Relokasi atau pindahan kantor merupakan salah satu hal yang dapat menguras tenaga dan memakan waktu yang tidak sedikit. Anda juga perlu selektif dalam memilih jasa pindahan, mengingat banyaknya barang-barang yang perlu untuk dipindahkan. Maka agar pindahan dapat berjalan dengan lancar dan terorganisir dengan baik, Anda memerlukan persiapan yang detail. Membuat daftar mulai dari hal-hal terkecil hingga hal besar yang selalu Anda ingat.

Untuk memudahkan proses persiapan pindahan kantor Anda, kami memberikan beberapa langkah yang dapat menjadi acuan atau panduan Anda dalam melakukan pindahan kantor. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

Perencanaan Pindahan Kantor

Pindahan
Sumber: Pexels

Tahap pertama dari pindahan kantor dapat Anda lakukan dengan perencanaan di awal. Perencanaan ini biasanya dilakukan 6 bulan sebelum Anda memutuskan untuk pindah. Meskipun perencanaan merupakan tahap dini dari proses pindahan, namun ada baiknya untuk membuat langkah-langkah yang bisa menjadi panduan Anda untuk memastikan tidak ada yang akan terlewat dari selama proses pindahan. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda persiapkan dalam tahap ini.

Menentukan Anggaran

Penentuan anggaran adalah hal yang cukup krusial. Maka dari itu, Anda harus memiliki banyak persiapan finansial dengan penganggaran yang tidak terbatas pada kebutuhan-kebutuhan yang sudah pasti. Dalam arti, Anda harus menyisihkan sejumlah dana darurat untuk persiapan kebutuhan yang mendesak.

Tunjuk Koordinator Pindah

Dalam proses pindahan, Anda juga perlu menunjuk salah satu orang yang bisa membantu mulai dari perencanaan hingga proses pindahan selesai. Koordinator ini akan banyak membantu dan memudahkan Anda untuk merinci segala keperluan dan kebutuhan yang perlu dipersiapkan.

Pekerjakan Beberapa Jasa Layanan Profesional

Selama proses pindahan, Anda dapat menyewa beberapa jasa layanan profesional seperti layanan pindahan, jasa pengemas, jasa pengangkut barang, jasa pembersihan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, proses pindahan tidak akan terhambat dan tetap dapat berjalan lancar.

Rancang Tata Letak

Perancangan tata letak pada lokasi baru juga dibutuhkan agar para karyawan bisa mendapat tempat kerja yang lebih nyaman dari sebelumnya. Anda dapat membagi tata letak ini mulai dari pembagian ruangan hingga bagan tempat duduk karyawan.

Komunikasikan Proses Pindahan Anda kepada Karyawan

Dalam proses pindahan kantor, Anda juga harus banyak melibatkan karyawan-karyawan yang Anda pekerjakan, karena hal ini akan berhubungan dengan kelanjutan bisnis Anda. Beberapa hal yang perlu Anda informasikan adalah seperti tanggal pindahan, alamat kantor baru, dan beberapa hal lainnya.

Baca juga: 7 Tugas Wajib Jasa Cleaning Service Pada Gedung Perkantoran

Persiapan Akhir Sebelum Pindahan

Tahap kedua yakni persiapan akhir sebelum pindahan yang dapat Anda lakukan selama 3 bulan sebelum hari pindahan. Pada tahap Anda dapat melakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Kemaslah beberapa barang yang dapat Anda tangani sendiri, seperti barang-barang pribadi yang pengemasannya masih dapat dijangkau.
  2. Konfirmasikan semua detail. Pada langkah ini, Anda juga perlu mengkonfirmasikan bagian-bagian yang telah selesai dikerjakan kepada orang yang ditunjuk sebagai koordinator.
  3. Persiapkan seluruh barang yang Anda butuhkan untuk mengakses lokasi baru, seperti kunci, kode masuk (kata sandi), atau Anda juga dapat menanyakan mengenai lokasi parkiran yang dapat digunakan di sekitar lokasi kantor baru Anda.
  4. Pastikan semua furniture yang dibutuhkan telah terpasang .
  5. Kenali lingkungan baru Anda.

Baca juga: 5 Fungsi ID Card untuk Karyawan Kantoran

Hari Pindahan

Pindahan
Sumber: Pexels

Hari pindahan akan menjadi hari yang melelahkan bagi semua orang yang terlibat. Oleh karena itu, pastikan Anda dan seluruh orang yang terlibat mematuhi tahapan yang sudah dibuat dan melakukan semua tugasnya sesuai daftar yang ada. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti selama proses pindahan.

  1. Mintalah tim untuk bergerak sesuai dengan daftar petunjuk dan awasi prosesnya.
  2. Lakukan proses scanning pada kantor lama. Hal ini dimaksudkan dengan mendokumentasikan seluruh bagian ruangan untuk memberikan informasi apakah ruangan masih dalam keadaan baik, rusak, butuh perbaikan, dan lain sebagainya.
  3. Bongkar barang-barang yang siap untuk ditata. Apabila keadaan ruangan sudah memungkinkan untuk menata barang-barang pribadi milik karyawan, maka instruksikan kepada mereka untuk menata barang-barang pribadinya.
  4. Periksa seluruh furniture untuk memastikan semua dapat bekerja dengan baik.

Pasca Pindahan

Setelah proses pindahan selesai, saatnya merapikan segala hal yang akan menyangkut kantor baru Anda. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti menyebarkan informasi mengenai nomor telepon dan alamat baru kepada client maupun pemasok makanan atau barang-barang penting di kantor Anda.

Selain itu, Anda juga perlu membantu karyawan agar dapat beradaptasi dengan baik. Seperti memberikan mereka informasi terkait angkutan umum yang dapat menjadi transportasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Keunggulan Roller Blind untuk Kantor dan Rumah

Jasa Pindahan Kantor

Memilih jasa pindahan kantor harus dilakukan secara selektif, karena hal tersebut menyangkut inventaris yang harus dijaga. Bagi anda yang sedang mencari referensi jasa pindahan kantor, Anda dapat menggunakan jasa pindahan kantor di CV Citra Mandiri.

CV Citra Mandiri dapat menjadi jalan keluar yang tepat untuk Anda dalam menghemat biaya dan membantu proses pindahan Anda dengan cepat dan ringkas. Didukung dengan banyaknya armada yang tersebar di Pulau Jawa dan Sebagian Lombok, Bali, dan Sumatera, sehingga CV Citra Mandiri selalu siap membantu Anda dalam keperluan jasa pindahan kantor. Jadi? Tunggu apalagi? Segera kunjungi website CV Citra Mandiri hari ini!

Author

Enable Notifications OK No thanks