Sebelum membeli barang tertentu, setiap orang tua mengutamakan keselamatan dan keamanan anaknya. Penggunaan karpet puzzle biasanya dijadikan sebagai area bermain dan tempat beraktivitas bagi anak.

Tips Memilih Karpet Puzzle Evamat

Sebagai orang tua Anda bertanggung jawab atas perlengkapan yang digunakan oleh anak. Sehingga sebelum Anda memilih  produk karpet puzzle evamat huruf untuk anak, sebaiknya perhatikan poin berikut agar anak Anda aman dari hal yang tidak diinginkan

1. Pilih Produk Sesuai Dengan Ukuran Ruangan

Karpet puzzle evamat huruf memiliki area yang cukup luas, sehingga Anda perlu mempersiapkan ruangan yang cocok untuk meletakkan karpet. Karpet tersedia dalam beberapa jenis ukuran dan harga, dimulai dari ukuran paling kecil yaitu 4,7 cm x 4,7 cm per unit, lalu untuk ukuran sedang tersedia 30 cm x 30 cm, 60 cm x 60 cm dan yang paling besar 100 cm x 100 cm. 

Supaya karpet ini bisa dimainkan oleh anak karpet puzzle evamat huruf harus memiliki ukuran yang pas, tidak lebih besar dari separuh badan anak dan tidak lebih berat dari anak agar lebih leluasa saat mengangkut kepingan puzzle.

Setiap karpet puzzle yang dijual di pasaran umumnya memiliki ukuran yang berbeda satu sama lain. Sebaiknya sebelum anda membeli karpet puzzle evamat harap ukur ruangan yang tersedia untuk menyesuaikan jumlah potongan karpet dan pastikan budget yang anda miliki sesuai dengan kebutuhan

2. Pilih Bahan Dengan Antislip

Standar keamanan harus diperhatikan saat memilih karpet puzzle untuk si kecil. Pastikan pada bagian bawah karpet puzzle evamat huruf memiliki antislip, sehingga meminimalisir risiko anak Anda tergelincir ataupun karpet yang berjalan akibat tidak ada penahan pada alas karpet.

Perhatikan juga material yang digunakan untuk membuat karpet puzzle. Hindari karpet puzzle berbahan BPA atau Bisphenol-A, karena pada umumnya anak-anak sering terjatuh dan memasukkan barang ke dalam mulut.

Baca juga: 7 Jenis Karpet Untuk Kamar Tidur & Perkiraan Harganya

3. Periksa Ketebalan Karpet

Karpet puzzle evamat huruf memiliki ketebalan yang bervariasi, umumnya dijual dari 1 cm hingga 2,5 cm. Semakin tebal karpet maka teksturnya semakin padat dan empuk, namun setiap potong puzzle juga akan semakin berat untuk anak.Selain itu setiap tepi karpet sebaiknya dibuat tumpul supaya tak berbahaya, saat anak sedang bermain puzzle. 

Masalah ketebalan karpet perlu Anda waspadai ketika anak sudah mulai belajar jalan, karena karpet yang terlalu tebal dapat membuat anak tersandung sehingga penempatan karpet harus diwaspadai sejak awal.

4. Pilih Design Yang Menarik

Setelah aspek kenyamanan pada karpet puzzle evamat terpenuhi, desain atau gambar menjadi hal penting yang harus diperhitungkan. Warna yang menarik dengan huruf atau angka yang edukatif membantu  merangsang kemampuan sensorik dan mengenal huruf lebih cepat saat anak sedang duduk atau berguling diatas karpet.

5. Cek Kemampuan Water Repellent-nya

Tidak semua karpet puzzle evamat memiliki sifat water repellent. Pilihlah karpet yang memiliki zat water repellent atau daya tolak air yang cukup tinggi. Karpet dengan fitur waterproof akan lebih aman dan nyaman digunakan untuk anak Anda, karena pada umumnya anak-anak lebih sering menumpahkan sesuatu dibanding orang dewasa. 

Ketika anak menumpahkan cairan pada karpet Anda hanya perlu menyekanya dengan lap, karpet akan kembali bersih tanpa risiko lembab dan bau.

6. Ketahui Jumlah Puzzle Dalam Satu Set

Semakin besar atau semakin banyak potongan puzzle evamat dalam satu set, maka semakin luas juga area yang dibutuhkan. Bukan hanya untuk  menyusun puzzle saja, karpet ini juga bisa dijadikan mainan untuk membangun bentuk ruang yang dapat melatih kreativitas anak dalam mengolah bentuk potongan puzzle.

Manfaat Karpet Puzzle Evamat Pada Anak
Sumber: FreePik

Manfaat Karpet Puzzle Evamat Pada Anak

Karpet berbentuk puzzle selain sebagai furniture lantai dan alas duduk anak, karpet dapat menjadi sarana bermain edukatif dengan meningkatkan skill motorik yang masih tersimpan. Permainan ini akan membuat anak betah di rumah. Biasanya seorang ibu akan membeli karpet puzzle untuk anaknya, dengan harapan:

1. Meningkatkan Kemampuan Otak Anak

Gambar dan pola potongan yang berbeda pada puzzle akan meningkatkan kemampuan otak anak untuk mengingat bentuk sebelumnya. Sehingga anak dilatih untuk lebih sabar dan percaya diri dengan hasil karyanya.

Selain itu anak juga akan mengeksplorasi banyak gerakan dengan menggabungkan potongan gambar puzzle satu dengan yang lainnya. Gerakan seperti memegang, menggenggam dan mengambil potongan puzzle yang dilakukan anak ternyata akan merangsang perkembangan saraf motorik halusnya. Saraf motorik sendiri dapat melatih pribadi anak yang cepat tanggap akan hal di sekitarnya.

2. Mengenal Bentuk Dan Warna

Rangkaian puzzle memiliki beragam motif huruf, angka dan gambar yang dibalut dengan beragam warna. Keadaan seperti ini dapat melatih kemampuan otak anak untuk lebih terampil dengan mengenal bentuk dan mengingat tiap warnanya. Biasanya anak akan bermain puzzle pada usia antara 26-46 bulan, karena pada usia ini anak mulai melatih kemampuan motoriknya.

3. Melatih Konsentrasi Anak

Saat bermain puzzle sang anak akan dilatih untuk konsentrasi dan menganalisa warna dan bentuk masing-masing kepingan puzzle yang berbeda. Anak akan melatih kemampuan koordinasi antara tangan dan mata untuk menyelesaikan masalah dengan nalar serta daya ingat dari bentuk puzzle sebelumnya.

 

Itu dia tips sebelum Anda membeli puzzle mat dan manfaat yang dapat diperoleh untuk si buah hati. Penggunaan karpet puzzle evamat huruf tidak dibatasi dengan usia anak, Anda dapat membeli produk ini untuk dekorasi kamar anak agar terlihat lebih menarik dan fungsional di Raja Karpet Indonesia.

Author

Enable Notifications OK No thanks