Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Kemajuan dunia advertising dan percetakan semakin menunjukkan inovasinya. Begitu juga dengan dunia usaha tingkat kecil, menengah, dan atas. Ketika membahas tentang usaha kecil-menengah, hal yang terpenting adalah dapat menjalankan usaha dengan modal usaha yang minim namun tetap dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Membeli printer laserjet monochrome terbaik merupakan pilihan yang pas untuk usaha kecil dan menengah dengan modal yang minim.

GAMBARAN UMUM PRINTER LASERJET MONOCHROME

Printer laserjet monochrome terbaik adalah sebuah printer yang memiliki kecepatan, hemat, dan tentunya dapat meningkatkan produktivitas Anda. Saat ini, produsen printer canggih ini juga semakin banyak yang memasarkan produknya dengan harga terjangkau namun kualitas tetap terjamin. Printer laserjet monochrome adalah printer dengan teknologi yang sama seperti mesin fotokopi yakni menggunakan tekanan dan panas mesin untuk mengikat toner ke permukaan kertas. Dengan resolusi mulai 300-1200 dpi hingga 600-2400.

Ada celah kecil antara pisau pengikis (smoothing blade) dan roller pengembangan magnet (roller magnetik). Karena toner bersifat magnetis, toner terkumpul di belakang bilah pengikis dan mencoba melewati celah kecil. Gesekan yang terjadi antara partikel pewarna dan pengikis menimbulkan muatan negatif pada setiap partikel pewarna. Langkah ini disebut pengisian listrik tribo. Karena toner dan roller magnetik bermuatan negatif, drum OPC tertarik ke toner di area bermuatan positif, sedangkan bagian drum OPC yang bermuatan negatif menolak toner.

Baca Juga: CARA MENGATASI PRINTER EPSON L3110 TIDAK KELUAR TINTA

LANGKAH KERJA PRINTER LASERJET MONOCHROME TERBAIK

Printer Laserjet Monochrome
Sumber: Pinterest.com

1. Charging

Proses dimulai dengan mengisi drum OPC dengan PCR (Primary Charge Roll). Arus listrik PCR yang konstan menghasilkan mutan negatif yang didistribusikan secara merata pada OPC drum yang berputar.

2. Exposure

Sinar laser masuk melalui slot di kartrid dan berfokus pada permukaan drum OPC, yang menerima muatan negatif seragam. Saat drum OPC berputar, sinar laser memindai permukaan drum OPC, memancarkan cahaya dan melepaskan muatan positif sesuai dengan gambar yang akan dicetak.

3. Development

Terdapat celah kecil antara bilah perataan dan roller pembentuk magnet. Karena pewarna bersifat magnetis, ia menempel pada noda di belakang alat pembersih yg terbuat dr karet dan mencoba melewati celah kecil itu. Gesekan yang terjadi antara partikel pewarna dan karet remah menimbulkan muatan negatif pada setiap partikel pewarna. Langkah ini disebut pengisian listrik tribo. Karena toner dan magnet roller bermuatan negatif, toner di area bermuatan positif tertarik ke drum OPC, sedangkan bagian drum OPC yang bermuatan negatif menolak toner.

4. Transfering

Rol transfer bermuatan positif dipasang di dalam printer dan bukan di kaset, tetapi kertas diangkut antara OPC drum dan rol ini. Gambar drum OPC, yang terdiri dari toner, bergerak ke bawah melalui kertas saat drum OPC berputar. Muatan positif dari rol transfer menarik toner yang bermuatan negatif dari permukaan drum OPC ke permukaan kertas.

5. Fusing

Kertas dengan gambar yang dibentuk oleh toner dilewatkan melalui bagian pemanas yang terdiri dari roller pengikat atas dan roller bertekanan rendah. Panas yang dihasilkan oleh rol pelebur melelehkan toner di atas kertas sementara rol penekan memberikan tekanan pada kertas. Sehingga pewarna dapat melekat secara permanen pada serat kertas.

6. Cleaning

Saat drum OPC terus berputar, ia melewati lelehan penghapus, yang membersihkan permukaan drum OPC dari sisa toner dan serat kertas. Juga bahan-bahan ini berakhir di tempat sampah (sampah) dan bilah pemulihan menjaga limbah keluar dari tempat sampah.

7. Erasure

Langkah terakhir adalah PCR, yang menghilangkan muatan positif yang tersisa dari permukaan drum OPC dengan menerapkan muatan negatif secara merata ke permukaan drum OPC. Langkah ini menghapus gambar virtual dari permukaan drum OPC hingga siap untuk pencitraan sinar laser.

Baca Juga: PRINTER EPSON LAMPU TINTA KERTAS BERKEDIP

BAGIAN-BAGIAN PRINTER LASERJET MONOCHROME

1. Agitator Bar

Logam tipis dan panjang yang terus berputar di dalam Toner Hopper, mendorong toner keluar ke bagian Development Zone.

2. Development Zone

Daerah pada cartridge dimana toner dipindahkan dari Toner Hopper ke gambar maya pada OPC Drum dengan bantuan Doctor Blade dan Magnetic Roller.

3. Doctor Blade

Komponen yang berfungsi mengatur jumlah toner yang menempel pada Magnetic Roller. Juga sering disebut dengan Metering Blade atau Leveling Blade. Terbuat dari dudukan logam yang sangat presisi dan bilah karet yang fleksibel. Komponen ini membantu memberi muatan negatif pada partikel toner.

4. Drum Shutter

Ketika cartridge tidak terpasang pada printer maka komponen ini akan berada pada posisi tertutup melindungi OPC Drum dari goresan dan cahaya.

5. Lower Pressure Roller

Komponen pada printer yang memberikan tekanan pada kertas ketika melewati unit pemanas, membantu toner melekat sempurna pada kertas.

6. Magnetic Developer Roller (Magnetic Roller)

Komponen yang terbuat dari selongsong aluminium yang berputar pada sebuah magnet baja yang diam. Berfungsi menarik toner dan bersama dengan Doctor Blade memberi muatan negatif pada partikel toner. Disebut juga Developer Roller.

7. OPC Drum

Komponen yang peka terhadap cahaya, yang membawa gambar maya dari sinar laser, kemudian menarik toner sesuai dengan gambar maya tadi dan kemudian menempelkannya pada kertas.

8. Primary Charging Roller (PCR)

Berfungsi memberikan muatan negatif kepada OPC Drum, dan menghilangkan muatan positif yang terdapat padanya akibat tembakan sinar laser.

9. Recovery Blade

Berfungsi menahan agar material di dalam Waste Bin keluar dan mengotori kertas. Disebut juga Catcher Blade atau Scavenger Blade.

10. Seal

Komponen pelindung untuk menjaga toner tidak tumpah keluar selama proses pengiriman. Terletak pada bagian Toner Hopper dan menutup celah keluarnya toner. Dan harus dilepas oleh pengguna sebelum dimasukkan ke dalam printer. Seleain kesepuluh komponen ini masih terdapat beberapa komponen penting lainnya.

 


Author

%d bloggers like this: