Indonetwork, Peluang UsahaMengenal usaha bisnis franchise atau yang dikenal dengan waralaba. Bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk para pebisnis, khususnya pebisnis pemula. Hal ini karena bisnis franchise yang satu ini bisa cukup menjanjikan dan lebih mudah dilakukan. Bisnis ini juga terkesan lebih praktis dan memiliki resiko yang minim. Sehingga sangat cocok untuk generasi muda yang ingin mendirikan bisnis atau usaha sendiri.

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis, Anda perlu mempelajari tentang bisnis itu sendiri, agar Anda tidak salah langkah yang dapat menyebabkan kerugian.

Jika Anda terpikirkan ingin menjalankan bisnis franchise namun masih ragu ragu, berikut ini beberapa informasi mengenai pengenalan usaha franchise, mulai dari pengertian dan tips memulai bisnis franchise.

Apa Itu Usaha Franchise?

mengenal usaha franchise

Kata franchise berasal dari dialek kuno bahasa Prancis yang berarti keistimewaan atau kebebasan. Dalam bahasa Indonesia sendiri, franchise diartikan sebagai waralaba. Wara yang berarti ‘lebih’, dan Laba berarti ‘untung’. 

Pemilik usaha biasa disebut pewaralaba atau franchisor, sedangkan pembeli adalah terwaralaba atau franchisee.

Isi dari perjanjian dalam kerja sama franchise biasanya adalah pihak franchisor akan memberikan izin dan hak penjualan pada bisnis yang dimilikinya, meliputi merek dagang, produk, dan sistem operasional yang sudah dibentuk. Sedangkan franchisee akan menerima hak penjualan dari franchisor setelah mendapat persetujuan untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis tersebut.

Contoh usaha franchise yang sangat umum di Indonesia adalah seperti perusahaan makanan, seperti McDonald’s, KFC, Dunkin’ Donuts, Pizza Hut. Ada pula perusahaan retail minimarket, seperti Indomaret, Alfamart, dan lain sebagainya. 

Kini, UMKM pun banyak yang menganut model bisnis ini, umumnya usaha makanan dan minuman seperti Ayam Hisana, Ayam Sabana, Kedai Minuman “Es Teh”, dan masih banyak lagi.

Banyaknya jenis usaha yang bisa dilakukan franchise ini mungkin saja membuat banyak orang tergiur ingin memiliki usaha di bidang-bidang ini karena dinilai menguntungkan dan mudah, mungkin saja termasuk Anda.

BACA JUGA: Penggunaan Bht Food Grade Dalam Makanan Kemasan

Tips Dalam Memilih Bisnis Franchise 

usaha franchise minimarket

Ada beberapa tips yang bisa digunakan pada bisnis franchise. Jika Anda ingin sukses dalam menjalankan bisnis tersebut, berikut inilah tipsnya.

1. Pilih Bisnis yang Anda Sukai

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya kenali dahulu minat yang Anda sukai. Berbisnis juga termasuk ke dalam bekerja. Jika Anda tidak ahli, maka bisnis yang dimiliki pun akan sulit untuk berkembang.

Lihat keahlian yang dibutuhkan dalam pengembangannya, Anda mungkin akan mendapatkan pelatihan dasar dari jenis franchise yang ditawarkan. Namun, skill dan kemauan Anda juga akan dibutuhkan untuk mengembangkannya.

2. Sesuaikan dengan Modal yang Anda Miliki

Hitunglah semua modal yang dimiliki, setelah itu Anda bisa menentukan franchise yang sesuai dengan budget. Jika Anda langsung memilih franchise tanpa menyesuaikan budget, Anda akan kesulitan jika ada kebutuhan yang tak terduga muncul. 

Ada banyak sekali penawaran kredit khusus franchise, tapi Anda juga akan membayar bunga yang tidak sedikit. Anda tidak ingin bukan terbebani dengan banyak hutang? Maka pilihlah franchise yang sesuai dengan budget Anda.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis adalah syarat ketika Anda memulai bisnis, termasuk franchise. Merek yang Anda miliki mungkin sudah terkenal, namun jika Anda memilih tempat yang tidak sesuai, maka pendapatannya juga bisa terhambat. Agar mendapatkan pendapatan yang maksimal, pilihlah tempat strategis. Usahakan bisnis Anda berada di tempat yang terlihat jelas dan sering dilewati oleh banyak orang. 

Tips ini cukup efektif untuk menjaring lebih banyak konsumen pada usaha Anda.

4. Baca Kontrak dengan Teliti 

Baca semua perjanjian yang tercantum pada kontrak dan jangan lewatkan hal-hal kecil yang dapat merugikan Anda kelak. Pastikan juga hal apa saja yang bisa mengakibatkan pemutusan hubungan franchise.  

Setelah itu, Anda juga perlu memperhatikan aspek-aspek terkaitnya pengalihan kepemilikan franchise dan ahli waris. Jika Anda kurang mengerti dengan isi kontrak, jangan ragu untuk meminta bantuan pada notaris atau pengacara.

BACA JUGA: Ide Bisnis Berbahan Dasar Kacang Tanah

Keuntungan dan Kerugian Usaha Franchise

Nah, setelah mengetahui tips-tips yang dibutuhkan untuk usaha franchise, Anda juga perlu mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian pada usaha waralaba ini. Berikut inilah beberapa kekurangan dan kelebihannya.

  • Kelebihan 

  1. Dapat memberi manfaat pada pemilik usaha kecil karena memiliki jaringan yang luas.
  2. Tidak terlalu membutuhkan banyak pengalaman saat menjalankan bisnis ini karena penjual waralaba akan memberikan Anda pelatihan.
  3. franchise memiliki peluang sukses lebih besar dibandingkan dengan pebisnis yang memulai usahanya sendiri.
  4. Merek yang sudah dikenal banyak oleh masyarakat sehingga para franchisee tidak perlu memikirkan strategi pemasarannya.
  5. Manajemen finansial akan lebih mudah karena franchisee kebanyakan lebih suka memberi modal pada bisnis yang telah kokoh dari segi finansial dan jaringan pemasarannya. Sistem finansial ini akan ditetapkan oleh franchisor utama, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan manajemen finansial ini.

Kekurangan

  1. Membeli waralaba berarti membuat perjanjian dengan franchisor Anda, baik secara hukum maupun manajemen finansialnya.
  2. Perjanjian waralaba akan mengatur langkah Anda saat menjalankan bisnis, sehingga tidak banyak ruang untuk meningkatkan kreativitas Anda pada bisnis tersebut.
  3. Membeli waralaba berarti Anda harus siap membagi keuntungan dengan franchisor Anda.
  4. Salah satu kekurangan terbesar pada franchise adalah tergantungnya reputasi pada waralaba lain. Jika salah satu waralaba melakukan kesalahan maka hal ini akan mempengaruhi waralaba yang Anda kelola.
  5. Membutuhkan modal yang lebih banyak. Franchisor akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian waralaba. Kemudian akan ada juga biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan untuk para franchisee.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diketahui saat Anda ingin memulai usaha franchise. Semoga dapat membantu dalam memulai bisnis waralaba Anda!

Penulis: Wardah Aliya Rahmah

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks