Indonetwork, Bahan BangunanCara bending pipa conduit dibutuhkan pengguna umumnya untuk merapikan rangkaian kabel di rumah maupun bangunan tertentu. Pipa conduit sendiri merupakan Electrical Conduit Pipe yaitu pipa khusus yang terbuat dari PVC.

Pipa ini dapat diolah sesuai kebutuhan dan umumnya digunakan sebagai pengaman untuk kabel agar terhindar dari beragam kerusakan dari gangguan luar, seperti korosi, debu, hingga gigitan tikus.

Panjang pipa ini biasanya 20 mm dan fleksibel digunakan. Karakteristik pipa ini lentur sehingga mudah dibending. Lantas apa yang dimaksud dengan bending? berikut ini penjelasan pengertian bending pipa, jenis-jenisnya, hingga cara bending pipa conduit. Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Apa itu bending pipa conduit?

Pipa Conduit
Sumber: Google

Dalam dunia manufaktur, bending sendiri diartikan sebagai aktivitas menekuk atau membekokan material dengan menekan bagian material tertentu. Sedangkan bending pipa merupakan proses yang bertujuan membentuk atau membengkokkan pipa.

Untuk membending pipa harus menggunakan mesin tertentu. Pipa conduit umumnya dibentuk untuk menyesuaikan posisi dan kabel-kabel yang kacau. Pipa yang dibending akan dibentuk sesuai posisi ruang agar terlihat rapi dan enak dipandang.

Baca Juga: Cara Instalasi Pipa Conduit di Dinding Rumah agar Rapi

Jenis-jenis metode bending

cara instalasi pipa conduit
Sumber: Regan Industrial Sales

Dirangkum dari situs Kreasi Muda Indonesia, bending memiliki beberapa metode bending, meliputi:

1. Bending rotart draw

Jenis bending tersebut akan bekerja menjepit salah satu ujung pipa, kemudian merotasi pipa ke sekeliling cetakan dengan radius tekuk sesuai dengan radius rol yang digunakan.

2. Bending Ram

Metode bending ram digunakan untuk membuat lengkungan besar pada logam yang mudah bengkok. Di metode ini lembaran logam akan ditekan oleh dua poin ram mendorong pada besi di poros tengah untuk menekuknya. Bending ram biasanya akan membentuk oval luar dan dalam.

3. Compression bending

Jenis ini dibagi lagi menjadi tiga yakni bending manual, hidrolik, dan mekanikal. Bending manual akan menggunakan tenaga manusia dengan bantuan bandul pemberat. Bandul hidrolik menggunakan tenaga hidrolik. Sedangkan mesin bending menggunakan komponen sumber daya listrik dan dibantu gear box.

Cara bending pipa conduit

Dirangkum dari YouTube Aroel Electric DIY, berikut ini cara bending pipa conduit secara manual. Cara ini dapat Anda lakukan apabila kabel listrik memiliki diameter sesuai dengan pita. Kemudian selanjutnya tekuk atau bending sesuai dengan keinginan kita.

Selanjutnya lepaskan kabel tersebut. Pipa pun sudah terbentuk sesuai dengan keinginan kita. Selanjutnya cara membuat pipa tanpa socket yaitu dengan membakar ujung pipa sehingga pipa menjadi lebih lentur. Selanjutnya rapikan dengan pita klem. Sesuaikan posisi kabel-kabel sesuai kehendak.

Rekomendasi pipa conduit

cara bending pipa conduit
Sumber: Litaflex

Berikut ini beberapa rekomendasi pipa conduit yang bisa Anda pertimbangkan untuk kebutuhan konstruksi Anda.

1. Pipa Steel Panasonic Conduit Scafolding 1 1/2 Inchi

Pipa Baja scafolding conduit 1 1/2 inchi pnjang 3meter merek Panasonic terdapat beberapa ukuran:

  • 1 inchi panasonic
  • 1 1/2 inchi panasonic
  • 2 inchi panasonic
  • 3 inchi panasonic

dan dilengkapi dengan kopling per satu batangnya.

Pipa Besi Conduit E31

Jenis pipa tipe ini merupakan pipa yang paling sering digunakan pada gedung komersial dan industri. Tersedia berbagai pilihan finishing Hotdipped Galvanized (HDG) yangvtahan terhadap korosi. Panjang standar pipa adalah 3.660 mm. Tersedia dalam ukuran E-19, E-25, E-31, E-39, E-51, E-63 dan E-75.

PVC Clipasal Pipa Condut AMD Lesso

PVC Clipasal memiliki ukuran 20 mm dengan panjang kurang lebih 2.9 meter warna hitam. Tak hanya itu ada juga beberapa ukuran pipa condut seperti size 20, 25, 32 mm dan fitting lengkap

Pipa Conduit Plipsal

Pipa conduit plipsal memiliki ukuran pipa 20 mm, sock 20 mm, klem 20 mm, tedus 20 mm, cross 20mm.

Hal-hal yang perlu diperhatikan Saat bending pipa

Sebelum melalukan bending pipa conduit secara manual pastikan Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Gambar kerja

Ketika akan melakukan membending pastikan Anda sudah mengetahui gambar kerja denah bangunan Anda. Pasalnya membending tak boleh sembarang dan harus sesuai dengan sudut dan ukuran tempat kabel berada agar tetap enak dipandang. Cara membending pipa conduit dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin.

2. Menggunakan pipa conduit kualitas terbaik

Meski terdengar sepele nyatanya kualitas pipa conduit juga harus diperhatikan sebelum membeli. Pastikan memilih pipa dengan bahan kualitas terbaik agar bahan kontruksi bangunan juga lebih baik

3. Pastikan membentuk pipa dengan rapi

Anda juga harus memperhatikan kerapian membentuk atau membending pipa. Pasalnya kerapian dalam membentuk pipa akan membuat bentuk dinding menjadi rapi dan enak dipandang.

Baca Juga: Tips Merawat Pipa Besi Agar Tidak Mudah Berkarat dan Awet

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PIPA CONDUIT

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan pipa conduit yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Kelebihan

  • Tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim
  • Tahan api sehingga tidak mudah terbakar
  • Meski tahan berbagai cuaca ekstrim dan tahan api pipa ini memiliki bobot yang ringan
  • Untuk pembentukannya pipa ini terbuat dari bahan pvc sehingga mudah dipotong dan dibengkokkan
  • Tahan karat, tidak merusak kabel bagian dalam dan merupakan isolator yang baik
  • Dari segi harga pipa ini memiliki harga yang terjangkau

Kekurangan

  • Karena harus dibentuk dan disesuaikan dengan pola yang diinginkan, maka cara instalasi pipa conduit cenderung lama
  • Memungkinkan pengguna menambah beberapa aksesoris sehingga biasanya terdapat biaya tambahan

Baca Juga: Pipa PVC Rucika: Suitable Pipe untuk Kamar Mandi Anda

Itulah cara bending pipa conduit secara manual beserta jenis-jenisnya. Apabila Anda ingin membending pipa conduit sebaiknya tetap memperhatikan hal-hal seperti di atas tadi. Bagi Anda yang ingin mencari beragam produk pipa conduit terbaik dapat menuju tautan berikut ini. Semoga membantu.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks