Indonetwork, Rempah-Rempah – Sejak zaman dahulu, Indonesia sudah dikenal dengan kekayaan rempah yang berlimpah. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan penggunaan rempah  dan tanaman herbal untuk berbagai keperluan. Mulai dari penggunaan rempah pada masakan hingga ramuan herbal sebagai obat tradisional. Rempah dan tanaman herbal yang ada di Indonesia memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. 

Tanaman herbal biasanya diolah dengan cara dikeringkan atau diambil sarinya  menjadi ramuan herbal yang banyak dijual dan dikonsumsi. Ramuan herbal merupakan gabungan beberapa jenis tanaman obat yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Olahan tersebut diracik dengan campuran berbagai jenis tanaman yang diyakini memiliki kandungan alami untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Baca juga: 7 JENIS MADU LOKAL YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN

Jenis Tanaman Herbal Untuk Ramuan Kesehatan

Indonesia dikenal dengan kekayaan sumber daya alam dan tanah yang subur. Sehingga Anda dapat menemukan berbagai jenis tanaman yang tumbuh, salah satunya adalah tanaman herbal yang cukup banyak.  Tanaman herbal ini dijadikan sebagai ramuan yang memiliki beragam khasiat dengan testimoni yang dipercaya sejak turun temurun. Berikut ini adalah jenis tanaman herbal yang dapat Anda temukan pada ramuan kesehatan.

1.  Kunyit

tanaman herbal kunyit

Tanaman herbal yang dapat ditemukan dengan mudah adalah kunyit. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa ini sering digunakan sebagai ramuan obat dan pewarna makanan. Tangkai akar yang disebut rimpang pada kunyit memiliki warna kuning yang berasal dari senyawa kurkuminoid. 

Kunyit biasanya diolah dengan cara dikeringkan atau digiling untuk memperoleh sarinya. Tanaman ini memiliki manfaat bagi kesehatan seperti mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi hati, mengurangi risiko kanker, serta menghilangkan rasa sakit.

2. Jahe

Jahe

Zingiber officinale atau jahe merupakan jenis tanaman yang dengan mudah Anda temukan di Indonesia. Jahe digunakan sebagai bumbu dapur dan obat herbal yang banyak dikonsumsi. Tanaman ini memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh, meningkatkan nafsu makan, mencegah mual, dan membantu meringankan reumatisme.

Jahe biasanya diolah dengan cara dikeringkan atau menjadi campuran minuman kesehatan seperti wedang jahe. Minuman yang terbuat dan mengandung jahe dikonsumsi untuk mencegah rasa mual.

3. Kencur

Jenis tanaman herbal lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan adalah kencur. Kencur sering menjadi pendamping jahe dan kunyit dalam bumbu dapur ataupun minuman kesehatan. 

Kencur biasanya dikonsumsi dengan cara diambil sarinya dan dicampur dengan beras halus yang ditumbuk. Tanaman ini memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan, meredakan batuk, mengobati peradangan pencernaan, hingga meredakan demam. 

4. Temulawak

Curcuma xanthorrhiza atau temulawak merupakan jenis tanaman herbal satu keluarga dengan jahe. Temulawak merupakan tanaman asli Jawa dan menyebar ke berbagai negara Asia. Temulawak biasanya diolah dengan cara dikeringkan atau diambil sarinya untuk dikonsumsi menjadi obat.

Tanaman herbal ini memiliki khasiat untuk mengobati gangguan ginjal, memelihara fungsi hati, antioksidan, memperbaiki fungsi pencernaan, dan membantu menurunkan kadar lemak dalam darah. Dengan banyaknya khasiat, tidak heran jika temulawak dapat ditemukan dalam berbagai produk obat dan ramuan herbal khas nusantara.

5. Kumis Kucing

tanaman kumis kucing

Sesuai dengan namanya, tanaman herbal ini memiliki bentuk yang menyerupai kumis kucing. Dengan nama latin Orthosiphon aristatus, tanaman kumis kucing banyak dimanfaatkan menjadi obat herbal berbagai penyakit. 

Kumis kucing digunakan untuk mengobati penyakit rematik, asam urat, ginjal, obat alergi, infeksi saluran kencing, dan menghentikan kejang. Namun, untuk mengkonsumsi kumis kucing harus dalam kadar yang cukup. Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi kumis kucing dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan urea nitrogen (BUN).

6. Mengkudu

mengkudu

Buah mengkudu dapat Anda temukan dengan mudah di wilayah Indonesia. Tanaman yang masuk dalam keluarga kopi-kopian ini dikenal dengan rasanya yang pahit. Mengkudu dikonsumsi karena memiliki banyak khasiat, seperti mengatasi arthritis, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menurunkan kolesterol dan gula darah. 

Tidak hanya itu, dengan khasiat untuk menormalkan sistem imun, mengkudu dijadikan suplemen untuk pasien kanker. Mengkudu biasanya dikonsumsi dengan cara dikeringkan menjadi suplemen atau diambil sarinya dengan cara dijus. 

7. Kluwek

Buah kluwek merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang unik dan sering dijumpai. Ciri khas pada kluwek adalah kulit buah yang keras, sehingga untuk mengkonsumsinya Anda perlu memecahkan kulit buah. 

Kluwek sering digunakan sebagai bumbu dapur makanan khas Indonesia dari berbagai daerah, salah satunya adalah rawon. Kluwek memiliki khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah anemia, penyakit jantung, stroke, kelelahan otot, dan menjaga kesehatan usus.

Kelebihan Konsumsi Tanaman Herbal

Konsumsi  tanaman herbal dalam pengobatan menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia secara turun menurun untuk mengatasi suatu penyakit. Ramuan herbal atau jamu tradisional dipercaya memiliki khasiat yang lebih baik dibandingkan obat kimia. Berikut ini adalah Kelebihan mengkonsumsi tanaman herbal untuk mengatasi masalah kesehatan.

  • Tidak memiliki efek samping
  • Bebas dari toksin atau racun yang membahayakan tubuh
  • Proses produksi atau pembuatan yang mudah
  • Mengobati penyakit secara menyeluruh hingga ke akar penyebabnya
  • Harga lebih terjangkau dan mudah didapatkan
  • Memiliki banyak khasiat (multikhasiat)
  • Rekomendasi orang tua secara turun temurun

Baca juga: 5 MANFAAT MINUM AIR KETUMBAR DI PAGI HARI UNTUK KESEHATAN TUBUH

Kekayaan alam di Indonesia, membuat masyarakat dengan mudah menemukan berbagai tanaman herbal yang dapat dijadikan obat berbagai penyakit. Tanaman tersebut diolah menjadi berbagai jenis obat tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Obat tradisional dipilih karena memiliki khasiat yang baik dan terbuat dari bahan-bahan alami. 

Salah satu produsen ramuan herbal khas Indonesia  yang terpercaya adalah Ramuan Nusantara. Perusahaan ini menjadi salah satu produsen ramuan madura asli yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Mulai dari penyakit  kanker, paru, ginjal, jantung, HIV, sipilis, diabetes hingga penyakit-penyakit kronis lainnya tanpa operasi.

Author

Enable Notifications OK No thanks