Indonetwork, Elektronik – Apa itu point of sales? Aplikasi point of sales  atau software POS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membantu manajemen penjualan dan transaksi bisnis. Aplikasi POS mencatat setiap transaksi penjualan, termasuk item, jumlah, dan harga.

Software ini dapat membantu secara otomatis mengurangkan stok barang yang terjual. Selain itu, biasanya aplikasi ini mendukung analisis data untuk mendukung keputusan bisnis, seperti menentukan produk yang paling laku atau menilai kinerja toko.

Fungsi Point of Sales

Sistem Point of Sale (POS) memiliki berbagai fungsi yang sangat penting untuk membantu manajemen dan operasional bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari sistem POS:

1. Pencatatan Penjualan dan Manajemen Stok

Aplikasi POS berfungsi untuk mencatat setiap transaksi penjualan, termasuk detail item, jumlah, dan harga dan mengurangkan stok otomatis setelah penjualan. Dari segi manajemen stok, POS berguna untuk melacak dan mengelola stok barang dengan akurat. Fungsi lain adalah memberikan pembaruan real-time tentang ketersediaan barang.

2. Proses Pembayaran

POS memfasilitasi proses pembayaran dengan berbagai opsi, seperti uang tunai, kartu kredit, atau metode pembayaran digital, serta menghitung kembalian secara otomatis. Lengkapnya metode pembayaran yang dimiliki membuat POS sangat memudahkan kasir maupun pembeli dalam melakukan pembayaran secara akurat.

3. Pelacakan Pelanggan

Fungsi POS lainnya yaitu sebagai database pelanggan. POS memiliki fitur yang memungkinkan untuk mencatat informasi pelanggan, termasuk detail pembelian, alamat, dan informasi kontak. Selain itu juga memfasilitasi program loyalitas dan memberikan diskon khusus kepada pelanggan yang sering berbelanja.

4. Laporan dan Analisis

Sebagai aplikasi pencatatan keaungan kasir, aplikasi POS juga dilengkapi dengan menu laporan penjualan harian, mingguan, atau bulanan.

Selain itu, POS berfungsi untuk analisis data untuk mendukung keputusan bisnis, seperti menilai kinerja produk atau mengidentifikasi tren penjualan. Termasuk merekam jam kerja karyawan dan menghasilkan laporan kehadiran serta memberikan hak akses yang berbeda untuk masing-masing karyawan.

5. Integrasi dengan Perangkat Lain

Mengintegrasikan dengan perangkat keras seperti printer struk, scanner barcode, dan laci uang. Selain itu POs juga dapat diintegrasikan dengan sistem pembayaran dan manajemen bisnis lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Printer Kasir Bluetooth Terbaik dan Berkualitas

Cara Menggunakan Point of Sales

Berikut adalah panduan umum yang dapat membantu Anda memahami cara menggunakan aplikasi POS:

1. Pendaftaran dan Instalasi

Pertama, download aplikasi POS dari sumber resmi atau platform distribusi aplikasi, seperti di Indonetwork. Lalu, ikuti petunjuk registrasi dan instalasi yang diberikan oleh penyedia aplikasi.

2. Konfigurasi Awal

Setelah aplikasi terinstal, lakukan konfigurasi awal seperti memasukkan informasi bisnis, alamat, dan rincian kontak. Pastikan Anda menyelesaikan langkah ini agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan lengkap nantinya.

3. Tambahkan Produk atau Layanan

Sudah menyelesaikan konfigurasi awal? Kini Anda bisa mulai memasukkan produk atau layanan yang Anda jual ke dalam sistem. Cantumkan harga, nomor seri barcode, jumlah stok, dan informasi lain yang relevan dengan teliti.

4. Pilih Metode Pembayaran

Selanjutnya, tentukan opsi metode pembayaran yang akan Anda terima, seperti uang tunai, kartu kredit, atau pembayaran digital.

5. Proses Penjualan

Saat pelanggan melakukan pembelian, pilih produk atau layanan yang dibeli. Lalu, input jumlah atau jumlah yang dibeli. Untuk pencatatan, Anda bisa scan barcode pada kemasan produknya menggunakan barcode scanner atau menuliskan nomor seri barcode secara manual. Selanjutnya, tanyakan pada pembeli mengenai metode pembayaran.

6. Pencetakan Struk atau Tanda Terima

Setelah transaksi selesai, cetak struk atau tanda terima pembelian jika diperlukan. Pastikan struk mencakup informasi transaksi dengan jelas.

Aplikasi-aplikasi Point of Sales

Berikut ini beberapa aplikasi Point of Sales yang bisa digunakan:

1. Moka POS

rekomendasi software POS - MOKA POS
Sumber: mokapos.com

Jenis software ini cocok untuk berbagai jenis usaha, mulai dari usaha kecil hingga menengah. Adapun beberapa fiturnya, seperti manajemen stok, penjualan produk, laporan keuangan, cetak struk, integrasi dengan marketplace. Untuk harga, software MOKA POS menggunakan sistem subscribe atau berlangganan dengan harga mulai dari Rp199.000 per bulan.

2. Software Accurate POS

rekomendasi software POS - Accurate POS
Sumber: kasir.cloud

Accurate POS adalah aplikasi kasir online yang terintegrasi dengan software akuntansi Accurate Online. Software ini dirancang untuk membantu Anda mengelola penjualan dan stok barang dengan lebih mudah dan efisien. Beberapa fitur utamanya adalah penjualan, dan manajemen stok.

3. Rene 2 POS

rekomendasi software POS - RENE POS
Sumber: Google

Rene 2 POS adalah software kasir all-in-one yang lengkap dan mudah digunakan. Software ini dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi dan akurasi transaksi penjualan, menghemat waktu dan tenaga, meningkatkan layanan pelanggan, dan memudahkan proses pembukuan dan akuntansi.

4. POSX

rekomendasi sofware POS - POSX
Sumber: Google

Software kasir ini dirancang untuk membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih mudah dan efisien. Software ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda:

  • Melakukan transaksi penjualan dengan cepat dan mudah.
  • Mengelola stok barang secara real-time.
  • Mencetak struk dan laporan penjualan.
  • Menganalisis data penjualan untuk pengambilan keputusan bisnis.
  • Meningkatkan layanan pelanggan.

5. Shopify POS

rekomendasi software POS - Shopify POS
Sumber: Shopify POS

Shopify POS adalah sistem kasir yang lengkap dan mudah digunakan yang dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi dan akurasi transaksi penjualan, menghemat waktu dan tenaga, meningkatkan layanan pelanggan.

Software ini dibekali menu lengkap yang akan memudahkan Anda dalam proses pembukuan dan akuntansi, memberikan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan bisnis, dan meningkatkan penjualan di semua channel penjualan.

Baca Juga: Moka Pay, Permudahkan Sistem Pembayaran Pelaku Usaha

Itulah uraian pengertian apa itu point of sales dan beberapa aplikasi kasir sederhana dapat membantu dalam memantau stok produk dengan memperbarui secara otomatis setiap kali terjadi penjualan. Ini membantu bisnis untuk menghindari kehabisan stok atau kelebihan persediaan.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks