Indonetwork, Bahan BangunanDalam material bangunan, ukuran Besi H Beam memiliki berbagai variasi, karena metode pembuatannya menggunakan metode built up. Flange dan web pada baja H Beam dibuat secara terpisah untuk kemudian keduanya ditempelkan. Oleh karena itu, besi H Beam memiliki ukuran yang sangat bervariasi.

Besi H Beam memiliki karakteristik yang kokoh dan tidak mudah roboh. Maka dari itu, bahan konstruksi ini banyak digunakan sebagai tiang besi penyangga, konstruksi jembatan, hingga sebagai penyangga di gedung-gedung besar.
Akan tetapi, saat ini bahan material besi H Beam banyak diaplikasikan ke dalam konstruksi rumah dengan desain industrialis.

Besi H Beam memiliki warna silver yang dapat diwarnai. Hal ini semakin menjadikan material ini sangat fleksibel untuk diaplikasikan ke dalam konstruksi rumah hunian. Selain menambah kekokohan rumah, material ini juga memberikan kesan industrialis tersendiri.

Berikut beberapa panduan tentang ukuran Besi H Beam untuk rumah dua lantai. Simak terus hingga akhir!

Ukuran Besi H Beam untuk Rumah 2 Lantai

Ukuran Besi H Beam
Sumber: Pinterest

Untuk mengaplikasikan berbagai konstruksi bangunan seperti besi baja, terdapat beberapa langkah yang harus dicermati dan menjadi perhatian para kontraktor. Hal ini dikarenakan, pemilihan besi akan berhubungan dengan ketahanan bangunan itu nantinya.

Langkah-langkah tersebut adalah pemetaan konsep struktur konstruksi baja untuk kemudian diimplementasikan ke dalam proses pengerjaan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur besi baja yang akan digunakan. Pengukuran tersebut harus disesuaikan dengan luas lantai yang akan dibangun. Pemilihan besi baja tersebut nantinya akan menentukan penggunaan lantai pada bangunan.

Setelah itu, atur kolom baja sesuai dengan perhitungan standar yang telah ditetapkan, menentukan jenis struktur, menghitung pondasi, dan beban gempa. Untuk menghitung beban gempa ini, Anda dapat meminta bantuan tenaga kontraktor yang berpengalaman.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Ini Perbedaan Besi WF dan H-Beam

Ukuran Besi H Beam Paling Kecil

Varian ukuran besi H Beam paling kecil adalah 100 x 100. Besi H Beam paling kecil ini memiliki dimensi panjang 6m, tinggi dan lebar 10 cm, tebal badan 6 mm, tebal sayap 8 mm, dan berat 103 kg.

Biasanya, penggunaan tiap-tiap varian besi H Beam dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap bangunan. Semakin berat beban yang harus ditopang oleh sebuah bangunan, maka bisa jadi semakin besar pula dimensi ukuran besi yang digunakan.

Baca Juga: Daftar Harga Jual Besi WF, Besi H Beam, dan Besi Kanal C

Tabel Ukuran Besi H Beam

Terdapat berbagai varian ukuran besi H Beam. Mulai ukuran 100 x 100 hingga 400 x 400 dengan dimensi panjang 6 m dan 12 m. Berikut tabel lengkap tabel ukuran besi h beam:

Ukuran Besi H Beam

Perlu diketahui juga, bahwa pada setiap toko bangunan, biasanya menyediakan ukuran yang berbeda-beda. Ada yang menyediakan 10 varian ukuran atau lebih.

Dengan adanya merek-merek yang beragam, tidak menutup kemungkinan harga yang ditawarkan oleh setiap toko juga berbeda-beda.

Baca Juga: Daftar Alat Instrumentasi Industri yang Perlu Anda Ketahui

Rekomendasi Toko Besi H Beam Terbaik

Ukuran Besi H Beam
Sumber: Pinterest

Ada berbagai toko bangunan yang menjual besi H Beam, salah satunya yakni PT. Wira Baja Makmur Mandiri.
PT. Wira Baja Makmur Mandiri adalah perusahaan supplier besi dengan kualitas terbaik di Indonesia. Menyediakan berbagai barang konstruksi mulai dari besi beton, plat stainless, pipa besi, besi WF, CNP, UNP, Besi Hollow, Besi Wiremesh, Atap Spandek, dan menyediakan layanan kontraktor.

Besi H Beam yang dijual oleh PT. Wira Baja Makmur Mandiri adalah besi H Beam dengan kualitas terbaik dan dalam kondisi baru. Mulai dari ukuran 100 mm hingga 350 mm yang dijual dengan harga terjangkau.


Jika Anda membutuhkan referensi mengenai toko bangunan yang menjual besi H Beam, Anda dapat mengunjungi website Indonetwork. Sebagai pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia, Indonetwork memberikan berbagai layanan periklanan mulai dari pembuatan website, hingga company profile, dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi websitenya sekarang dan mulai berbelanja hari ini!

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks