap karat dan korosif. Sifat-sifat alloy steel tersebut tentu sangat menguntungkan karena aman digunakan bagi manusia dan perawatannya pun mudah.

Kekurangan Penggunaan Alloy Steel

Tidak afdol kalau mengulas kelebihan tanpa menyertakan juga kekurangannya. Mungkin Anda punya aksesori berbahan logam yang lama-kelamaan warnanya jadi luntur? Itu adalah salah satu kelemahan dari aksesori berbahan alloy.

Alloy steel adalah bahan yang bisa luntur. Biasanya perubahan warna terjadi karena ada reaksi kimia antara unsur-unsur penyusun alloy dengan kondisi atau lingkungan tertentu, misalnya kontaminasi dengan lingkungan yang memiliki pH rendah.

Perubahan warna pada alloy juga bisa disebabkan oleh oksidasi atau munculnya lapisan lain pada permukaan alloy. Dari oksidasi tersebut lambat laun bisa timbul karat dan merusak permukaan alloy.

Karena itu, anggapan bahan alloy, terutama stainless steel, tidak bisa berkarat sebenarnya kurang tepat. Karena baja jenis ini tetap bisa berkarat, namun prosesnya lebih lama dan tidak mudah. Sehingga lebih tepat disebut baja tahan karat, bukan baja anti karat.

Kekurangan material alloy lainnya yaitu tidak tahan terhadap getaran yang cukup kuat, seperti getaran gempa. Jika terjadi kerusakan, proses perbaikannya memerlukan alat berat.

Baca Juga: Harga Kursi Taman Besi Minimalis dan Spesifikasinya

Tips Merawat Bahan Alloy Steel

tips merawat bahan alloy
Sumber: antsautodetailing.com.au

Tidak bisa dimungkiri, meskipun alloy steel dikenal kuat dan kokoh, namun lambat laun dapat mengalami penurunan kekuatan. Anda bisa mengikuti tips berikut untuk menjaga bahan alloy steel tahan lama.

Hindarkan dari bahan kimia agresif

Jauhkan bahan alloy dari zat kimia seperti parfum, deterjen, hairspray, kosmetik, aseton, kosmetik, garam, dan kaporit kolam renang. Meski tahan karat, namun kontak dengan zat kimia tersebut membuat bahan alloy menjadi rentan karatan. Hindari pula goresan dengan benda lain.

Beri pelapisan pelindung

Cat anti karat atau cat anti korosi dapat membantu melindungi bahan alloy dari paparan lingkungan yang keras.

Bersihkan dengan benar

Cara membersihkan bahan alloy mudah, namun tidak bisa sembarangan. Celupkan barang dalam air hangat yang dicampur cairan pencuci piring. Diamkan barang beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih, dan gunakan kain lembut atau spons untuk mengeringkannya.

Anda juga bisa memanfaatkan sedikit pasta gigi untuk membuat permukaan bahan alloy kembali kinclong.

Simpan di tempat yang tepat

Setelah dicuci dan dipastikan kering, simpan di tempat kering, bersih, dan bebas kelembaban atau paparan elemen yang abrasif. Sebaiknya, pisahkan tempat penyimpanan untuk masing-masing aksesoris berbahan alloy (imitasi, perak, emas) untuk menghindari kerusakan dan perubahan warna.

Alternatif lain, Anda bisa menyimpan barang berbahan alloy di dalam plastik kering. Lapisi dulu aksesoris dengan kain lembut, lalu masukkan ke plastik.

Dari uraian di atas, kita bisa tahu bahwa alloy steel adalah baja yang digunakan di berbagai aspek kehidupan karena membawa banyak keuntungan. Melalui perawatan dan penyimpanan yang tepat, barang berbahan alloy bisa memiliki umur panjang dan awet.

Baca Juga: Tips Merawat Pipa Besi agar Tidak Mudah Berkarat dan Awet


Jika ingin mendapatkan material alloy steel yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya dari distributor terpercaya yang jual alloy steel, salah satunya PT. Globalindo Anugerah Jaya Abadi. Mereka adalah pemain lama di bidangnya yang sudah melayani permintaan akan kebutuhan berbagai jenis besi baja selama lebih dari 50 tahun. Mereka juga menyediakan carbon steel, stainless steel, mild steel, dan non ferrous metal. Anda bisa menghubungi PT. Globalindo Anugerah Jaya Abadi melalui telepon atau langsung datang ke kantornya yang berlokasi di Jl. P. Tubagus Angke No 31, Jakarta Barat.

Lalu, untuk menambah pengalaman belanja Anda akan , Anda bisa belanja di Indonetwork. Salah satu pioner marketplace B2B di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan pabrik, rumah tangga, pertanian dan perikanan, peralatan kantor, hingga alat elektronik dengan kualitas unggul. Belanja sekarang dan dapatkan penawaran menarik melalui fitur best deal agar lebih hemat!

Enable Notifications OK No thanks