Indonetwork, Peralatan IndustriCara instalasi pipa conduit banyak dicari pengguna. Pasalnya kabel yang semrawut dan penempatan instalasi listrik yang kurang ideal membuat dinding rumah kurang rapi. Memasang pipa conduit secara mandiri membuat Anda dapat mengatur posisi arus instalasi sesuai kehendak.

Namun sebelum masuk pada pembahasan cara instalasi pipa conduit, mari mengulas secara ringkas pengertian pipa conduit, fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya yang dirangkum dari beragam sumber. Berikut ini penjelasannya.

Apa itu pipa conduit?

Pipa conduit atau biasa disebut dengan Electrical Conduit Pipe merupakan jenis pipa khusus yang memiliki kualitas high impact. Pipa ini terbuat dari PVC yang bisa dibentuk dan diolah sesuai kebutuhan.

Karakteristik pipa ini cukup lentur, dapat ditekuk dan dibending menggunakan alat bending khusus pipa. Pipa conduit memiliki fungsi sebagai pengaman untuk kabel agar terhindar dari berbagai gangguan dari luar, misal gigitan tikus, listrik yang terkelupas, dan lain sebagainya.

Panjang pipa ini juga beragam. Namun umumnya memiliki ukuran 3 meter per batangnya. Adapun diameternya adalah 20 mm sehingga sangat fleksibel digunakan. Kelebihan pipa ini selain fleksibel juga tahan api.

Maka dari itu agar instalasi listrik di rumah Anda lebih rapi dan aman tak ada salahnya menggunakan pipa conduit sebagai pelindung listrik.

Baca Juga: Pipa Cast Iron Duker, Jenis Pipa Untuk Industri

Fungsi pipa conduit

Cara instalasi pipa conduit
Sumber: Adobe Stock

Berikut ini beberapa fungsi pipa conduit yang perlu Anda ketahui:

1. Pipa conduit melindungi dari gangguan luar

Kebel yang terpampang tanpa pelindung rentan sekali rusak karena berbagai faktor. Mulai dari terpapar debu langsung, air, hingga gigitan binatang salah satunya tikus. Maka dari itu fungsi utama pipa conduit adalah melindungi kabel dari berbagai faktor luar sehingga kabel menjadi awet dan tahan lama.

2. Merapikan kabel agar tidak berantakan

Selain berfungsi melindungi kabel, fungsi pipa conduit juga mendukung estetika bangunan. Dengan pipa conduit kabel terlihat rapi dan tidak berantakan di dinding. Dinding menjadi lebih bersih dari uraian kabel yang berantakan.

3. Memperindah pandangan mata dan meningkatkan kenyamanan

Kabel-kabel yang dikemas dalam pipa conduit tak hanya terlihat rapi namun juga memperindah pandangan mata. Hal tersebut karena saat mengemas kabel listrik pipa conduit akan dikemas sebaik dan seefisien mungkin.

Tujuannya agar posisi instalasi pipa conduit sesuai dengan desain interior bangunan. Maka dari itu seorang yang memasang pipa conduit harus memiliki ahli dan berpengalaman agar pemasangan tetap rapi dan enak dipandang.

Baca Juga: Tips Merawat Pipa Besi Agar Tidak Mudah Berkarat dan Awet

Cara instalasi pipa conduit di dinding rumah

cara instalasi pipa conduit
Sumber: Galvin Power

Dilansir dari situs Ilmu Teknik, berikut ini cara instalasi pipa conduit di dinding rumah

  • Siapkan gambar kerja instalasi pipa conduit. Hal ini berguna agar Anda dapat mengatur posisi pipa lebih baik, pengerjaan menjadi lancar, serta memudahkan seseorang melakukan instalasi listrik
  • Apabila Anda ingin memasang conduit di dinding rumah, sebaiknya melakukannya sebelum pengerjaan plaster untuk menghindari terjadinya gelombang atau tidak rata. Untuk dinding dengan plester tipis maka lakukan pembengkokan dahulu kurang lebih 2 cm agar diameter conduit bisa masuk dinding.
  • Pemasangan conduit di atas plafon juga harus memiliki perincian dan detail jalur-jalur instalasi. Hal ini berguna agar proses pemasangan dapat mengjhasikan yang rapi dan tidak semrawut/kacau
  • Selanjutnya untuk menyambung pipa sparing dalam tembok dengan pipa di atas plafon dapat menggunakan fleksble conduict. Penyambungan ini bisa jadi memerlikan aksesoris tambahan berupa sock. Kemudian gunakan bantuan kawat pancing untuk mempermudah penarikan kabel dalam pipa.
  • Agar lebih rapi maka gunakan setidak tiga buah klem dalam satu batang pipa yang terpasang

Kelebihan dan kekurangan pipa conduit

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan pipa conduit yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Kelebihan

  • Tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim
  • Tahan api sehingga tidak mudah terbakar
  • Meski tahan berbagai cuaca ekstrim dan tahan api pipa ini memiliki bobot yang ringan
  • Untuk pembentukannya pipa ini terbuat dari bahan pvc sehingga mudah dipotong dan dibengkokkan
  • Tahan karat, tidak merusak kabel bagian dalam dan merupakan isolator yang baik
  • Dari segi harga pipa ini memiliki harga yang terjangkau

Kekurangan
Karena harus dibentuk dan disesuaikan dengan pola yang diinginkan, maka cara instalasi pipa conduit cenderung lama.
Memungkinkan pengguna menambah beberapa aksesoris sehingga biasanya terdapat biaya tambahan

Baca Juga: Pipa Cast Iron Duker, Jenis Pipa Untuk Industri

Tips untuk intalasi pipa conduit

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang pipa conduit untuk merapikan kabel. Berikut ini beberapa tipsnya.

1. Membuat dan menggunakan arahan dari gambar kerja

Sebelum menyusun desain pipa conduit untuk dinding rumah sebaikny Anda membuat denah gambar pemasangan. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan saa membuat gambar kerja terlebih dahulu adalah saat pemasangan Anda tidak kebingungan, terintegrasi dengan baik, dan memudahkan seseorang untuk melakukan perbaikan dan service.

2. Mengerti spesifikasi pipa conduit secara baik

Sebelum melakukan pemasangan secara mandiri, ada baiknya Anda mengetahui secara detail spesifikasi pipa conduit dengan baik. Tak hanya itu beragam aspek mengenai pemasangan juga harus diperhatikan dengan baik agar intalasi dapat terpasang dengan baik dan rapi.

3. Serahkan pada yang ahli

Apabila Anda merasa ragu untuk memasang secara mandiri tak perlu ragu untuk menyerahkannya pada sang ahli instalasi pipa conduit. Dengan menyerahkan sang ahli maka instalasi pipa conduit lebih terpercaya aman dan Anda tentu tak perlu repot-repot lagi.

Baca Juga: Jenis-jenis Pipa Stainless Steel beserta Grade dan Daftar Harga Stainless Steel

Demikian cara instalasi pipa conduit di dinding rumah. Apabila Anda ingin melakukan riset beragam produk conduit berikut ini daftar produk-produk pipa conduit lengkap dengan spesifikasinya. Silakan dapat menuju tautan berikut ini.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks