Indonetwork, Bahan Bangunan – Penggunaannya dalam berbagai industri seperti konstruksi dan otomotif tentu sudah tidak asing bagi Anda. Kualitas material yang kuat dan harga terjangkau, membuat jenis besi ini sering digunakan pada proses pengecoran. Sehingga jenis besi yang satu ini dikenal dengan besi cor atau tuang. 

Besi cor merupakan salah satu material iron yang berasal dari penggabungan besi dan karbon. Karakter besi ini yang kuat dan tahan aus, membuatnya menjadi salah satu bagian penting dalam konstruksi bangunan karena mampu menjaga kondisi bangunan dapat berdiri dengan baik dan kuat. Sebelum menggunakannya, Anda perlu mengenal besi cor dan jenisnya dalam industri.

Baca juga: KETAHUI MANFAAT, KEGUNAAN, SERTA STANDAR UKURAN BESI BETON ULIR

Apa itu Besi Cor? 

Besi cor merupakan jenis material rangka bangunan yang terbuat dari campuran besi, karbon, silikon, mangan, sulfur, dan fosfor. Sehingga besi cor memiliki karakter yang kuat, tahan lembab, tahan aus, dan tahan korosi, membuatnya banyak digunakan. Kandungan karbon pada besi ini berkisar pada lebih dari 1,7%. Jika kandungan karbon pada kisaran 2,4% hingga 4%, umumnya harga besi relatif mahal. Sebaliknya jika dibawah 2% maka kualitas besi rapuh dan kurang bagus. 

Besi cor dikenal dengan besi tuang karena diambil berdasarkan salah satu proses pembuatannya yaitu penuangan. Bijih besi yang sudah dilelehkan dan dicampurkan dengan bahan lainnya, kemudian akan masuk proses penuangan ke dalam cetakan prefabrikasi (casting process). 

Setelah dituang ke dalam cetakan, material besi ditunggu hingga dingin dan mengeras. Proses pencetakan besi sangat mudah sehingga memungkinkan untuk diproduksi dalam jumlah besar. Selain itu, dengan menggunakan besi  tuang memberikan kemudahan untuk dibentuk menjadi bagian yang rumit atau sulit dibentuk.

Jenis Besi Cor

Pengelompokkan jenis besi cor berdasarkan pada kandungan karbon yang dapat berupa instentisial, yaitu sementit karbida besi atau karbon grafit. Selain kadar karbon, kadar paduan, pengotoran, laju pendinginan, dan proses setelah pendinginan menjadi dasar pengelompokkan beberapa jenis besi cor sebagai berikut. 

1. Kelabu (Gray Cast Iron)

Besi tuang kelabu merupakan jenis besi yang paling banyak digunakan. Sesuai dengan namanya, tampilan besi ini memiliki warna kelabu yang berasal dari patahan yang melintas pada serpihan grafit. Besi tuang kelabu terbentuk dari besi yang melibatkan bahan karbon, silikon, dan mangan. 

Bahan tersebut memberikan peranan dan pengaruh yang penting pada kualitas serta pembuatan besi. Besi tuang kelabu juga memiliki karakteristik spesifik lain dibandingkan jenis besi tuang lainnya, yaitu kekuatan untuk meredam getaran yang baik. Oleh karena itu, jenis besi ini cocok digunakan untuk struktur bangunan, alat berat, landasan mesin, dan konstruksi poros penghubung.

2. Tempa (Malleable)

Besi cor atau tuang malleable adalah jenis besi tuang putih yang dilebur di tungku panas dengan suhu mencapai 940oC. Proses ini akan memisahkan kandungan karbon dalam besi tuang putih. Setelah terpisah, posisi karbon akan digantikan dengan kandungan besi dan grafit.

Besi tuang tempa memiliki karakteristik yang mirip dengan baja ringan. Jenis besi ini mampu ditempa dan memiliki ciri untuk mampu menahan getaran serta beban yang sangat baik. Penggunaan besi cor tempa adalah untuk industri kereta api, otomotif, maupun industri lainnya. 

3. Putih (White Cast Iron)

Sesuai dengan namanya, jenis besi tuang ini memiliki tampilan permukaan berwarna putih. Warna putih ini terbentuk dari proses pendinginan besi tuang yang cepat. Proses pendinginan ini menyebabkan kandungan karbon tetap stabil, sehingga tidak membentuk grafit. 

Karakter utama dari besi tuang putih adalah daya tahan yang sangat baik dan dapat dipotong menggunakan mesin dengan mudah. Dengan karakteristik tersebut, besi tuang putih sangat cocok digunakan menjadi material pembuatan suku cadang yang membutuhkan ketahanan pada korosi yang tinggi. 

4. Nodular (Ulet)

Jenis besi tuang ini disebut nodular karena kandungan grafit pada besi jika diperbesar dengan alat khusus memiliki bentuk bulatan-bulatan (nodular). Bentuk grafit tersebut menjadi bulat karena komposisi tambahan berupa sedikit magnesium dan serium. 

Kandungan grafit yang berbentuk bulat, membuat besi tuang nodular memiliki karakteristik yang lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Oleh karena itu, besi tuang nodular digunakan dalam proses pembangunan sebuah konstruksi, tepatnya pada bagian lengkungan. Selain itu, pada bidang lain, besi ini digunakan sebagai porong engkol, pipa, atau suku cadang khusus. 

Kelebihan & Kekurangan Besi Cor

Penggunaannya pada berbagai kebutuhan industri tentu didukung dari kelebihan serta kekurangan yang dimiliki besi cor. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kekurangan  besi cor diantaranya: 

Kelebihan Besi Cor

  • titik temperatur peleburan yang lebih rendah;
  • memberikan dan menghasilkan kombinasi kekuatan tarik serta tekanan yang baik;
  • tahan terhadap aus, korosi, kikisan, dan temperatur tinggi;
  • harga yang murah. 

Kekurangan Besi Cor

  • sulit bahkan tidak bisa ditempat;
  • tidak dapat disambungkan dengan paku keling atau di las. Untuk menyambungnya dapat menggunakan baut dan sekrup;
  • tidak dapat menahan lenturan dan muatan magnet. 

Baca juga: 7 JENIS BESI UNTUK PAGAR YANG MENAMBAH ESTETIKA EKSTERIOR HUNIAN

Distributor Besi Cor Surabaya

Besi tuang dapat dengan mudah Anda temukan dalam berbagai ukuran yang umum digunakan, seperti Ø 6, Ø 8, Ø 10, dan Ø 12. Kebanyakan besi tuang ini berasal dari pembuatan beton bertulang yang sering digunakan untuk Anda yang ingin . Untuk kebutuhan tersebut, Anda memerlukan besi tuang berkualitas yang bisa didapatkan di CV. Aneka Steel Teknik.

Perusahaan ini merupakan distributor besi Surabaya yang menyediakan berbagai jenis besi kebutuhan Anda. CV. Aneka Steel Teknik menyediakan berbagai jenis besi, seperti besi pipa, besi beton,  besi wiremesh dan lainnya yang digunakan sebagai material konstruksi bangunan hingga struktur atap serta berbagai kebutuhan lainnya yang membutuhkan kekuatan lebih. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menemukan berbagai jenis baja ringan berkualitas dan terpercaya. Langsung saja hubungi distributor ini dan rasakan keuntungannya. 


Author

%d bloggers like this: