Kebanyakan pemilik rumah akan menggunakan karpet untuk menutupi lantai keramik karena lebih mudah dipasang dan dibersihkan. Karpet tidak hanya dipasang di ruangan rumah saja, namun juga kamar tidur. Namun terdapat beberapa jenis karpet untuk kamar tidur yang harus Anda pilih.

Untuk kebutuhan di kamar tidur, jenis karpet yang sangat cocok adalah jenis karpet bulu. Karena karpet ini memiliki permukaan yang halus dan empuk sehingga nyaman digunakan. Bahkan jenis karpet bulu juga dapat digunakan sebagai kasur untuk tidur.

Jenis Karpet Untuk Kamar Tidur

Karpet bulu sendiri mempunyai berbagai jenis dan punya karakteristik serta perawatan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis karpet bulu yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Karpet Wol

Karpet bulu dengan material wol paling banyak digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Karpet wol ini punya tekstur yang tebal, empuk, dan hangat ketika diinjak.

Dengan karakteristiknya seperti itu, karpet wol sangat cocok Anda tempatkan di kamar tidur ataupun ruang keluarga. Bahkan karpet ini juga sangat nyaman digunakan oleh balita untuk bermain.

Menariknya lagi, jenis karpet wol ini juga punya daya tahan yang lebih kuat dan tidak mudah kotor. Dengan begitu Anda tidak perlu membersihkannya setiap hari. Jika ingin membersihkannya, Anda cukup menggunakan jasa cuci dry cleaning setiap sebulan sekali.

2. Karpet Bulu Viscose

Karpet bulu Viscose merupakan jenis karpet sintetis yang punya tekstur menyerupai sutra. Dengan tekstur dan penampilannya seperti itu membuat karpet ini sangat cocok digunakan di kamar maupun ruang tamu. Apalagi karpet ini akan membuat suasana ruangan jadi lebih cantik.

Jenis karpet bulu Viscose juga sangat cocok bagi Anda yang punya budget terbatas. Karena harga karpet ini tidak semahal karpet sutra, namun untuk sisi kualitas juga tidak perlu diragukan.

Baca juga: Pilih Bantal Sesuai Kebutuhan Anda Dan Dapatkan Kenyamanan Nya

3. Karpet Sutra

Kalau Anda punya budget yang lebih besar dan mementingkan keindahan, karpet sutra adalah pilihan yang sangat tepat. Proses pembuatan karpet ini butuh waktu yang lebih lama dan cukup sulit. Jadi tidak heran jika harganya relatif lebih mahal.

Namun jika Anda sudah memiliki karpet sutra ini akan membuat suasana rumah Anda jadi lebih eksklusif dan lebih indah. Terlebih lagi karpet ini juga sangat nyaman digunakan karena teksturnya yang lembut dan sejuk.

Karpet Sutra juga bisa meredam suara dan dapat menyerap sinar ultraviolet yang masuk ke dalam ruangan. Sehingga karpet ini akan membuat Anda nyaman menggunakannya.

Namun Anda harus memperhatikan masalah perawatannya ketika menggunakan karpet sutra ini. Supaya karpet ini bisa digunakan dengan waktu yang lebih lama, Anda tidak boleh mencucinya dengan sembarangan.

4. Karpet Nilon

Karpet Nilon merupakan jenis karpet sintetis yang punya daya tahan yang sangat kuat. Karpet ini juga sangat cocok ditempatkan di ruang tamu ataupun kamar. Serat karpet ini sangat sulit melepas, warnanya juga cukup awet meskipun digunakan selama beberapa tahun.

Karpet nilon juga sangat mudah untuk dibersihkan dan harganya juga sangat terjangkau. Sangat cocok bagi Anda yang punya budget terbatas namun mementingkan daya tahan yang kuat.

5. Karpet Saxony

Karpet ini terbuat dari rajutan benang dengan tekstur yang berpilin, sehingga akan terlihat indah nan elegan. Bulu-bulu pada permukaan karpet Saxony juga sangat mudah diratakan kembali, jadi tidak perlu khawatir ketika banyak digunakan oleh banyak orang.

Tekstur dari karpet ini paling lembut jika dibandingkan dengan jenis karpet lainnya. Sehingga karpet ini sangat cocok Anda gunakan di kamar tidur, ruang keluarga, bahkan ruang bermain anak-anak.

6. Karpet Polypropylene

Bila Anda memerlukan jenis karpet yang mudah dibersihkan dan harga terjangkau, karpet polypropylene adalah pilihan yang tepat. Karpet ini sangat mudah dibersihkan dan cepat kering jika terkena air.

Namun warna pada karpet ini sangat mudah luntur seiring berjalannya waktu. Benang yang terdapat pada karpet juga sangat mudah dilepas, sehingga akan membuatnya kurang terlihat bagus.

7. Karpet Loop Pile

Karpet loop pile ini terbuat dari material wol, nilon, dan polypropylene. Gabungan material tersebut membuat karpet ini tahan lama. Karpet bulu ini juga sangat cocok digunakan di kamar tidur maupun di ruangan yang ramai dilalui banyak orang.

Baca juga: Cara Memilih Bantal yang Baik Agar Tidur Nyenyak & Sehat

Harga Karpet Bulu

Untuk memperoleh karpet bulu dengan harga terjangkau, Anda bisa membelinya di Raja Karpet Bulu. Perusahaan ini jual karpet bulu langsung dari pabrik dengan harga terjangkau. Bahannya terbuat dari Dacron yang lembut dan bisa dicuci.

Karpet bulu ini juga terdpat reslettingnya, sehingga mudah untuk dirawat. Untuk ukuran 100 x 160 cm harganya Rp65 ribu dan untuk ukuran 140 x 160 cm harganya Rp95 ribu.

Penutup

Itulah beberapa jenis karpet untuk kamar tidur yang dapat Anda gunakan. Sebenarnya tidak hanya untuk kebutuhan kamar tidur, Anda juga dapat menggunakannya di ruangan lain seperti ruang tamu, keluarga, dan bermain anak.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks