Indonetwork, Peralatan Industri – Tidak hanya memiliki sejumlah fungsi yang bisa mendatangkan banyak kemudahan, mulsa plastik hitam perak ini juga memiliki sejumlah manfaat bagi industri pertanian. Tentunya, dengan adanya mulsa plastik hitam perak, tanaman Anda akan lebih terjaga.

Terdapat berbagai jenis dan ukuran plastik mulsa yang bisa digunakan untuk menjaga tumbuh kembang tanaman, diantaranya. Seperti mulsa plastik putih, mulsa plastik merah, mulsa plastik biru, mulsa plastik hitam, mulsa plastik perak, mulsa plastik perak pada kedua sisinya, dan mulsa plastik hitam perak yang memiliki satu sisi warna hitam dan satu sisi warna perak.

Selain itu, juga terdapat mulsa organik yang dibuat dari sisa-sisa tanaman seperti potongan-potongan daun, ranting, dan serbuk gergajian. Cara pemasangannya pun sama dengan mulsa plastik, Anda hanya perlu meletakkan sisa-sisa tanaman di atas gundukan area tanam hingga menutupi seluruh permukaannya.

Manfaat Mulsa Plastik Hitam Perak

Manfaat Mulsa Plastik Hitam Perak
Sumber: Pexels

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa didapat dari penggunaan mulsa plastik hitam perak pada tanaman di pertanian Anda. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan mulsa plastik hitam perak.

Masa Panen Lebih Cepat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mulsa bisa berdampak pada masa panen yang lebih cepat yakni sekitar 7-14 hari.

Hasil Panen Meningkat

Dengan adanya mulsa plastik yang bisa menjaga suhu panas pada tanaman, menghindarkan dari adanya hama dan penyakit. Selain itu juga turut menjaga ketersediaan unsur hara, membuat tanaman dapat tumbuh dengan baik dan memiliki hasil panen yang besar.

Mencegah Hama dan Penyakit Tanaman

Warna perak yang dimiliki oleh mulsa plastik berfungsi untuk memantulkan cahaya dari atas dan dapat mengenai bagian bawah daun. Proses ini akan membuat hama maupun penyakit tanaman yang ada di bagian bawah daun pergi, sehingga tanaman terbebas dari penyakit.

Baca Juga: Cara Menanam Cabe dengan Plastik Mulsa

Menjaga Kelembaban Tanah

Penggunaan mulsa plastik hitam perak juga akan menjaga kelembaban di dalam tanah. Saat musim kemarau, air tidak mudah menguap dan membuat tanaman kekeringan. Sementara saat musim hujan, perkebunan Anda tidak menjadi genangan dan becek yang membuat akar tanaman membusuk.

Terhindar dari Kehilangan Pupuk

Manfaat Mulsa Plastik
Sumber: Pexels

Jika Anda memberikan pupuk pada tanaman ketika musim hujan tanpa menerapkan media tanam yang baik, Anda justru akan semakin rugi karena pupuk yang sudah ditabur terbawa oleh arus hujan.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan mulsa plastik hitam perak untuk mengunci air hujan yang menetes ke atas area tanam tumbuhan Anda. Tanaman akan terlindungi dengan plastik mulsa dan unsur haranya tetap dapat terjaga dengan baik.

Menghemat Biaya

Meskipun mulsa plastik hitam perak memiliki harga yang cukup tinggi, akan tetapi dengan sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan. Anda akan menghemat beberapa pengeluaran, seperti menghemat biaya pembelian pestisida, menghemat biaya penyiangan, dan menghemat beberapa pengeluaran darurat lainnya.

Baca Juga: Jangan dibuang! Kenali Manfaat Kacang tanah dan Kulitnya

Menghemat Penggunaan Air

Mulsa plastik hitam diaplikasikan pada tanaman dengan meletakkan pada bagian atas gundukan tanaman. Kemudian, pada beberapa bagian yang ditanami oleh tumbuhan, mulsa harus dilubangi agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik. Cara penanaman yang seperti ini akan menghemat biaya penggunaan air Anda.

Meningkatkan Produksi Panen

Mulsa plastik hitam perak dapat mencegah tanaman dari penyakit akibat percikan air hujan dan lain sebagainya. Tentunya, hal ini akan menghindarkan tanaman dari hama dan tetap bisa menjaga ketersediaan unsur hara.

Tersedianya unsur hara yang cukup, akan membuat tumbuh kembang tanaman lebih baik dan dapat meningkatkan hasil produksi tanaman.

Terlihat Rapi

Perkebunan yang terorganisir dan tertata akan terlihat rapi, sehingga mudah untuk pengendalian dan pemupukan. Mulsa plastik hitam perak akan sangat membantu membuat area tanaman terlihat rapi. Selain itu, media tanam tersebut juga akan mempermudah pengendalian hama penyakit serta pemupukan.

Mencegah Erosi Pada Bedengan

Area tanam yang tanahnya berbentuk seperti gundukan dan memanjang, rawan terbawa arus air ketika hujan. Hal inilah yang nantinya malah menyebabkan erosi dan merusak area atau tempat tumbuh tanaman yang sudah Anda olah.

Maka dari itu, penggunaan mulsa plastik hitam perak sangat berguna untuk menghambat air hujan merusak area tanam yang sudah Anda buat. Dengan begitu, meskipun hujan lebat, area tanam Anda tidak akan rusak dan mengalami erosi.

Baca Juga: Cara Menanam Sayuran di Polybag untuk Pemula

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastic hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang menjual plastic mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, PT. Pundi Nasutra Selaras juga menyediakan produk lain seperti karton single face dan benang jahit. Anda bisa langsung memesan mulsa plastic hitam perak di PT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerce Indonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks