Indonetwork, Kesehatan – Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kacang kedelai yang sering diolah menjadi berbagai macam makanan hingga minuman yang dapat ditemukan dalam sehari-hari dan kaya manfaat. Kacang kedelai merupakan salah satu tanaman kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein nabati yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. 

Pada satu porsi kacang kedelai memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti kalsium, protein, antioksidan, omega dan lainnya. Oleh karena itu, kedelai dikonsumsi sebagai makanan sehat serta dijadikan sebagai pengganti susu bagi orang yang alergi terhadap susu sapi. Berikut informasi mengenai kandungan serta manfaat kacang kedelai bagi kesehatan.

Baca juga: BUDIDAYA KACANG HIJAU, SI KECIL YANG KAYA MANFAAT

Kandungan Nutrisi Kacang Kedelai

kacang kedelai

Di Indonesia, kedelai dapat ditemukan dalam berbagai olahan makanan dan minuman, seperti tempe, tahu, kecap, tauco, susu, hingga minyak. Olahan makanan dan minuman tersebut memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan karena kandungan nutrisi yang melimpah. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam 100 gram kacang kedelai atau setara 150-170 kalori: 

  • 10 gram protein
  • 13 – 14 gram karbohidrat
  • 5 gram lemak
  • 3,5 -5 gram serat
  • 100 miligram kalsium
  • 8 miligram zat besi
  • 850 – 900 miligram kalium
  • 500 IU vitamin A

Nutrisi tambahan lain pada kacang kedelai adalah antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, zinc, serta lemak baik omega-3 dan omega-6. Kandungan nutrisi pada kedelai berbeda sesuai dengan jenisnya, sehingga terdapat perbedaan antara jenis kacang kedelai GMO dan non GMO pada nutrisinya.

Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Anda tentu sudah seringkali mengkonsumsi olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai dan berbagai macam olahan lainnya. Untuk itu, perlu diketahui manfaat apa saja yang didapatkan dengan mengkonsumsi kedelai bagi kesehatan sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon pada kedelai, membuatnya memiliki manfaat yang baik kekuatan dan kesehatan tulang serta gigi. Kedelai sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang telah memasuki masa menopause karena mampu mengurangi risiko pengeroposan tulang. 

Tidak hanya itu, kedelai juga menjadi salah satu makanan yang dapat dikonsumsi oleh lansia untuk mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis). Dengan mengkonsumsi kedelai mampu memenuhi nutrisi bagi tulang dengan baik.

2. Menurunkan Kolesterol

Kacang kedelai merupakan sumber lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa kedelai terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol yang terkontrol mampu mengurangi risiko penyakit jantung hingga stroke. 

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Indeks glikemik rendah yang terkandung dalam kacang kedelai memberikan manfaat bagi kadar gula darah dalam tubuh. Kedelai dapat dikonsumsi dengan leluasa oleh penderita diabetes karena indeks glikemik rendah. Sehingga kenaikan gula darah secara drastis relatif kecil. 

Tidak hanya itu, kandungan serat pada kedelai juga membantu memperlambat proses penyerapan makanan dalam tubuh. Sehingga mencegah konsumsi makanan berlebihan dan menjaga kadar gula darah dari makanan yang dikonsumsi. 

4. Melancarkan Pencernaan

Serat yang terkandung dalam kedelai memiliki manfaat yang baik bagi saluran pencernaan, khususnya membantu dalam masalah buang air besar agar lancar. Kandungan isoflavon yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas juga bermanfaat bagi kerja usus. Sehingga mengurangi resiko terkena penyakit sembelit, wasir, dan penyakit pencernaan lainnya. 

5. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Salah satu cara mudah untuk mencegah resiko terkena kanker adalah dengan mengkonsumsi kacang kedelai. Kandungan isoflavon pada kedelai mampu menurunkan risiko penyakit kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria. Pastikan Anda mengkonsumsi kedelai secara rutin sejak dini untuk manfaat yang baik.

6. Membalikkan Efek Endometriosis

Bagi para wanita yang seringkali mengalami nyeri haid, kedelai mampu membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh. Sehingga dapat mengurangi hingga mencegah rasa sakit selama menstruasi dan gejala lainnya pada wanita.

7. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga kacang kedelai lebih lambat dicerna tubuh yang membuat Anda tidak cepat lapar. Selain itu, kedelai dapat Anda konsumsi untuk menu makanan yang dapat menurunkan berat badan karena kalorinya yang rendah. Selain untuk mencegah hasrat lapar, Anda bisa menjadikan kedelai sebagai cemilan diet untuk menjaga berat badan. 

Baca juga: PERBEDAAN TEMPE GMO DAN NON GMO

Distributor Kedelai Berkualitas 

distributor kacang kedelai

Saat ini Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis kedelai berkualitas. Salah satunya jenis kedelai non GMO (Genetic Modified Organisme). Jenis kedelai non GMO merupakan produk kedelai yang dibudidayakan tanpa rekayasa genetika atau dikenal dengan kedelai lokal. Jenis kedelai lokal ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi. 

Untuk menemukan kedelai non gmo saat ini tidak sulit, terdapat banyak distributor terpercaya dan berkualitas, salah satunya adalah Sumber Roso Agromakmur. Disini Anda akan menemukan kedelai non gmo, kacang tanah, kacang hijau, kemiri dan rempah-rempah lainnya dengan kualitas terbaik yang berlokasi di Jakarta. Langsung saja kunjungi websitenya dan temukan kebutuhan lainnya di Indonetwork.co.id!

Author

Enable Notifications OK No thanks