Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Untuk memasang mesin pompa air bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi. Karena cara memasang otomatis pompa air relatif lebih mudah. Ketimbang menggunakan jasa teknisi yang harus bayar, lebih baik Anda memasangnya sendiri.

Bagi Anda pemilik rumah, pemilik kebun atau pembudidaya ikan tentu saja memerlukan mesin pompa air. Dengan menggunakan mesin pompa air, Anda bisa mengambil air dari sumber mata air dengan lebih cepat dan mudah.

Apalagi sekarang Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan mesin pompa air. Karena sekarang telah banyak toko yang jual mesin pompa air celup maupun pompa air lainnya. Salah satu perusahaan yang jual pompa tersebut adalah PT Mojopahit Mandiri Jaya Sentosa.

Jenis Pompa Air

Sebelum kami bahas lebih jauh tentang cara memasang otomatis pompa air, kami akan bahas terlebih dahulu jenis pompa air. Karena di pasaran itu ada beberapa jenis mesin pompa air yang dapat Anda beli.

Jenis pompa air yang pertama adalah pompa air otomatis jet pump sumur dalam. Mesin pompa air ini telah dilengkapi dengan saklar otomatis karena memakai prinsip kerja tekanan air.

Ketika kerannya Anda buka, makan tekanan yang berasal dari dalam sumber air akan menyala otomatis. Kemudian akan mendorong air masuk ke dalam pipa.

Tetapi jika kerannya tertutup, maka tekanan di dalam air akan melemah. Hal ini akan mengakibatkan pompa air akan mati secara otomatis.

Beli Shimizu Pompa Air Semi Jet series (Pompa Air) | monotaro.id

Baca juga: CARA MEMPERBAIKI POMPA AIR SHIMIZU YANG TIDAK KELUAR AIR

Jenis pompa air yang kedua adalah pompa air otomatis sumur dangkal. Pompa air ini mempunyai saklar yang bisa Anda buat sendiri pada tandon. Namun harus memperhatikan prinsip kerja volume air dan pelampung tandon.

Ketika volume air tandon dalam keadaan kosong, maka pelampung akan turun ke bawah dan menarik saklar secara otomatis. Akibatnya pompa air akan menyala.

Ketika air di dalam penampungan telah penuh, maka pelampung akan naik ke atas dan melepas tarikan saklar dan pompa air akan mati.

Promo Shimizu PS-230 BIT Pompa Air [Sumur Dangkal/200 Watt] Diskon 7% di Seller Sentral Pompa - Kota Bandung, Jawa Barat | Blibli

Baca juga: 5 REKOMENDASI MERK MESIN POMPA AIR BERKUALITAS TERBAIK

Cara memasang Otomatis Pompa Air

Lalu seperti apa cara memasang otomatis pompa air? Simak ulasan kami berikut ini.

  1. Sambung kabel listrik positif ke salah satu terminal saklar otomatis.
  2. Kemudian sambungkan terminal kabel saklar otomatis ke salah satu kabel pompa air.
  3. Sambungkan kabel listrik negatif ke arah kabel pompa air pada sisi lainnya.
  4. Setelah itu sambungan kabelnya harus dibungkus dengan lakban khusus kabel.
  5. Pasang kabel grounding atau arde yang dipasang pada salah satu sekrup mesin pompa air menuju tanah.
  6. Jika pompa air tidak menyala, tutup kembali kran airnya.
  7. Jika pompa berhasil menyala secara optimal, tutup keran air setelah dipakai.

Lalu bagaimana cara memasang pompa air otomatis pada Tandon?

Pemasangan pompa air pada tandon berfungsi untuk memutus arus listrik ke pompa air. Berikut ini adalah proses pemasangannya.

  1. Putus terlebih dahulu kabel positif ke pompa.
  2. Kemudian sambungkan kabel baru masing-masing ujung kabel yang diputus.
  3. Pada setiap masing-masing ujung kabel dapat disambungkan ke terminal pada saklar tandon.
  4. Untuk panjang kabel dapat disesuaikan dengan jarak antara pompa dan tandon air.

Lakukan langkah yang telah kami berikan di atas dengan penuh ketelitian. Apalagi dalam pemasangan kabelnya. Karena bisa berakibat pada konsleting. Jika belum paham dengan betul, lebih baik gunakan layanan jasa pasang yang profesional.

Inilah Daftar Harga Pompa Air Shimizu 2021 | BukaReview

Baca juga: TIPS BELI POMPA AIR YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN

Itulah beberapa langkah cara memasang otomatis pompa air yang dapat Anda lakukan. Jika memang Anda sudah mengerti, sebaiknya pasang saja sendiri. Tapi jika belum benar-benar mengerti, sebaiknya gunakan saja layanan jasa pasang supaya lebih aman.

Editor: Deky Ahmad Syah

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks